Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-An’am Ayat 97

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ النُّجُومَ لِتَهْتَدُوا بِهَا فِي ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۗ قَدْ فَصَّلْنَا الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Wa huwallażī ja'ala lakumun-nujụma litahtadụ bihā fī ẓulumātil-barri wal-baḥr, qad faṣṣalnal-āyāti liqaumiy ya'lamụn

Terjemah Arti: Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan Allah Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagi kalian (wahai sekalian manusia), sebagai petunjuk arah yang kalian dapat mengenali jalan-jalan pada malam hari melalui bintang-bintang tersebut, ketika kalian tersesat jalan akibat pekatnya kegelapan malam di darat maupun laut. Sesungguhnya kami telah menerangkan petunjuk-petunjuk yang sangat jelas agar ikut terdorong merenunginya orang-orang yang mengenal Allah dan RasulNya dan syariatNya dari kalangan kalian.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

97. Dan Dia lah -Subḥānahu wa Ta'ālā- yang menciptakan untuk kalian -wahai anak-anak Adam- bintang-bintang di langit untuk kalian jadikan sebagai petunjuk dalam perjalanan apabila kalian merasakan kebimbangan dalam menentukan jalan yang hendak kalian ambil, baik di darat maupun di laut. Kami telah menjelaskan dalil-dalil dan bukti-bukti yang menunjukkan kekuasaan Kami bagi orang-orang yang mau merenungkannya kemudian mendapatkan manfaat darinya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

97. وَهُوَ الَّذِى جَعَلَ لَكُمُ النُّجُومَ لِتَهْتَدُوا۟ بِهَا (Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk)
Yakni Allah menciptakannya sebagai penunjuk jalan.

فِى ظُلُمٰتِ (dalam kegelapan)
Di malam hari saat perjalanan di laut atau darat.

الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۗ (di darat dan di laut)
Yakni ketika bingung menuntukan jalan yang tidak mungkin mendapat petunjuk kecuali dengan melihat gugusan bintang. Dan ini merupakan salah satu manfaat Allah menciptakan bintang-bintang ini.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

97. Dialah Dzat yang menciptakan atau membuatkan bintang-bintang bagi kalian sebagai petunjuk jalan kalian dalam kegelapan malam, dan di seberang lautan ketika kalian ragu untuk menemukan jalan dari dua tempat itu. Sungguh Kami telah menerangkan ayat-ayat yang menunjukkan kepada kesempurnaan kuasa Kami bagi kaum yang mengetahui keagungannya, menyadari hakikatnya, dan dan meminta petunjuk menuju keberadaan, keesaan, ilmu, dan kuasa Allah.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ketika safar. Hal itu, karena di antara bintang ada yang selalu terlhat dan tidak bergeser dari tempatnya, dan ada pula yang selalu bergerak, di mana pergerakannya diketahui oleh orang yang ahli dalam bidang ini. Dengannya mereka dapat mengetahui arah dan waktu.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Fungsi matahari dan bulan telah diuraikan pada ayat di atas, selanjutnya fungsi bintang diuraikan pada ayat ini. Dan dialah Allah yang menjadikan bintang-bintang yang memancarkan cahaya bagimu, dengan tujuan antara lain agar kamu menjadikannya petunjuk arah dalam kegelapan di darat dan di laut. Kami telah menjelaskan secara rinci tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan kami kepada orang-orang yang mengetahuianeka makhluk telah diuraikan, baik yang berada di langit maupun di bumi, berikutnya dijelaskan kembali tentang makhluk yang paling dimuliakan Allah, yaitu manusia. Dan dialah yang menciptakan kamu, wahai umat manusia, dari diri yang satu, yakni adam, yang melalui istrinya kamu berkembang biak, maka bagimu ada tempat menetap dan juga tempat simpanan. Sesungguhnya telah kami jelaskan dengan aneka macam cara dan tanda-tanda kebesaran kami kepada orang-orang yang mengetahui.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-An’am Ayat 98 Arab-Latin, Surat Al-An’am Ayat 99 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-An’am Ayat 100, Terjemahan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 101, Isi Kandungan Surat Al-An’am Ayat 102, Makna Surat Al-An’am Ayat 103

Category: Surat Al-An'am

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!