Surat Ali ‘Imran Ayat 100

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تُطِيعُوا۟ فَرِيقًا مِّنَ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ يَرُدُّوكُم بَعْدَ إِيمَٰنِكُمْ كَٰفِرِينَ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū in tuṭī'ụ farīqam minallażīna ụtul-kitāba yaruddụkum ba'da īmānikum kāfirīn

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jika kamu mengikuti sebahagian dari orang-orang yang diberi Al Kitab, niscaya mereka akan mengembalikan kamu menjadi orang kafir sesudah kamu beriman.

« Ali 'Imran 99Ali 'Imran 101 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Terkait Surat Ali ‘Imran Ayat 100

Paragraf di atas merupakan Surat Ali ‘Imran Ayat 100 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan mendalam dari ayat ini. Didapatkan aneka ragam penafsiran dari banyak ulama terkait kandungan surat Ali ‘Imran ayat 100, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya dan mengerjakan ajaran syariat Nya, jika kalian menaati sekelompok Yahudi dan Nasrani dari orang-orang yang telah Allah berikan kepada mereka Kitab Taurat dan Injil, niscaya mereka akan menyesatkan kalian dan melemparkan berbagi syubhat kepada kalian terkait agama kalian, supaya kalian kembali mengingkari kebenaran itu sesudah kalian mengimaninya. Maka janganlah kalian merasa aman dari tipu daya mereka terhadap agama kalian, dan jangan kalian menerima pendapat atau usulan dari mereka sama sekali.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

100. Allah memperingatkan orang-orang beriman dari mentaati sekelompok orang Yahudi dan Nasrani yang suka membuat tipudaya, mereka sangat ingin kalian tersesat dan kembali kepada kekafiran setelah beriman.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

100. Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengikuti Rasul-Nya, jika kalian mematuhi sekelompok Ahli Kitab dari kalangan Yahudi dan Nasrani terkait apa yang mereka ucapkan, dan kalian menerima pendapat mereka tentang apa yang mereka sampaikan, niscaya mereka akan mengembalikan kalian kepada kekafiran setelah beriman. Hal itu karena mereka menyembunyikan kedengkian dan kesesatan dari jalan yang benar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

100. إِن تُطِيعُوا۟ فَرِيقًا مِّنَ الَّذِينَ أُوتُوا۟ الْكِتٰبَ (jika kamu mengikuti sebahagian dari orang-orang yang diberi Al Kitab)
Yakni apabila kalian mendengarkan dan mentaati tipu daya mereka dan condong kepada perkataan mereka niscaya mereka akan menjadikan kalian seperti apa yang mereka harapkan yang berupa يَرُدُّوكُم بَعْدَ إِيمٰنِكُمْ كٰفِرِينَ(mengembalikan kamu menjadi orang kafir sesudah kamu beriman)


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

100 Hai orang-orang yang beriman, jika kalian mengikuti sebagian orang-orang Yahudi dengan mendengarkan perkataan mereka, niscaya mereka akan mengembalikan kamu menjadi orang kafir sesudah kamu beriman. Ayat ini turun seperti ayat sebelumnya yaitu ketika orang Yahudi berusaha menyebar fitnah antara suku Aus dan Khazraj.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian mengikuti segolongan} satu golongan {dari orang yang diberi Al-kitab, maka mereka akan mengembalikan kalian} mengembalikan kalian {menjadi orang-orang kafir setelah beriman


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

100-101. Ketika Allah telah menegakkan hujjah atas ahli kitab dan menjelek-jelekan mereka karena kekufuran dan kedurhakaan mereka,maka Allah mengingatkan kaum Mukminin agar tidak terpedaya oleh mereka. Dan Allah menjelaskan kepada mereka bahwa di antara kelompok ini ada yang selalu bersemangat dalam membahayakan kalian dan mengmbalikan kalian pada kekufuran setelah keimanan. Akan tetapi segala puji hanya milik Allah, kalian semua wahai sekalian kaum Muminin, setelah Allah mengaruniakan kalian dengan agama ini dan kalian telah menyaksikan ayat-ayat Allah, kebaikanya, keramahaNya, dan keutamaan-utamaanNya, sementara Rasulluloh ada di tengah kalian yang akan memberikan kalian petunjuk pada segala perkara yangn bermanfaat untuk kalian, dan kalian berpegang teguh kepada Allah dan kepada tali agamaNya, niscaya mustahil mereka bisa mengembalikan kalian dari agama kalian. Karena agama yang di bangun atas dasar-dasar dan tongkak-tongkak yang kokoh seperti ini, yang cahayanya sangat terang menyinari, bisa menarik hati manusia, dan menyatukan semua hati manusia, serta menyampaikan hamba ke tempat yang paling mulia dan keingininan yang paling utama.
“Barang siapa yang berpegang teguh kepada agama Allah,” maksudnya, bertawakal kepadaNya dan berlindung di bawah perlindungaNya, ”maka sesungguhnya dia telah di beri petunjuk kepada jalan yang lurus.” Demikianlah, dimana terdapat anjuran untuk berpegang taguh kepada agama Allah dan bahwa hal itu adalah jalan menuju keselamatan dan petunjuk.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 100-101
Allah SWT memperingatkan para hambaNya yang beriman untuk tidak mengikuti kelompok Ahli Kitab yang dengki kepada orang-orang mukmin atas karunia dan apa yang diberikan oleh Allah kepada mereka berupa mengutus rasulNya, sebagaimana Allah berfirman: (Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri) (Surah Al-Baqarah: 109). Dmikianlah Dia berfirman di sini: (jika kamu mengikuti sebahagian dari orang-orang yang diberi Al Kitab, niscaya mereka akan mengembalikan kamu menjadi orang kafir sesudah kamu beriman) Kemudian Allah berfirman: (Bagaimanakah kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya pun berada di tengah-tengah kamu?) yaitu kekufuran jauh dari kalian dan berlindunglah kalian dari hal itu, karena ayat-ayat Allah diturunkan kepada RasulNya, siang dan malam. Dia membacakan dan menyampaikannya kepada kalian. Hal ini sebagaimana firmanNya: (Dan mengapa kamu tidak beriman kepada Allah padahal Rasul menyeru kamu supaya kamu beriman kepada Tuhanmu. Dan sesungguhnya Dia telah mengambil perjanjianmu jika kamu adalah orang-orang yang beriman (8) Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al-Quran) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu (9)) (Surah Al-Hadid) Kemudian Allah berfirman: (Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus) yaitu bersamaan dengan hal ini, maka pemeliharaan Allah dan tawakkal kepadaNya adalah benteng dalam petunjuk, sesuatu yang disiapkan untuk menjauhi kesesatan, dan sarana menuju petunjuk, serta jalan mencapai kebijaksanaan dan mendapatkan apa yang diinginkan


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ali ‘Imran ayat 100: Hai orang-orang yang beriman! Jika kamu taat kepada segolongan dari (kafir-kafir) yang diberi Kitab itu, niscaya mereka kembalikan kamu jadi kafir-kafir sesudah kamu beriman.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ayat ini turun ketika sebagian orang-orang Yahudi melewati kabilah Aus dan Khazraj. Bersatunya mereka membuat orang-orang Yahudi menjadi jengkel, maka mereka pun mengingatkan masa lalu kabilah Aus dan Khazraj di zaman jahiliyyah. Akibatnya, dua kabilah itu saling bertengkar dan hampir saja terjadi peperangan. Di ayat ini, Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengingatkan hamba-hamba-Nya agar tidak termakan oleh tipu daya mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ali ‘Imran Ayat 100

Setelah ayat sebelumnya mengecam ahli kitab, maka ayat ini ditujukan kepada orang-orang yang beriman. Wahai orang-orang yang beriman! jika kamu mengikuti sebagian dari orang yang diberi kitab, yaitu yahudi dan nasrani, niscaya mereka akan mengembalikan dan memalingkan kamu dari agama kamu agar kembali menjadi orang kafir yang kukuh kekafirannya setelah kamu beriman kepada nabi Muhammad. Dan bagaimana kamu sampai menjadi murtad dan kembali kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan rasul-Nya pun berada di tengah-tengah kamu dan telah nyata kebenaran dakwah risalahnya' maka berpegangteguhlah kepada agama Allah. Barang siapa berpegang teguh kepada agama Allah, maka sungguh, dia diberi petunjuk kepada jalan lebar dan mudah dilalui yang lurus, berupa keimanan yang kuat dan akan diberi kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ayat ini mengisyaratkan bahwa orang yang beriman akan selalu mendapatkan cobaan. Walau begitu, barang siapa menjadikan agama Allah sebagai pegangan dan Allah sebagai tempat kembali serta memperbanyak ibadah, maka dia akan selamat dari cobaan tersebut


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penafsiran dari banyak ulama tafsir terkait kandungan dan arti surat Ali ‘Imran ayat 100 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk ummat. Bantu kemajuan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dicari

Baca banyak topik yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 48, Al-Fatihah 4, An-Nisa, At-Tin 4, At-Taubah, Al-Anbiya 30. Serta An-Nahl 114, Ali ‘Imran 190, Al-Humazah, Al-Muthaffifin, Al-A’raf 54, Al-Fatihah 5.

  1. Al-Ma’idah 48
  2. Al-Fatihah 4
  3. An-Nisa
  4. At-Tin 4
  5. At-Taubah
  6. Al-Anbiya 30
  7. An-Nahl 114
  8. Ali ‘Imran 190
  9. Al-Humazah
  10. Al-Muthaffifin
  11. Al-A’raf 54
  12. Al-Fatihah 5

Pencarian: surat 58 ayat 11, surat ke 4, surah ali imran ayat 159, qs 2, segala puji bagi allah tuhan semesta alam termasuk makna bacaan

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: