Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 3

اتَّبِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ وَلَا تَتَّبِعُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ ۗ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

Arab-Latin: Ittabi'ụ mā unzila ilaikum mir rabbikum wa lā tattabi'ụ min dụnihī auliyā`, qalīlam mā tażakkarụn

Terjemah Arti: Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya).

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Ikutilah oleh kalian (wahai sekalian manusia). apa yang diturunkan kepada kalian dari tuhan kalian yang berupa kitabullah dan Sunnah dengan menjalankan perintah-perintah dan menjauhi larangan-laranganNya. dan janaganlah kalian mengikuti pemimpin-pemimpin selain Allah, seperti setan-setan, pendeta-pendeta., dan rahib-rahib. Sesungguhnya sedikit sekali dari kalian yang mau memahami nasihat dan mengambil pelajaran sehingga mau kembali menuju kepada yang haq.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Ikutilah -wahai manusia- kitab suci yang Rabbmu turunkan kepada kalian dan sunah nabi kalian. Dan janganlah kalian mengikuti hawa nafsu orang-orang yang kalian lihat menjadi teman-teman setan atau pendeta-pendeta yang jahat. Janganlah kalian berteman dekat dengan mereka seraya meninggalkan kitab suci yang diturunkan kepada kalian demi mengikuti kemauan hawa nafsu mereka. Sesungguhnya kalian jarang sekali mengambil pelajaran. Sebab, sekiranya kalian mau mengambil pelajaran tentu kalian akan lebih memilih kebenaran daripada yang lain. Dan tentu kalian pun akan mengikuti dan mengamalkan agama yang dibawa oleh rasul kalian dan meninggalkan agama lainnya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. اتَّبِعُوا۟ مَآ أُنزِلَ إِلَيْكُم مِّن رَّبِّكُمْ (Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu)
Yakni al-qur’an dan sunnah karena ia sebagai penjelas dan penafsir isi al-qur’an. Allah berfirman: وما آتاكم الرسول فخذوه وما نهاكم فانتهوا
“Dan apa saja yang diberikan oleh Rasul kepada kalian, maka terimalah. Dan apa saja yang dilarang oleh dia, maka jauhilah.”

وَلَا تَتَّبِعُوا۟ مِن دُونِهِۦٓ أَوْلِيَآءَ ۗ (dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya)
Yang kalian sembah dan kalian jadikan sebagai sekutu-sekutu Allah,atau janganlah kalian jadikan selain kitab Allah sebagai panutan yang kalian ikuti dalam menjalani agama kalian seperti yang dilakukan orang-orang jahiliyah yang menjadikan pemimpin mereka sebagai panutan dalam pengharaman dan penghalalan sesuatu.

قَلِيلًا مَّا تَذَكَّرُونَ(Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran)
Yakni sesungguhnya manusia sedikit sekali mengingat urusan keimanan serta melupakan dan tidak memahaminya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. Wahai manusia, ikutilah sesuatu yang diturunkan kepada kalian dari Tuhan di dalam Al-Qur’an dan sunah nabi yang menerangkan dan menafsirkan Al-Qur’an. Dan janganlah kalian mengikuti para penolong dari selain kitab Allah seperti diri kalian sendiri dan setan yang mana kalian meniru mereka dalam urusan agama, namun kalian hanya mengingat sedikit tentang perkara iman dan melupakan perkara yang diwajibkan Tuhan atas kalian

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Khitab (pembicaraan) ini ditujukan kepada semua manusia, sedangkan khitab pada ayat sebelumnya ditujukan kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Yang ingin mentarbiyah (mendidik) kamu secara sempurna.

Maksudnya pemimpin-pemimpin yang membawamu kepada kesesatan.

Karena kalau kamu mau mengambil pelajaran, tentu kamu tidak akan mengutamakan kerugian di atas keberuntungan, atau mengutamakan bahaya di atas manfaat.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Ikutilah, wahai kaum muslim, apa yang diturunkan kepadamu dari tuhanmu dalam hal apa saja. Yakinilah bahwa semuanya akan membawa kebaikan, karena tuhanmu adalah zat yang maha penyayang kepada makhluk-Nya. Janganlah kamu ikuti siapa pun selain dia sebagai pemimpin lalu kamu pasrahkan semua urusanmu kepada mereka dan kamu taati saja seruan mereka, padahal mereka akan mengajakmu kepada jalan kesesatan. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran sehingga kamu tidak kembali ke jalan yang benar. Ayat ini melarang seorang mengikuti ajakan orang lain dalam urusan agama yang tidak datang dari Allah. Betapa banyak negeri yang telah kami binasakan, seperti negeri kaum nabi-nabi terdahulu, siksaan kami datang menimpa penduduk-Nya pada malam hari ketika mereka tengah terlelap dalam tidur seperti yang terjadi pada kaum nabi lut yang melakukan homoseks. Negeri mereka dijungkirbalikkan dan dihujani dengan batu. Atau siksaan itu datang pada saat mereka beristirahat pada siang hari seperti yang terjadi pada kaum nabi syuaib yang sering melakukan kecurangan dalam takaran dan timbangan. Mereka disiksa dengan suara yang menggelegar. Azab Allah bisa datang kapan saja, secara tak terduga, bahkan ketika waktu istirahat sekalipun.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 4 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 5 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 6, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 7, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 8, Makna Surat Al-A’raf Ayat 9

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!