Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Lail Ayat 16

الَّذِي كَذَّبَ وَتَوَلَّىٰ

Arab-Latin: Allażī każżaba wa tawallā

Terjemah Arti: Yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman).

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

15-16. Tidak memasukinya kecuali orang yang benar-benar sengsara, Yang mendustakan nabi Allah, Muhammad shalallohu alaihi wasallam ,berpaling dari iman kepada Allah dan rasul NYA, serta tidak mematuhi keduanya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

16. Yang mendustakan apa yang dibawa oleh Rasul -Ṣallallāhu 'alaihi wasallam- dan berpaling dari menaati perintah Allah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

16. (Yaitu) pembenci yang berdusta tentang Al-Qur’an dan menjauh dari keimanan kepada Tuhannya, utusanNya dan ketaatan kepadaNya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yang mereka mendustakan para Rasul dan dengan apa yang datang berdasarkan dalil dan bukti, mereka juga menolak keimanan dan ketaatan kepada Allah, dan masuk juga (didalamnya) mukmin yang bermaksiat, yang kemaksiatannya lebih banyak (dari ketaatannya), jika memang rahmat Allah tidak meliputinya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

14-16. “Maka Kami memperingatkan kamu dengan api yang menyala-nyala,” yakni yang berkobar. “Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, yang mendustakan” kebaikan, “dan berpaling” dari perintah.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ الَّذِي كَذَّبَ وَتَوَلَّىٰ } Orang yang cealak itu adalah orang-orang telah berdusta dengan hati mereka dengan penuh keyakinan, mereka mendustakan keesaan Allah ﷻ, mendustakan adanya hari kebangkitan, dan mereka pun berpaling dari beribadah kepada Allah ﷻ , mereka enggan mendidikan shalat, menolak membayar zakat, menjauhi perintah berpuasa, haji, umrah, dan sebagianya.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Mereka itulah orang yang mendustakan kebenaran yang datang dari Allah dan berpaling dari iman kepada-Nya. 17. Dan sebaliknya, akan selamat dari neraka itu dijauhkan darinya orang yang paling bertakwa sebagai penghargaan iman dan amal salehnya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Lail Ayat 17 Arab-Latin, Surat Al-Lail Ayat 18 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Lail Ayat 19, Terjemahan Tafsir Surat Al-Lail Ayat 20, Isi Kandungan Surat Al-Lail Ayat 21, Makna Surat Ad-Dhuha Ayat 1

Category: Surat Al-Lail

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!