Surat Al-Lail Ayat 15

ู„ูŽุง ูŠูŽุตู’ู„ูŽู‰ูฐู‡ูŽุงู“ ุฅูู„ู‘ูŽุง ูฑู„ู’ุฃูŽุดู’ู‚ูŽู‰

Arab-Latin: Lฤ yaแนฃlฤhฤ illal-asyqฤ

Artinya: Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka,

ยซ Al-Lail 14 โœต Al-Lail 16 ยป

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Mengenai Surat Al-Lail Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Lail Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir menarik dari ayat ini. Terdokumentasi kumpulan penjabaran dari berbagai mufassirun mengenai makna surat Al-Lail ayat 15, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

15-16. Tidak memasukinya kecuali orang yang benar-benar sengsara, Yang mendustakan nabi Allah, Muhammad shalallohu alaihi wasallam ,berpaling dari iman kepada Allah dan rasul NYA, serta tidak mematuhi keduanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. Tidaklah merasakan pedihnya Neraka ini kecuali orang yang sengsara, yaitu orang kafir.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. ู„ูŽุง ูŠูŽุตู’ู„ูŽู‰ูฐู‡ูŽุข ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ู’ุฃูŽุดู’ู‚ูŽู‰ (Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka)
Yakni orang kafir akan merasakan panas neraka itu.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Abu Umamah berkata : "Tidak satupun dari ummat ini melainkan Allah akan memasukkannya ke dalam surga, kecuali orang-orang yang berpaling dari perintah Allah sebagaimana onta bodoh yang melarikan diri dari tuannya, maka barangsiapa yang tidak percaya kepadaku sesungguhnya Allah berfirman ; { ู„ูŽุง ูŠูŽุตู’ู„ูŽุงู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽุดู’ู‚ูŽู‰ } yaitu orang-orang mendustakan apa yang dibawa oleh Muhammad dan mereka juga berpaling darinya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

14-15. Kemudian Aku telah memperingatkan dan menakut-nakuti kalian agar tidak menyimpang dari perintahku wahai manusia dengan neraka Jahanam yang menyala-nyala. Janganlah kamu masuk ke dalamnya dan terbakar oleh apinya selama-lamanya, kecuali orang kafir seperti Abu Jahal dan Umayyah bin Khallaf. Adapun jika orang fasik memasukinya maka dia tidak (mau) melanjutkan (lagi) untuk tinggal di dalamnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Tidak akan memasukinya} tidak akan memasukinya dan merasakan panasnya {kecuali orang yang paling celaka


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14-16. โ€œMaka Kami memperingatkan kamu dengan api yang menyala-nyala,โ€ yakni yang berkobar. โ€œTidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, yang mendustakanโ€ kebaikan, โ€œdan berpalingโ€ dari perintah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 12-21
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Sesungguhnya kewajiban Kamilah memberi petunjuk (12)) yaitu Kami menjelaskan yang halal dan yang haram. Selain Qatadah berkata bahwa barang siapa yang menempuh petunjuk, maka dia akan sampai kepada Allah. Dia menjadikannya sebagaimana firmanNya SWT: (Dan hak bagi Allah (menerangkan) jalan yang lurus) (Surah An-Nahl: 9) Hal ini diriwayatkan Ibnu Jarir.
Firman Allah SWT: (dan sesungguhnya kepunyaan Kamilah akhirat dan dunia (13)) yaitu semuanya adalah milik Kami, dan Akulah yang mengatur keduanya.
Firman Allah SWT: (Maka Kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala (14)) Mujahid berkata bahwa makna yang dimaksud adalah bergejolak.
Firman Allah SWT: (Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka (15)) yaitu tidak ada yang dijerumuskan ke dalamnya sehingga diliputi api neraka dari segala penjuru kecuali hanya orang yang paling celaka. Kemudian menjelaskannya, jadi Allah berfirman: (yang mendustakan) yaitu, dengan hatinya (dan berpaling) yaitu semua anggota tubuhnya tidak mau mengamalkannya.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,โ€Semua umatku akan masuk surga pada hari kiamat, kecuali orang yang membangkangโ€ Mereka bertanya,"Siapakah orang yang membangkang itu, wahai Rasulullah SAW?" Maka beliau SAW menjawab: โ€œBarang siapa yang taat kepadaku, maka masuk surga; dan barangsiapa durhaka kepadaku, maka dia membangkangโ€
Firman Allah SWT: (Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu (17)) yaitu akan dijauhkan dari neraka orang yang bertakwa dan orang yang paling bertakwa, kemudian dijelaskan dengan firmanNya: ((yaitu) yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya (18)) yaitu membelanjakan hartanya untuk ketaatan kepada Tuhannya, untuk mensucikan diri, harta dan segala sesuatu yang dikaruniakan Allah kepadanya berupa agama dan dunia (padahal tidak ada seorangpun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya (19)) yaitu, bukan untuk membalas hartanya yang pernah diberikan orang lain kepadanya, melainkan dia mengeluarkannya hanya (tetapi semata-mata karena mencari keridhaan Tuhannya Yang Maha Tinggi (20)) yaitu hanya semata-mata karena mengharapkan untuk dapat melihat Allah di akhirat di dalam taman-taman surga. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan kelak dia benar-benar mendapat kepuasan (21)) yaitu orang yang disifati dengan sifat-sifat ini akan diridhai.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Tidak ada yang masuk kedalam neraka itu kecuali orang-orang yang celaka, mereka telah mencelakakan diri mereka sendiri dengan kemaksiatan, mereka akan merasakan betapa panasnya api neraka yang telah mereka dustakan keberadaannya, api neraka itu akan membakar habis tubuh orang-orang kafir, da orang-orang musyrik, mereka akan kekal didalamnya, dan para pelaku maksiat dari orang-orang beriman akan dimasukkan kedalam neraka itu untuk dibersihkan dirinya dari dosa, kemudian akan dikeluarkan dari neraka itu setelah dosa mereka telah terhapus semua, lalu mereka akan dimasukkan kedalam surga.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ู„ูŽุง ูŠูŽุตู’ู„ูŽุงู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽุดู’ู‚ูŽู‰ " Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka" ู„ูŽุง ูŠูŽุตู’ู„ูŽุงู‡ูŽุง Maksudnya: tidak terbakar dengannya ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽุดู’ู‚ูŽู‰ Maksudnya: orang yang ditaqdirkan sengsara, kesengsaraan adalah kebalikan kebahagiaan.

Sebagaiamana dalam firman Allah Ta'ala: ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุดูŽู‚ููˆุง ููŽูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู " Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, " (Hud: 106) dan firman-Nya ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุณูุนูุฏููˆุง ููŽูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู " Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga "(Hud: 108)

Maka yang dimaksud yang sengsara adalah yang tidak ditakdirkan kebahagiaan baginya, inilah yang akan terbakar dengan neraka yang menyala-nyala.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Lail ayat 15: Dan api neraka ini tidak akan masuk di dalamnya kecuali bagi orang-orang yang celaka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Lail Ayat 15

Itulah neraka yang hanya dimasuki dan dirasakan panasnya oleh orang yang paling celaka. 16. Mereka itulah orang yang mendustakan kebenaran yang datang dari Allah dan berpaling dari iman kepada-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penafsiran dari berbagai ulama tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Lail ayat 15 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita bersama. Sokong usaha kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dilihat

Kaji banyak halaman yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Yunus 40-41, Al-Ma’idah 2, Az-Zalzalah, Al-Baqarah 286, Al-Isra 23, An-Nur 2. Ada pula Ali Imran, Al-Hujurat 12, Al-Baqarah 83, Asy-Syams, At-Takatsur, Al-Mujadalah 11.

  1. Yunus 40-41
  2. Al-Ma’idah 2
  3. Az-Zalzalah
  4. Al-Baqarah 286
  5. Al-Isra 23
  6. An-Nur 2
  7. Ali Imran
  8. Al-Hujurat 12
  9. Al-Baqarah 83
  10. Asy-Syams
  11. At-Takatsur
  12. Al-Mujadalah 11

Pencarian: surat al baqarah ayat 121, al baqarah 166, surat an-nisa ayat 11, latin an naba, surat 8 ayat 6

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: