Surat Ali ‘Imran Ayat 115


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

وَمَا يَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَلَنْ يُكْفَرُوهُ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِالْمُتَّقِينَ

Arab-Latin: Wa mā yaf'alụ min khairin fa lay yukfarụh, wallāhu 'alīmum bil-muttaqīn

Terjemah Arti: Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menenerima pahala)nya; dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan amal apa pun, yang banyak atau pun sedikit dari amal-amal kebajikan yang diperbuat oleh golongan yang beriman ini, maka tidak akan tersia-siakan di sisi Allah. Bahkan perbuatan itu disyukuri bagi mereka dan mereka mendapat imbalan atas perbuatan tersebut. Dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa yang mengerjakan kebajikan-kebajikan dan menjauhi hal-hal yang diharamkan, dalam rangka mengharap ridha Allah dan mencari pahalaNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

115. Apapun kebajikan yang mereka lakukan, sedikit maupun banyak, tidak akan disia-siakan pahalanya dan tidak akan dikurangi sedikitpun. Dan Allah Maha Mengetahui orang-orang bertakwa yang senantiasa menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Tidak ada sedikipun amalan mereka yang luput dari pengetahuan-Nya. Dan Dia akan memberi mereka balasan atas amal perbuatan tersebut.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

115. وَمَا يَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍ (Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan)
Yakni kebajikan apapun itu.

فَلَن يُكْفَرُوهُ ۗ( maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menenerima pahala)nya)
Yakni tidak akan dihilangkan pahalanya akan tetapi akan dilimpahkan kepada mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

Pada ayat ini Allah mengatakan tentang diri-Nya : { وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِالْمُتَّقِينَ } "dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa." padalah Dia Maha mengetahui segala sesuatu tetapi Dia kembali mengulangnya dan menyebutkan secara khusus, maka dapat difahami bahwa hal itu sebagai berita gembira bagi orang-orang bertaqwa akan limpahan balasan yang akan mereka terima dari tuhannya, dan ayat ini juga sebagai dalil bahwsanya suatu kaum tidak akan menang kecuali mereka adalah orang-orang yang bertaqwa kepada Allah.

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

115 Dan segala amal kebaikan yang umat ini kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi untuk menerima pahalanya; dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa. Itu adalah penghargaan kepada mereka berupa diterimanya amal dan mendapatkan pahala yang baik,

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

115. Kemudian Allah menjelaskan bahwa apapun yang mereka kerjakan berupa kebaikan, baik sedikit atau banyak, maka Allah akan menerimanya, karena bersumber dari keimanan dan keikhlasan, “maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menerima pahala) nya”, maksudnya, Allah tidak akan menyia-nyiakannya. “Dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa,” mereka adalah orang-orang yang melakukan kebajikan dan meninggalkan hal-hal yang diharamkan dengan tujuan ridha Allah dan mengharap pahalaNYa.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Banyak maupun sedikit. Hanya saja pahala terhadap amal mengikuti apa yang ada dalam hati, berupa keimanan dan ketakwaan. Oleh karena itu, lanjutan ayatnya adalah, " Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa."

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Untuk menyenangkan hati mereka, maka Allah memberitahu bahwa amal saleh dan kebajikan apa pun yang mereka kerjakan, baik yang tersembunyi maupun yang tampak, tidak ada yang mengingkarinya dan pasti akan diberi pahala dari Allah. Dan Allah maha mengetahui orangorang yang benar-benar beriman dan bertakwa yang berbuat baik hanya untuk mencari rida-Nya. Jika amal perbuatan orang yang beriman akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah, maka pada ayat ini Allah menjelaskan bahwa ketentuan itu tidak berlaku bagi orang kafir. Sesungguhnya tidak akan berguna bagi orang-orang kafir, baik harta yang dikumpulkan dan dipuja maupun anak-anak mereka yang selalu dibangga-banggakan, sedikit pun tidak dapat memberi manfaat untuk menolak azab dan siksa yang sudah ditetapkan Allah baik di dunia maupun di akhirat. Mereka itu penghuni neraka sebagai hukuman atas kedurhakaan mereka selama hidup di dunia, dan mereka kekal di dalamnya.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Ali ‘Imran Ayat 116 Arab-Latin, Surat Ali ‘Imran Ayat 117 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Ali ‘Imran Ayat 118, Terjemahan Tafsir Surat Ali ‘Imran Ayat 119, Isi Kandungan Surat Ali ‘Imran Ayat 120, Makna Surat Ali ‘Imran Ayat 121

Category: Surat Ali 'Imran


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!