Surat Ali ‘Imran Ayat 98

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُلْ يَٰٓأَهْلَ ٱلْكِتَٰبِ لِمَ تَكْفُرُونَ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ وَٱللَّهُ شَهِيدٌ عَلَىٰ مَا تَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Qul yā ahlal-kitābi lima takfurụna bi`āyātillāhi wallāhu syahīdun 'alā mā ta'malụn

Artinya: Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, mengapa kamu ingkari ayat-ayat Allah, padahal Allah Maha menyaksikan apa yang kamu kerjakan?".

« Ali 'Imran 97Ali 'Imran 99 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Dengan Surat Ali ‘Imran Ayat 98

Paragraf di atas merupakan Surat Ali ‘Imran Ayat 98 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan penting dari ayat ini. Terdapat beragam penjabaran dari beragam mufassir berkaitan kandungan surat Ali ‘Imran ayat 98, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Katakanlah oleh mu (wahai Rasul), kepada ahli kitab dari bangsa Yahudi dan Nasrani, “Mengapa kalian mengingkari hujjah-hujjah Allah yang menunjukkan bahwa agama Allah itu adalah islam, dan mengingkari isi yang terkandung dalam kitab-kitab suci kalian, berupa petunjuk-petunjuk dan bukti-bukti nyata yang menunjukkan hal itu, sedang kalian itu mengetahuinya? Dan Allah menjadi saksi atas perbuatan kalian itu,“ Di sini terkandung peringatan keras dan ancaman terhadap mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

98-99. Allah mengingkari orang-orang Yahudi dan Nasrani dengan memerintahkan nabi Muhammad untuk berkata kepada mereka: “Mengapa kalian mengingkari ayat-ayat Allah yang menunjukkan kebenaran kerasulan Muhammad, padahal Allah menyaksikan segala perbuatan kalian?” Dan Allah mengingkari mereka pula: “Mengapa kalian menghalangi orang-orang beriman dari agama Allah dan nabi-Nya dengan berbagai syubhat, cobaan, dan pengubahan kitab; padahal kalian mengetahui bahwa orang-orang beriman ini berada dalam kebenaran? Dan Allah tidak lengah terhadap perbuatan kalian.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

98. Katakanlah -wahai Nabi-, “Wahai orang-orang Ahli Kitab dari kalangan Yahudi dan Nasrani, mengapa kalian mengingkari bukti-bukti yang menunjukkan kebenaran Nabi -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-. Salah satunya ialah bukti-bukti yang dikemukakan oleh kitab Taurat dan Injil?! Dan Allah senantiasa mengawasi dan menyaksikan amal perbuatan kalian, dan akan memberi kalian balasan yang setimpal.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

98. قُلْ يٰٓأَهْلَ الْكِتٰبِ لِمَ تَكْفُرُونَ بِـَٔايٰتِ اللهِ وَاللهُ شَهِيدٌ عَلَىٰ مَا تَعْمَلُونَ (Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, mengapa kamu ingkari ayat-ayat Allah, padahal Allah Maha menyaksikan apa yang kamu kerjakan?”)
Yakni menyaksikan kalian ketika kalian mengucapkan kalimat kekufuran dan melakukan pengingkaran terhadap dalil-dalil yang benar dan mukjizat kenabian.
Atau yang dimaksud adalah kufur terhadap ayat-ayat Taurat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

98 Katakanlah: “Hai orang-orang Yahudi dan Nasrani, mengapa kamu ingkari ayat-ayat Allah yang menunjukkan bukti tentang kebenaran kenabian Muhammad? Sesungguhnya Allah Maha menyaksikan ketika kalian menjadi kufur atas Al-quran dan bukti-bukti kebenaran?”. Ayat ini turun ketika orang Yahudi menghasut sekelompok orang dari suku Aus dan Khazraj dalam perkumpulan mereka supaya mereka saling membunuh atau berperang satu sama lain


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah, “Wahai Ahlul kitab, mengapa kalian mengingkari ayat-ayat Allah, padahal Allah Maha Menyaksikan apa yang kalian kerjakan”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

98-99. Dan ketika hujjah-hujjah telah tegak atas ahli kitab, sebagaimana yang telah lewat, padahal mereka sebelum itu mengenal Nabi sebagai pengetahuan mereka kepda anak-anak mereka, maka Allah menjelek-jelekan dari kalangan mereka orang-orang yang bersikeras menolak karena telah ingkar terhadap ayat-ayat Allah, dan tindakan mereka menghalang-halangi hamba-hamba Allah dari jalan Allah, karena masyrakat awam mengikuti para ulama mereka. Dan Allah Mengetahui keadaan mereka dan akan membalas semua itu dengan pembalasan yang setimpal dan penuh.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 98-99
Ini adalah celaan dari Allah SWT terhadap kekufuran Ahli Kitab karena kekeras kepalaan mereka dalam menolak kebenaran, mengingkari ayat-ayat Allah, dan menghalangi orang-orang mukmin dari jalan Allah yang mereka inginkan dengan kesungguhan dan kemampuan mereka. meskipun mereka memiliki pengetahuan tentang apa yang disampaikan oleh Rasulallah adalah kebenaran dari Allah, sesuai dengan apa yang ada di sisi mereka berupa pengetahuan tentang para nabi sebelumnya dan para rasul Allah, semoga shalawat dan salam Allah kepada mereka. Dan apa yang telah diberitakan dan ditegaskan oleh mereka tentang kedatangan seorang nabi yang ummi, keturunan Bani Hasyim, bangsa Arab, yang menjadi pemimpin anak Adam, penutup para nabi, dan utusan Tuhan di bumi dan langit. Allah telah memperingatkan mereka tentang konsekuensi hal itu. Dia memberitahukan bahwa dia adalah saksi atas perbuatan mereka. Sesuatu yang mereka ingkari dengan perbuatan mereka tentang sesuatu yang disampaikan para nabi, dan pertentangan mereka terhadap Rasulullah yang memberi kabar gembira dengan berbuat dusta, menentang, dan keras kepala menolak. Allah SWT memberitahukan bahwa Dia tidak akan melupakan apa yang mereka lakukan, yaitu Dia akan membalas mereka atas hal itu ((yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna (88)) (Surah Asy-Syu'ara)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ali ‘Imran ayat 98: Tanyalah: "Hai Ahli Kitab!. Mengapakah kamu kufur kepada perintah-perintah Allah Melihat apa-apa yang kamu kerjakan?"


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ali ‘Imran Ayat 98

Setelah jelas dalil dan penjelasan yang diberikan kepada ahli kitab atas kebohongan mereka, tetapi mereka tetap ingkar, maka Allah memerintahkan kepada nabi Muhammad, katakanlah wahai ahli kitab! mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, mendustakan Al-Qur'an dan mengingkari kerasulanku, padahal Allah maha menyaksikan apa yang kamu kerjakan' tidak ada kedustaan dan perbuatan kalian yang samar bagi Allah walaupun kalian berusaha menyembunyikannya. Dia akan membalas keburukan perbuatan kalian kelak di hari kiamatkatakanlah, wahai nabi Muhammad, wahai ahli kitab! setelah kamu kufur, mengapa kamu terus menghalang-halangi dan berusaha memalingkan orang-orang yang beriman dari jalan Allah, kamu menghendakinya (jalan Allah) yang lurus menjadi bengkok, padahal kamu menyaksikan, yaitu mengetahui bahwa apa yang disampaikan oleh nabi Muhammad adalah benar' dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, baik di masa lampau, sekarang, maupun yang akan datang. Sesungguhnya kalian telah sesat dan menyesatkan '


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjelasan dari kalangan mufassir mengenai kandungan dan arti surat Ali ‘Imran ayat 98 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita. Support perjuangan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dibaca

Tersedia ratusan konten yang paling sering dibaca, seperti surat/ayat: Bismillah, Al-Kahfi 1-10, Az-Zumar 53, Al-Lahab, Al-Ma’idah 3, Quraisy. Ada pula An-Naziat, Al-Qari’ah, Yusuf, Al-‘Ashr, An-Nisa 59, An-Nashr.

  1. Bismillah
  2. Al-Kahfi 1-10
  3. Az-Zumar 53
  4. Al-Lahab
  5. Al-Ma’idah 3
  6. Quraisy
  7. An-Naziat
  8. Al-Qari’ah
  9. Yusuf
  10. Al-‘Ashr
  11. An-Nisa 59
  12. An-Nashr

Pencarian: at taubah ayat 4, al maidah 73, surat albaqorah, surat yusuf beserta artinya, al kahfi ayat 65

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: