Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat At-Tariq Ayat 16

وَأَكِيدُ كَيْدًا

Arab-Latin: Wa akīdu kaidā

Terjemah Arti: Dan Akupun membuat rencana (pula) dengan sebenar-benarnya.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

15-17. Sesungguhnya orang orang yang mendustakan rasul dan al-qur’an menyusun rencana jahat, yang dengan tipu daya mereka itu mereka ingin menolak kebenaran dan mengukuhkan kebatilan. Aku pun punya acara untuk memenangkan kebenaran, sekalipun orang orang kafir tidak menyukainya. Jangan tergesa-gesa (wahai rasul), untuk diminta diturunkannya azab atas mereka,sebaliknya tunggulah dan berilah mereka tempo sedikit,jangan terburu buru dengan mereka,kamu akan melihat azab,hukuman,kebinasaan dan penderitaan yang menimpa mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

16. Dan Aku membuat rencana untuk memenangkan agama ini dan menghancurkan kebatilan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

16. وَأَكِيدُ كَيْدًا (Dan Akupun membuat rencana (pula) dengan sebenar-benarnya)
Yakni Aku menyiksa mereka perlahan-lahan tanpa mereka rasakan, dan Aku akan membalas tipu daya mereka dengan tipu daya yang lebih kuat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

16. Kemudian Aku (Allah) membalas tipu daya mereka dengan tipu daya yang lebih dahsyat dari usaha pembantahan mereka. Kemudian Allah membalas mereka dengan balasan yang sesuai dengan perbuatan mereka

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

15-16. Ketahuilah wahai manusia bahwa mereka orang-orang musyrik itu merencanakan untuk bisa menipu cahaya Allah, dan menyingkirkan manusia dari agama Allah dengan membangkitkan fitnah dan hasutan-hasutan, dan menyebarkan keragu-raguan serta syahwat. Akan tetapi Allah yang akan membalas makar mereka sebagaimana tipu daya mereka, dan dengan itu pula Allah tangguhkan dan ulurkan atas keinginan-keinginan mereka.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Ayat 15-17
“Sesungguhnya orang kafir itu,” yaitu orang-orang yang mendustakan Rasulullah dan al-Qur’an, “merencanakan tipu daya yang jahat dengan sebenar-benarnya,” agar dengan tipu daya mereka dapat menolak kebenaran dan menguatkan kebatilan. “Dan Aku pun membuat rencana (pula) dengan sebenar-benarnya,” untuk menampakkan kebenaran meski orang-orang kafir benci dan untuk menangkal kebatilan yang mereka bawa. Dengan demikian akan diketahui siapakah yang menang. Manusia sangatlah lemah dan hina untuk bisa mengalahkan Allah yang Mahakuat lagi Maha Mengetahui dalam rencana pembalasan terhadap tipu daya. “Karena itu beri tangguhlah orang-orang kafir itu, yaitu beri tangguhlah mereka itu barang sebentar,” yakni sementara waktu, dan mereka akan mengetahui resiko sikap mereka pada saat siksaan menimpa.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Biarkanlah mereka mengerjakan tipu daya itu, karena sesungguhnya Allah ﷻ akan berbuat lebih dari tipu daya yang mereka lakukan, Allah ﷻ akan berbuat serupa kepada orang-orang yang zholim atas kezholiman yang mereka perbuat.

Mereka berencana melakukan tipu daya itu, tapi mereka lemah dan tidak mampu melakukan rencana buruk itu, akan tetapi bagi Allah ﷻ hal itu sangatlah mudah untuk diwujudkan, orang-orang musyrik merencanakan suatu keburukan yang akan mereka timpakan atas kaum muslmin dan Rasulullah ﷺ , akan tetapi rencana tersebut diketahui oleh Allah ﷻ , maka Allah ﷻ pun akan berbuat serupa kepada mereka sebagai balasan .

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Lihat tafsir ayat berikutnya

Tafsir Juz 'Amma / Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Untuk menguatkan kebenaran dan menolak kebatilan yang mereka hadapkan meskipun orang-orang kafir membenci.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan aku pun membuat rencana yang jitu untuk membalas tipu daya mereka. Akan aku biarkan mereka bergelimang dosa dan hidup dengan nyaman dan berkecukupan. Di akhirat nanti, aku akan azab mereka dengan siksa yang pedih. 17. Wahai nabi, Allah telah berjanji demikian. Karena itu berilah penangguhan kepada orang-orang kafir itu. Berilah mereka itu kesempatan untuk sementara waktu dan jangan engkau terburu-buru meminta Allah membinasakan mereka. Biarkan mereka hidup di dunia ini beberapa tahun lagi bersama keingkaran mereka. Di akhirat nanti mereka akan menghadap tuhan dalam keadaan hina dan dimurkai.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Tariq Ayat 17 Arab-Latin, Surat Al-A’la Ayat 1 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’la Ayat 2, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’la Ayat 3, Isi Kandungan Surat Al-A’la Ayat 4, Makna Surat Al-A’la Ayat 5

Category: Surat At-Tariq

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat At Tariq 15-16