Surat Al-A’raf Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ٱتَّبِعُوا۟ مَآ أُنزِلَ إِلَيْكُم مِّن رَّبِّكُمْ وَلَا تَتَّبِعُوا۟ مِن دُونِهِۦٓ أَوْلِيَآءَ ۗ قَلِيلًا مَّا تَذَكَّرُونَ

Arab-Latin: Ittabi'ụ mā unzila ilaikum mir rabbikum wa lā tattabi'ụ min dụnihī auliyā`, qalīlam mā tażakkarụn

Artinya: Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya).

« Al-A'raf 2Al-A'raf 4 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Surat Al-A’raf Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah berharga dari ayat ini. Ditemukan beragam penafsiran dari berbagai mufassir terhadap makna surat Al-A’raf ayat 3, sebagiannya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Ikutilah oleh kalian (wahai sekalian manusia). apa yang diturunkan kepada kalian dari tuhan kalian yang berupa kitabullah dan Sunnah dengan menjalankan perintah-perintah dan menjauhi larangan-laranganNya. dan janaganlah kalian mengikuti pemimpin-pemimpin selain Allah, seperti setan-setan, pendeta-pendeta., dan rahib-rahib. Sesungguhnya sedikit sekali dari kalian yang mau memahami nasihat dan mengambil pelajaran sehingga mau kembali menuju kepada yang haq.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

3. Allah memerintahkan seluruh manusia untuk mengikuti al-Qur’an yang telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad dan sunnahnya, dan melarang mereka dari mengikuti selainnya. Kemudian Allah memberi dorongan untuk menjalankan hukum-hukumnya, meskipun Kami mengetahui sedikit sekali manusia yang mau mengambil pelajaran.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Ikutilah -wahai manusia- kitab suci yang Rabbmu turunkan kepada kalian dan sunah nabi kalian. Dan janganlah kalian mengikuti hawa nafsu orang-orang yang kalian lihat menjadi teman-teman setan atau pendeta-pendeta yang jahat. Janganlah kalian berteman dekat dengan mereka seraya meninggalkan kitab suci yang diturunkan kepada kalian demi mengikuti kemauan hawa nafsu mereka. Sesungguhnya kalian jarang sekali mengambil pelajaran. Sebab, sekiranya kalian mau mengambil pelajaran tentu kalian akan lebih memilih kebenaran daripada yang lain. Dan tentu kalian pun akan mengikuti dan mengamalkan agama yang dibawa oleh rasul kalian dan meninggalkan agama lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. اتَّبِعُوا۟ مَآ أُنزِلَ إِلَيْكُم مِّن رَّبِّكُمْ (Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu)
Yakni al-qur’an dan sunnah karena ia sebagai penjelas dan penafsir isi al-qur’an. Allah berfirman: وما آتاكم الرسول فخذوه وما نهاكم فانتهوا
“Dan apa saja yang diberikan oleh Rasul kepada kalian, maka terimalah. Dan apa saja yang dilarang oleh dia, maka jauhilah.”

وَلَا تَتَّبِعُوا۟ مِن دُونِهِۦٓ أَوْلِيَآءَ ۗ (dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya)
Yang kalian sembah dan kalian jadikan sebagai sekutu-sekutu Allah,atau janganlah kalian jadikan selain kitab Allah sebagai panutan yang kalian ikuti dalam menjalani agama kalian seperti yang dilakukan orang-orang jahiliyah yang menjadikan pemimpin mereka sebagai panutan dalam pengharaman dan penghalalan sesuatu.

قَلِيلًا مَّا تَذَكَّرُونَ(Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran)
Yakni sesungguhnya manusia sedikit sekali mengingat urusan keimanan serta melupakan dan tidak memahaminya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Wahai manusia, ikutilah sesuatu yang diturunkan kepada kalian dari Tuhan di dalam Al-Qur’an dan sunah nabi yang menerangkan dan menafsirkan Al-Qur’an. Dan janganlah kalian mengikuti para penolong dari selain kitab Allah seperti diri kalian sendiri dan setan yang mana kalian meniru mereka dalam urusan agama, namun kalian hanya mengingat sedikit tentang perkara iman dan melupakan perkara yang diwajibkan Tuhan atas kalian


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ikutilah apa yang diturunkan kepada kalian dari Tuhan kalian dan janganlah mengikuti pelindung selain Dia} dan janganlah menjadikan selain Allah sebagai pelindung yang kalian taati dalam berbuat maksiat {Sedikit sekali kalian mengambil pelajaran


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3. kemudian Allah berbicara kepada hamba-hambanNya dan mengarahkan pandangan mereka kepada kitab ini. Dia berfirman” ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu” yakni kitab yang memang diturunkan demi kamu dan ia “dari Rabbmu” yang ingin menyempurnakan pendidikanNya kepadamu. maka Dia menurunkan kepadamu kitab ini yang nikmatNya atasmu menjadi lengkap dan kamu dibimbing kepada amal dan akhlak terbaik dan termulia. ”dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selianNya” yakni kamu menjadikan mereka sebagai pemimpin mengikuti hawa nafsu mereka dan karenanya kamu meninggalkan kebenaran. ”amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (dari padanya)” sekiranya kamu mengambil pelajaran dan mengetahui maslahatnya niscaya kamu tidak akan mengutamakan yang membahayakan daripada yang bermanfaat, dan mengutamakan musuh daripada teman.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Alif Lam Mim Shad (1) Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir), dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman (2) Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya) (3)
Telah dijelaskan sebelumnya pembahasan ini di permulaan surah Al-Baqarah tentang hal-hal yang berkaitan dengan makna huruf-huruf secara panjang lebar, dan perbedaan pendapat para ulama tentang itu.
(Ini adalah sebuah kitab yang ditunaikan kepadamu) yaitu ini adalah kitab yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu (maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya) Mujahid, Qatadah, dan As-Suddi berkata,”Keraguan pada hal itu. Dikatakan juga bahwa janganlah kamu terjebak dalam hal itu dalam menyampaikannya dan memberikan peringatan dengannya
(Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar) (Surah Al-Ahqaf: 35) Oleh karena itu Allah berfirman: (supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir)) yaitu Kami menurunkannya kepadamu agar kamu memberi peringatan kepada orang-orang kafir dengan kitab itu (dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman) Kemudian Allah SWT berfirman kepada seluruh umat: (Ikutilah apa yang diturunkan kepada kalian dari Tuhan kalian) yaitu ikutilah jejak-jejak Nabi SAW yang ummi, yang datang kepada kalian dengan membawa Kitab yang diturunkan kepada kalian dari Tuhan dan Pemiliki segala sesuatu. (dan janganlah kalian mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya) yaitu janganlah menyimpang dari apa yang telah dibawa Rasulallah SAW kepada kalian menuju jalan lain, lalu kalian menyimpang dari hukum Allah kepada hukum selainNya. (Amat sedikitlah kalian mengambil pelajaran (darinya)) sebagaimana firmanNya: (Dan sebagian besar manusia tidak akan beriman, walaupun kalian sangat menginginkannya (103) (Surah Yusuf)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 3: Khitab (pembicaraan) ini ditujukan kepada semua manusia, sedangkan khitab pada ayat sebelumnya ditujukan kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Yang ingin mentarbiyah (mendidik) kamu secara sempurna.

Maksudnya pemimpin-pemimpin yang membawamu kepada kesesatan.

Karena kalau kamu mau mengambil pelajaran, tentu kamu tidak akan mengutamakan kerugian di atas keberuntungan, atau mengutamakan bahaya di atas manfaat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 3

Ikutilah, wahai kaum muslim, apa yang diturunkan kepadamu dari tuhanmu dalam hal apa saja. Yakinilah bahwa semuanya akan membawa kebaikan, karena tuhanmu adalah zat yang maha penyayang kepada makhluk-Nya. Janganlah kamu ikuti siapa pun selain dia sebagai pemimpin lalu kamu pasrahkan semua urusanmu kepada mereka dan kamu taati saja seruan mereka, padahal mereka akan mengajakmu kepada jalan kesesatan. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran sehingga kamu tidak kembali ke jalan yang benar. Ayat ini melarang seorang mengikuti ajakan orang lain dalam urusan agama yang tidak datang dari Allah. Betapa banyak negeri yang telah kami binasakan, seperti negeri kaum nabi-nabi terdahulu, siksaan kami datang menimpa penduduk-Nya pada malam hari ketika mereka tengah terlelap dalam tidur seperti yang terjadi pada kaum nabi lut yang melakukan homoseks. Negeri mereka dijungkirbalikkan dan dihujani dengan batu. Atau siksaan itu datang pada saat mereka beristirahat pada siang hari seperti yang terjadi pada kaum nabi syuaib yang sering melakukan kecurangan dalam takaran dan timbangan. Mereka disiksa dengan suara yang menggelegar. Azab Allah bisa datang kapan saja, secara tak terduga, bahkan ketika waktu istirahat sekalipun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penafsiran dari para ahli ilmu terkait makna dan arti surat Al-A’raf ayat 3 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi ummat. Sokong kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dicari

Nikmati ratusan konten yang tersering dicari, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 153, Al-Baqarah 185, Al-Balad, Al-Fajr, Al-Maidah, Al-An’am. Ada juga Ali Imran 190-191, Ar-Ra’d 11, Juz al-Qur’an, Al-Insyirah 5-6, Al-‘Adiyat, Luqman 14.

  1. Al-Baqarah 153
  2. Al-Baqarah 185
  3. Al-Balad
  4. Al-Fajr
  5. Al-Maidah
  6. Al-An’am
  7. Ali Imran 190-191
  8. Ar-Ra’d 11
  9. Juz al-Qur’an
  10. Al-Insyirah 5-6
  11. Al-‘Adiyat
  12. Luqman 14

Pencarian: inna syaniaka huwal abtar artinya, surah 16 ayat 12, an nisa 165, surah al baqarah ayat 267, al ghasyiyah ayat 6-7

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: