Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Balad Ayat 18

أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْمَيْمَنَةِ

Arab-Latin: Ulā`ika aṣ-ḥābul-maimanah

Terjemah Arti: Mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Orang-orang yang melakukan hal hal diatas, mereka adalah golongan kanan, yang digiring kearah kanan surga.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

18. Orang-orang yang mempunyai sifat-sifat tersebut adalah golongan kanan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

18. Mereka yang memiliki ciri-ciri yang telah disebutkan adalah orang-orang golongan kanan yang mengambil buku catatan amal mereka menggunakan tangan kanan pada hari kiamat dan memperoleh surga

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah menjelaskan bahwa mereka yang mentaati Allah dan tidak menyangkal adanya adzab-Nya dan mereka mengerjakan amalan-amalan terpuji yang mulia, maka mereka adalah golongan kanan. Penghuni surga yag kekal di dalamnya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

18. ‘Mereka itu,” yakni orang-orang yang menunaikan sifat-sifat tersebut adalah mereka yang diberi taufik oleh Allah untuk menempuh jalan yang sukar itu. Mereka adalah “golongan kanan,” karena mereka menunaikan hak-hak Allah dan hak-hak manusia yang diperintahkan serta meninggalkan apa pun yang dilarang. Inilah tanda-tanda kebahagiaan.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Mereka itulah orang-orang yang termasuk dalam golongan kanan, karena pada hari kiamat manusia akan terbagi menjadi 3 golongan : { وَكُنْتُمْ أَزْوَاجًا ثَلَاثَةً , فَأَصْحَابُ الْمَيْمَنَةِ مَا أَصْحَابُ الْمَيْمَنَةِ , وَأَصْحَابُ الْمَشْأَمَةِ مَا أَصْحَابُ الْمَشْأَمَةِ , وَالسَّابِقُونَ السَّابِقُونَ } ( Dan kamu menjadi tiga golongan , Yaitu golongan kanan. Alangkah mulianya golongan kanan itu , Dan golongan kiri. Alangkah sengsaranya golongan kiri itu , Dan orang-orang yang beriman paling dahulu ) [ Al-Waqi'ah : 7-10 ]

Golongan pertama, yang disebut ashab al yamin yang masing-masing diberi kitab dengan tangan kanan dan mendapat ridha dan pahala Allah yang abadi di surga.
Golongan kedua, yang disebut ashab asy-syimal yang masing-masing diberi kitab dengan tangan kirinya dan mendapatkan murka dan siksa Allah yang abadi di neraka.
Golongan ketiga, yang disebut al muqarrabun dan as-sabbiqun as-sabiqun yang didekati Allah di surga dan menyempurnakan kepada mereka rahmat dan bau harum.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Karena mereka mengerjakan perintah-perintah Allah, baik yang terkait dengan hak-hak-Nya maupun yang terkait dengan hak hamba-hamba-Nya, serta mereka tinggalkan larangan Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Inilah tanda kebahagiaan dan keberuntungan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Apabila mereka berkenan menempuh jalan yang sukar, beriman, dan saling berpesan untuk bersabar dan berkasih sayang, mereka adalah golongan kanan yang akan menemui kebahagiaan di akhirat berupa surga dengan segala kenikmatan di dalamnya. 19. Dan sebaliknya, orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat kami, baik dengan ucapan maupun tindakan, mereka itu adalah golongan kiri yang akan celaka dan menjumpai azab yang pedih.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Balad Ayat 19 Arab-Latin, Surat Al-Balad Ayat 20 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Asy-Syams Ayat 1, Terjemahan Tafsir Surat Asy-Syams Ayat 2, Isi Kandungan Surat Asy-Syams Ayat 3, Makna Surat Asy-Syams Ayat 4

Category: Surat Al-Balad

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!