Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Lail Ayat 3

وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ

Arab-Latin: Wa mā khalaqaż-żakara wal-unṡā

Terjemah Arti: Dan penciptaan laki-laki dan perempuan,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

1-4. Allah bersumpah dengan malam manakala kegelapannya menutup bumi dan apa yang ada di atasnya, Allah bersumpah Juga dengan siang yang mengikis gelapnya malam dengan cahayanya, Allah bersumpah Juga dengan penciptaan pasangan laki laki dan perempuan, Sesungguhnya amal kalian berbeda-beda, ada yang beramal untuk dunia dan ada yang beramal untuk akhirat.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Dan bersumpah dengan makhluk-Nya yang dua macam; yaitu lelaki dan perempuan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

3, 4 Dan demi Sang Maha Kuasa yang menciptakan jantan dan betina di antara semua manusia, hewan dan tumbuhan. Sesungguhnya perbuatan dan usaha kalian wahai manusia berbeda-beda dan saling terpisah, di antaranya ada amal shalih untuk mendapatkan surga dan amal buruk untuk mendapatkan neraka. Ini adalah jawaban dari qasam.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

1-4. Allah memulai dalam surat ini berkenaan dengan keimanan, dimana Allah bersumpah dengan malam jika makhluk telah bersembunyi karena gelapnya. Allah juga bersumpah dengan siang jika nampak dan tersingkap dan menerangi alam semesta. Allah bersumpah dengan diri-Nya yang menciptakan laki-laki dan perempuan. Kemudian datang jawaban atas sumpah Allah, dan Allah mengabarkan tentang amalan kalian wahai manusia yang beramal dengan macam-macam amal yang mulia.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

3. “Dan penciptaan laki-laki dan perempuan”; bila ‘maa’ dalam ayat ini adalah kata sambung, maka sumpah dalam ayat ini adalah dengan DiriNya Yang Mahamulia yang disifati sebagai Pencipta lelaki dan perempuan. Dan bila ‘maa’ tersebut adalah kata keterangan, maka sumpah tersebut adalah dengan penciptaanNya bagi lelaki dan perempuan serta sempurnanya hikmah Allah dalam hal itu dengan menciptakan setiap spesies hewan yang ingin dipertahankan Allah berpasangan, jantan dan betina, agar spesiesnya tetap ada dan tidak punah. Allah mendorong masing-masing dari keduanya dengan rantai libido pada yang lain dan menjadikan masing

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ } Dan dengan yang menciptakan laki-laki dan perempuan, dialah Allah ﷻ , dan sebagimana yang diketahui bahwasanya jenis laki-laki dan perempuan adalah umum untuk seluruh makhluk, Allah ﷻ berfirman : { وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ } ( Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah. ) [ Az-Zariyat : 49 ] , dua jenis kelamin yang berbeda ini ada pada manusia, binatang, tumbuhan, dan pepohonan, semuanya terdiri dari dua jenis itu.

Dalam riwayat laian dikatakan : Bahwasanya maksud dari laki-laki dan perempuan dalam ayat ini adalah Adam dan istrinya Hawwa' , tetapi yang paling zohir adalah maksud dari ayat ini adalah umum untuk semua makhluk, dan tentunya Adam dan Hawwa' termasuk didalam.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Yaitu Adam dan Hawa’, atau setiap laki-laki dan perempuan. Kata ‘maa’ di ayat ini bisa sebagai isim mushul yang berarti ‘yang’ sehingga artinya, “Demi yang menciptakan laki-laki dan perempuan,” yaitu Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Bisa juga kata ‘maa’ di ayat ini sebagai masdariyyah, sehingga artinya, “Demi penciptaan laki-laki dan perempuan,’ yang menunjukkan sempurnanya hikmah (kebijaksanaan)-Nya, dimana Dia menciptakan makhluk hidup berpasang-pasangan untuk melestarikannya, maka Mahasuci Allah Pencipta yang sebaik-baiknya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Demi penciptaan laki-laki dan perempuan dari setetes mani. Manusia tidak mempunyai rekayasa apa pun dalam penciptaan kedua jenis ini. Semua diatur oleh Allah sesuai kebijaksana'an-Nya terhadap makhluk. 4. Demi ketiga hal itu, sungguh usahamu memang beraneka macam. Sebagian dari kamu memilih jalan ketaatan kepada Allah dan sebagian yang lain memilih durhaka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Lail Ayat 4 Arab-Latin, Surat Al-Lail Ayat 5 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Lail Ayat 6, Terjemahan Tafsir Surat Al-Lail Ayat 7, Isi Kandungan Surat Al-Lail Ayat 8, Makna Surat Al-Lail Ayat 9

Category: Surat Al-Lail

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!