Surat Al-Haqqah Ayat 38

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَلَآ أُقْسِمُ بِمَا تُبْصِرُونَ

Arab-Latin: Fa lā uqsimu bimā tubṣirụn

Artinya: Maka Aku bersumpah dengan apa yang kamu lihat.

« Al-Haqqah 37Al-Haqqah 39 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Surat Al-Haqqah Ayat 38

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Haqqah Ayat 38 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan penting dari ayat ini. Didapatkan variasi penjabaran dari banyak pakar tafsir terhadap isi surat Al-Haqqah ayat 38, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

38-43. Aku bersumpah dengan apa yang kalian lihat, yaitu hal-hal yang terlihat, dan juga apa yang tidak kalian lihat yang ghaib dari kalian, sesungguhnya al-Quran itu adalah Firman Allah, yang dibaca oleh seorang utusan yang punya kedudukan dan keutamaan agung, ia bukan perkataan penyair seperti yang kalian tuduhkan, tetapi sedikit dari kalian yang punya pemikiran dan perenungan untuk membedakan di antara keduanya, akan tetapi ia adalah Firman Tuhan alam semesta yang Dia turunkan kepada RasulNya, Muhammad.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

38-40. Maka aku bersumpah dengan sumpah yang tegas, demi apa yang dapat kalian dlihat dan yang tidak dapat kalian lihat, bahwa al-Qur’an telah disampaikan kepada kalian melalui seseorang yang memiliki akhlak-akhlak terpuji dan keutamaan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

38. Maka Allah bersumpah dengan apa yang kalian saksikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

38-39. وَمَا لَا تُبْصِرُونَ فَلَآ أُقْسِمُ بِمَا تُبْصِرُونَ (Maka Aku bersumpah dengan apa yang kamu lihat, Dan dengan apa yang tidak kamu lihat)
Yakni Aku bersumpah dengan segala yang terlihat dan yang tidak terlihat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

38-39. Aku bersumpah demi semua makhluk yang dapat mereka saksikan dan tidak dapat mereka saksikan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka Aku bersumpah} Aku bersumpah, huruf "Laa" untuk menguatkan sumpah {demi apa yang kalian lihat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

38-43. Allah bersumpah dengan apa saja yang dapat dilihat oleh makhluk dan yang tidak dapat dilihat, hal itu mencakup seluruh makhluk, bahkan juga mencakup DzatNYA Yang Mahasuci. (Allah bersumpah) atas kebenaran al-Quran yang dibawa oleh Rasulullah. Rasulullah menyampaikan al-Quran dari sisi yang dialamatkan para musuhnya yang dinyatakan sebagai penyair atau penyihir. Yang membuat mereka melakukan hal itu adalah karena mereka tidak memiliki iman dan tidak mau berpikir. Sekiranya mereka tidak memiliki iman dan memikirkan apa yang bermanfaat bagi mereka dan apa yang buruk bagi mereka, di antaranya dengan melihat keadaan Nabi Muhammad dan memperhatikan sifat-sifat serta akhlak beliau, niscaya mereka akan melihat perkaranya (jelas) seperti matahari, yang akan menunjukkan kepada mereka bahwasanya beliau adalah benar-benar utusan Allah, dan bahwasanya apa yang beliau bawa “adalah wahyu yang diturunkan dari Rabb semesta alam,” tidak pantas sebagai ucapan manusia. Akan tetapi ia adalah perkataan yang menunjukkan keagungan Dzat Yang Mengucapkannya, kebesaran sifat-sifatNya, kesempurnaan pemeliharaanNya kepada makhluk dan ketinggianNya di atas para hamba. Dan bahwasanya hal ini adalah persangkaan dari mereka dengan apa-apa yang tidak pantas bagi Allah dan bagi hikmah (kebijaksanaanNya).


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Haqqah ayat 38: 38-43. Allah bersumpah dengan semua yang dilihat oleh makhluk, seperti : langit, bumi dan selainnya, dan juga bagi makhluk yang tidak melihatnya: Seperti : malaikat, jin dan selain mereka berdua. Bahwa Al Qur’an ini yang dihadapan kalian adalah kalam Allah, Rasul ﷺ bacakan kepada kalian, dan ia adalah Muhammad ﷺ, Jibril mengajarkan kepadanya. Ketahuilah oleh kalian bahwa Rasul bukanlah penyair sebagaimana mereka (kaum musyrikin) mengklaim, bukan juga tukang sajak, sebagaimana sajak-sajak dukun, sebagaimana sebagian mereka (kaum musyikin) mengklaim. Sesungguhnya Al Qur’an adalah kalam Rabbul Alamin yang diturunkan kepada Rasul ﷺ yang terpercaya Muhammad ﷺ. Akan tetapi mereka tidak beriman dengannya, tidak juga saling menasihati dan mengambil hikmah dari ayat-ayatnya dan sedikit dari kalian yang mengagungkannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni makhluk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Haqqah Ayat 38

38-40. Semua yang diuraikan pada ayat-ayat di atas belum terlihat oleh manusia, maka kelompok ayat ini menegaskan tentang kebenaran informasi Al-Qur'an dengan bersumpah menyebut wujud yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Maka aku bersumpah demi apa yang kamu lihat, dan demi apa yang tidak kamu lihat dari ciptaan-ciptaan-ku. Sesungguhnya ia, Al-Qur'an, itu benar-benar wahyu yang diturunkan kepada rasul yang mulia yaitu nabi Muhammad


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penafsiran dari banyak ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Haqqah ayat 38 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk ummat. Dukunglah perjuangan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dibaca

Terdapat banyak materi yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 152, An-Nur 26, An-Nisa 146, Al-Anfal, Al-Baqarah 168, Thaha. Ada pula Al-Jumu’ah 10, Ali ‘Imran 110, Al-Jatsiyah, Al-Insyirah 6, Al-Ahzab 56, An-Nisa 29.

  1. Al-Baqarah 152
  2. An-Nur 26
  3. An-Nisa 146
  4. Al-Anfal
  5. Al-Baqarah 168
  6. Thaha
  7. Al-Jumu’ah 10
  8. Ali ‘Imran 110
  9. Al-Jatsiyah
  10. Al-Insyirah 6
  11. Al-Ahzab 56
  12. An-Nisa 29

Pencarian: al anam 101, 2 kalimat terakhir surat al baqarah, surat al baqarah ayat 107, terjemahan surat an nur, annisa 140

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: