Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Lail Ayat 14

فَأَنْذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظَّىٰ

Arab-Latin: Fa anżartukum nāran talaẓẓā

Terjemah Arti: Maka, kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Aku memperingatkan kalian (wahai manusia), dan mempertakutkan kalian dengan api neraka yang menyala-nyala,yaitu neraka jahanam.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14. Maka Aku mengingatkan kalian -wahai manusia- dengan api Neraka yang menyala-nyala jika kalian bermaksiat kepada Allah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

14-15. Kemudian Aku telah memperingatkan dan menakut-nakuti kalian agar tidak menyimpang dari perintahku wahai manusia dengan neraka Jahanam yang menyala-nyala. Janganlah kamu masuk ke dalamnya dan terbakar oleh apinya selama-lamanya, kecuali orang kafir seperti Abu Jahal dan Umayyah bin Khallaf. Adapun jika orang fasik memasukinya maka dia tidak (mau) melanjutkan (lagi) untuk tinggal di dalamnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ketahuilah wahai manusia bahwa Allah telah memperingatkanmu akan neraka yang menyala-nyala dengan panas yang sangat.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Imam Malik berkata : Suatu ketika Umar bin Abdul Aziz membaca dalam shalatnya surah al-Lail, tatkala ia sampai pada ayat : { فَأَنْذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظَّىٰ } dia menangis sehingga tidak mampu melanjutkan ayat selanjutnya, dua atau tiga kali, sampai kemudian beliau membaca surat lainnya.

Li Yaddabbaru Ayatih / Lajnah Ilmiah Markaz Tadabbur

14-16. “Maka Kami memperingatkan kamu dengan api yang menyala-nyala,” yakni yang berkobar. “Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, yang mendustakan” kebaikan, “dan berpaling” dari perintah.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ فَأَنْذَرْتُكُمْ} Maka aku menakut-nakuti kalian wahai manusia dengan peringatan { نَارًا تَلَظَّىٰ } akan neraka yang menyala-nyala, api neraka yang belum pernah dipadamkan sejak Allah ﷻ menciptakannya, Allah ﷻ berfirman : { نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ } ( (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan ) [ Al-Humazah : 6 ] .

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Maka, aku memperingatkan kamu, wahai manusia, dengan neraka yang menyala-Nyala dan panas tiada tara; itulah neraka jahanam. Demikianlah cara Allah mendidik manusia, dengan memberi sanksi kepada pelanggar dan penghargaan kepada penaat. 15. Itulah neraka yang hanya dimasuki dan dirasakan panasnya oleh orang yang paling celaka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Lail Ayat 15 Arab-Latin, Surat Al-Lail Ayat 16 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Lail Ayat 17, Terjemahan Tafsir Surat Al-Lail Ayat 18, Isi Kandungan Surat Al-Lail Ayat 19, Makna Surat Al-Lail Ayat 20

Category: Surat Al-Lail

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Isi Kandungan Surat Al Lail Ayat 18