Surat Al-Qadr Ayat 2

ูˆูŽู…ูŽุงู“ ุฃูŽุฏู’ุฑูŽู‰ูฐูƒูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ูฑู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู

Arab-Latin: Wa mฤ adrฤka mฤ lailatul-qadr

Artinya: Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

ยซ Al-Qadr 1 โœต Al-Qadr 3 ยป

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Qadr Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qadr Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan pelbagai penjabaran dari beragam ulama tafsir terhadap kandungan surat Al-Qadr ayat 2, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Tahukah kamu (wahai nabi) apa itu malam qadar dan mulia?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Tahukah kamu -wahai Nabi- kebaikan dan berkah yang ada di dalam malam ini?


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

2. ูˆูŽู…ูŽุข ุฃูŽุฏู’ุฑูŽู‰ูฐูƒูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู (Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?)
Terdapat pendapat mengatakan: dinamakan malam lailatul qadar karena Allah pada malam itu menetapkan apa yang Dia kehendaki segala urusan yang akan terjadi pada satu tahun kedepan.
Pendapat lain mengatakan: dinamakan demikian karena malam itu memiliki kemuliaan dan kedudukan yang besar.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ) . Jika saat-saat malam itu hanya sebatas 10 jam, maka setiap jamnya dapat didibaratkan setara dengan 8 tahun lebih, dan tiap detiknya setara dengan 50 hari, maka rugilah orang-orang yang melewatkan malam itu dengan kelalaian.

2 ) . Berapa banyak keistimewaan yang dimiliki oleh malam ini ? mulai dari kemuliaan apa yang diturunkan pada malam itu, kemuliaan watunya, dan kemuliaan ibadah-ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam itu, dan kemuliaan malaikat-malaikat yang mereka bergantian turun pada malam itu, serta kemuliaan ketaatan seorang hamba yang tidak dibatasi oleh waktu, dan kemuliaan malam itu dikuat lagi dengan : { ุณูŽู„ูŽุงู…ูŒ ู‡ููŠูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ูฐ ู…ูŽุทู’ู„ูŽุนู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู } , sungguh merugilah orang-orang yang menyia-nyiakan malam yang mulia ini.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2. Dan apakah kamu mengetahui wahai Nabi SAW tentang malam ini dan keutamaannya?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Tahukah kamu apakah Lailatul qadar itu} malam kemuliaan dan keutamaan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

2. Selanjutnya Allah memperbesar dan memperagung kondisinya seraya berfirman, โ€œDan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?โ€ yakni, kondisinya yang amat agung dan nilai pentingnya yang besar.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia menurunkan Al-Qur'an di malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang penuh keberkahan, sebagaimana Allah SWT berfirman: (sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkati) (Surah Ad-Dukhan: 3) yaitu Lailatul Qadar yang ada dalam bulan Ramadhan, sebagaimana Allah SWT berfirman: ((Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan)Al-Qurโ€™an) (Surah Al-Baqarah: 185)
Ibnu Abbas dan lainnya berkata bahwa Allah SWT menurunkan Al-Qur'an sekaligus dari Lauhil Mahfuz ke Baitul 'Izzah di langit dunia. Kemudian diturunkan secara terpisah-pisah sesuai dengan kejadian-kejadian dalam masa dua puluh tiga tahun kepada Rasulullah SAW.
Kemudian Allah SWT berfirman seraya mengagungkan perkara Lailatul Qadar yang dikhususkan dengan diturunkan di dalamnya. Jadi Allah SWT berfirman: (Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (2) Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan (3))
Karena melakukan ibadah di malam Lailatul Qadar sebanding pahala melakukan ibadah selama seribu bulan, telah disebutkan di dalam hadits shahih Bukhari Muslim dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda,โ€Barangsiapa yang melakukan shalat di malam Lailatul Qadar karena keimanan dan mengharapkan pahala Allah, maka diampunilah baginya semua dosanya yang terdahuluโ€
Firman Allah: (Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan (4)) yaitu banyak malaikat yang turun di malam kemuliaan ini karena banyaknya keberkahannya. Dan para malaikat turun bersamaan dengan turunnya keberkahan dan rahmat, sebagaimana mereka turun ketika Al-Qur'an dibacakan dan mengelilingi perkumpulan yang melakukan dzikir dan meletakkan sayap mereka menaungi orang yang menuntut ilmu dengan benar karena menghormatinya.
Adapun tentang kata โ€œar-ruhโ€ di sini, dikatakan bahwa yang dimaksud adalah malaikat Jibril yang hal ini termasuk โ€œathaf khas โ€˜alal โ€˜amโ€. Dikatakan juga bahwa โ€œar-ruhโ€ adalah malaikat tertentu, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam surah An-Nabaโ€™. Hanya Allah yang lebih Mengetahui.
Diriwayatkan dari Mujahid tentang firmanNya: (Malam itu (penuh) kesejahteraan) dia berkata, yaitu penuh keselamatan, setan tidak mampu berbuat keburukan atau melakukan gangguan padanya.
Qatadah dan lainnya berkata yaitu semua urusan ditetapkan di dalamnya dan semua ajal serta rezeki ditakdirkan, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah (4)) (Surah Ad-Dukhan)
Firman Allah: (Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar (5)) diriwayatkan dari Asy-Sya'bi tentang firmanNya: (untuk mengatur segala urusan (4) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar (5)) dia berkata yaitu salamnya para malaikat di malam Lailatul Qadar kepada orang-orang yang ada di dalam masjid sampai fajar terbit.
Qatadah dan Ibnu Zaid berkata tentang firmanNya: (malam itu (penuh) kesejahteraan) yaitu semuanya baik, tidak ada suatu keburukan pada malam itu sampai matahari terbit


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Kemudian Allah mengagungkan malam yang mulia itu dengan bertanya kepada Rasul-Nya, { ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู } dan tahukah kamu wahai Muhammad apakaha malam lailatulqadr yang mulia itu ?


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

2-3

Kemudian Allah Jalla wa 'Alaa berfirman: ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู " Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?" Ungkapan pada penggalan ayat ini, dengan bahasa seperti ini mengandung faedah pemuliaan dan pengagungan, ini sering disebutkan dalam al-Quran al-Karim, Allah Ta'ala berfirman: ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฏู‘ููŠู†ู (17) ุซูู…ู‘ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฏู‘ููŠู†ู " Tahukah kamu apakah hari pembalasan itu? Sekali lagi, tahukah kamu apakah hari pembalasan itu?"(QS. Al-Infithar: 17-18) Allah Ta'ala juga berfirman: ุงู„ู’ุญูŽุงู‚ู‘ูŽุฉู (1) ู…ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุงู‚ู‘ูŽุฉู (2) ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุงู‚ู‘ูŽุฉู " Hari kiamat, apakah hari kiamat itu? Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?"(QS. Al-Haqqah: 1-3)
ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฑูุนูŽุฉู (1) ู…ูŽุง ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฑูุนูŽุฉู (2) ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฑูุนูŽุฉู " Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu?. Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?"(QS. Al-Qari'ah: 1-3)

Bentuk bahasa ungkapan di sini tujuannya adalah pengagungan dan pemuliaan. Di sini Allah berfirman: ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู "" Apa yang kamu ketahui tentang lailatulqadr, perkaranya, kemuliaannya dan keagungannya. Kemudian Allah menjelaskannya dengan firman-Nya: ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู„ู’ูู ุดูŽู‡ู’ุฑู " Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." Ayat ini jawaban untuk pertanyaan sebelumnya, yaitu firman Allah Ta'ala: ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู " Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?" Jawabannya: ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู„ู’ูู ุดูŽู‡ู’ุฑู " Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." Maknanya: dari seribu bulan yang tidak ada padanya lailatulqadar, yang dimaksud kebaikan di sini adalah pahala perbuatan di dalamnya, dan apa-apa yang Allah turunkan di dalamnya berupa kebaikan dan keberkahan atas umat ini. Oleh kerena itu, siapa saja yang sholat pada malam tersebut karena mengharap pahala dan keimanan maka ia akan diampuni dosanya yang telah lalu.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qadr ayat 2: 1-2. Allah mengabarkan kepada Nabi-Nya (Muhammad ๏ทบ) bahwasanya Allah menurunkan Al Qurโ€™an ini pada malam Al Qadar. Kemudian Allah berkata : Apa yang engkau ketahui wahai Nabi Allah tentang malam Al Qadar ? Telah disebutkan bahwa Al Qurโ€™an semuanya diturunkan dari Lauhul Mahfudz kemudian menuju langit dunia pada malam Al Qadar, kemudian turun perlahan-lahan (satu persatu) atas Nabi ๏ทบ sesuai dengan kejadian-kejadian nyata dan sesuai dengan apa yang Allah kehendaki atas alur kehidupannya (Nabi ๏ทบ) dari awal tahun pembebanan kerisalahan sampai menjelang tahun wafatnya. Dinamakan malam Al Qadar karena Allah mentakdirkan di dalamnya kejadian-kejadian pada keseluruhan tahun.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kalimat ini untuk membesarkan malam Lailatul Qadr.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qadr Ayat 2

Dan tahukah kamu, wahai nabi Muhammad, apakah malam kemuliaan dan keagungan itu' ungkapan lailatul qadr baru disebut oleh Al-Qur'an dalam ayat pertama surah ini sehingga Allah perlu menjelaskan artinya dan menggugah perhatian nabi tentangnya. 3. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan tanpa malam qadar di dalamnya. Ibadah pada malam itu mempunyai nilai yang sangat tinggi di mata Allah, lebih tinggi daripada ibadah selama seribu bulan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penafsiran dari berbagai ulama tafsir terkait isi dan arti surat Al-Qadr ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk ummat. Bantulah kemajuan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dicari

Kami memiliki ratusan materi yang banyak dicari, seperti surat/ayat: An-Naba, Seribu Dinar, Al-A’la, Al-Qadr, Al-Hujurat 13, Yusuf 28. Ada pula Al-Falaq, Al-Fatihah, Al-Isra 32, Al-Kafirun, Do’a Setelah Adzan, Adh-Dhuha.

  1. An-Naba
  2. Seribu Dinar
  3. Al-A’la
  4. Al-Qadr
  5. Al-Hujurat 13
  6. Yusuf 28
  7. Al-Falaq
  8. Al-Fatihah
  9. Al-Isra 32
  10. Al-Kafirun
  11. Do’a Setelah Adzan
  12. Adh-Dhuha

Pencarian: surah al maidah ayat 6, surah ikhlas, surah al iqra, amma yatasa, waltakum minkum ummatun yad'una ilal-khair

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini ๐Ÿ‘‰ pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti ๐Ÿ‘‰ klik tombol kirim

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah (gratis)

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: