Surat Al-Mulk Ayat 14

ุฃูŽู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูฑู„ู„ู‘ูŽุทููŠูู ูฑู„ู’ุฎูŽุจููŠุฑู

Arab-Latin: Alฤ ya'lamu man khalaq, wa huwal-laแนญฤซful-khabฤซr

Artinya: Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?

ยซ Al-Mulk 13 โœต Al-Mulk 15 ยป

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Surat Al-Mulk Ayat 14

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mulk Ayat 14 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir penting dari ayat ini. Diketemukan kumpulan penjabaran dari berbagai ahli ilmu mengenai isi surat Al-Mulk ayat 14, misalnya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14. Mengapa Tuhan semesta alam tidak mengetahui makhlukNya dan urusan-urusan mereka, sedangkan Dia adalah yang menciptakan mereka dan membaguskan penciptaannya? Allah Mahalembut kepada hamba-hambaNya, Mahateliti terhadap mereka dan amal-amal mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

14. Bagaimana Allah tidak mengetahui segala hal yang tersembunyi dan rahasia, sedangkan Dia yang menciptakannya dan menciptakan segalanya? Salah satu tanda kekuasaan-Nya adalah Dia Mengetahui dengan pasti segala rahasia dan perkara yang tersembunyi.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. Apakah Allah yang menciptakan semua makhluk tidak mengetahui rahasia atau yang lebih tersembunyi dari rahasia? Dan Dia Mahalembut terhadap hamba-hamba-Nya dan Maha Mengetahui segala urusan mereka, tidak ada sesuatu pun dari hal itu yang luput dari-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. ุฃูŽู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ (Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui)
Yakni tidakkah Dzat yang menciptakan semua itu tidak mengetahui rahasia dan apa yang ada di dalam lubuk hati? Allah telah menciptakan manusia dengan tangan-Nya dan yang paling mengetahui sesuatu adalah penciptanya.

ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ุทููŠูู ุงู„ู’ุฎูŽุจููŠุฑู (dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?)
Yang ilmu-Nya mengetahui rahasia yang disimpan dan disembunyikan dalam hati, tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

14. Apakah Dzat yang telah menciptakan segala sesuatu dan membuatnya berfungsi (semestinya) itu tidak mengetahui sesuatu yang tersembunyi dan yang tampak. Sedangkan Dia Dzat yang Maha Mengetahui detail segala hal, Dzat yang Maha mengabarkan dan menampakkan semua hal yang tampak dan tersembunyi? {Hamzah dalam A Laa} adalah istifham inkary yang menunjukkan fungsi negasi, sedangkan {Laa} berfungsi negasi. Penegasian fungsi negasi adalah untuk memunculkan suatu verifikasi. Maksudnya yaitu bahwa hal itu sudah mutlak diketahui (Allah)


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah pantas Dzat yang menciptakan itu tidak mengetahui, sedangkan Dia Maha lembut lagi Maha Mengetahui


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14. Kemudian Allah berfirman mengutarakan dalil aqli yang menunjukkan ilmuNya, โ€œApakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan)?โ€ siapa lagi yang menciptakan, menyempurnakan, dan mengindahkan makhluk, bagaimana Dia tidak tahu yang kalian tampakkan dan kalian sembunyikan? โ€œDan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui.โ€ Yang detil ilmu dan pengetahuanNya hingga mengetahui rahasia, segala yang samar, dan yang ghaib. Dan di antara makna Maha Halus adalah Allah memperlakukan hamba-hamba dan orang-orang yang dikasihiNya dengan lemah lembut. Allah mendorong mereka menuju kebaikan padahal mereka tidak merasakan hal itu. Allah menjaga mereka dari keburukan padahal mereka tidak mengira, dan mengangkat mereka ke tingkatan tinggi dengan berbagai sebab yang sama sekali tidak dikira oleh manusia. Bahkan Allah membuat mereka merasakan berbagai hal yang tidak disukai untuk menyampaikan mereka pada harapan tertinggi dan keinginan-keinginan mulia.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 12-15
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang orang yang takut kepada kedudukan Tuhannya terhadap apa yang ada antara dia dan Tuhannya; jika dia tidak diketahui orang lain, maka dia mencegah dirinya dari perbuatan-perbuatan maksiat, dan mengerjakan ketaatan, meskipun tidak ada orang lain yang melihatnya kecuali Allah SWT. dan bahwa Allah akan memberinya ampunan dan pahala yang besar yaitu Allah akan menghapuskan dosa-dosanya dan membalasnya dengan pahala yang berlimpah.
Kemudian Allah SWT berfirman seraya mengingatkan bahwa Dia Maha Melihat semua isi hati dan rahasia (Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati (13)) yaitu segala sesuatu yang terbesit dalam hati (Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui?) yaitu apakah Tuhan Yang Maha Pencipta itu tidak mengetahui? Dikatakan, โ€œapakah Allah tidak mengetahui makhlukNya? Makna pertama adalah yang lebih utama, karena firmanNya: (dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui)
Kemudian Allah menyebutkan nikmat-nikmat yang telah Dia berikan kepada makhlukNya, dengan menundukkan dan merendahkan bumi bagi mereka, dengan menjadikannya tenang dan stabil, tidak berguncang dan tidak miring, dengan gunung-gunung yang telah Dia pancangkan padanya. Allah mengalirkan dari dalamnya mata air-mata air, dan menyediakan padanya jalan-jalan, serta menyediakan padanya berbagai manfaat dan tempat-tempat untuk ditanami untuk keperluan tanaman. Maka Allah SWT berfirman: (Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya) yaitu, berjalanlah ke mana pun yang kalian kehendaki di berbagai kawasannya, serta lakukanlah perjalanan mengelilingi daerah dan kawasannya untuk berbagai mata pencaharian dan perniagaan. Dan ketahuilah bahwa upaya kalian tidak dapat memberi manfaat sedikit pun bagi kalian kecuali jika Allah memudahkannya bagi kalian. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya) Maka berupaya dengan menempuh sarananya tidaklah bertentangan dengan tawakal kepadaNya.
Dialah yang Menundukkan, Memperjalankan, dan Menjadikan penyebabnya (Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan) yaitu dikembalikan di hari kiamat.
Mujahid, As-Suddi, dan Qatadah berkata tentang firmanNya (manakibiha) yaitu daerah-daerah yang jauh, daerah-daerah pedalaman, dan seluruh kawasannya.
Ibnu Abbas dan Qatadah juga berkata bahwa (manakibiha) yaitu gunung-gunung.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 14: Allah mengabarkan bahwa Allah lah yang lebih mengetahui urusan makhluknya, dan Maha Mengetahui atas apa yang disembunyikan setiap makhluknya di dada-dada mereka. Dialah yang Maha Lembut dan Mengetahui, dimana lembut yang mengetahui segalanya dan Maha Mengetahui sampai tahu segala sesuatu yang rahsia dan yang disembunyikan. Maka tidaklah tersembunyi bagi-Nya, sesuatu yang sembunyi (tidak nampak), Dialah Allah yang Maha Mengetahui sesuatu yang rahasia dan yang tersembunyi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman berdalih dengan dalil โ€˜aqli (akal) untuk menunjukkan ilmu-Nya.

Yakni bagaimana mungkin Allah Subhaanahu wa Ta'aala yang menciptakan makhluk, merapihkannya dan memperbagusnya tidak mengetahui makhluk ciptaan-Nya?

Yang halus ilmu-Nya sehingga mengena kepada semua yang rahasia dan tersembunyi serta semua yang gaib. Termasuk makna Lathiif adalah Yang Mahalembut kepada hamba dan wali-Nya, Dia mengarahkan kebaikan dan ihsan kepadanya dari arah yang tidak ia sadari serta melindunginya dari keburukan dari arah yang tidak diduga-duga dan meninggikannya ke derajat yang tinggi dengan sebab-sebab yang tidak telintas dalam hati seorang hamba, bahkan Allah Subhaanahu wa Ta'aala menimpakan berbagai hal yang tidak disukainya agar dia mencapai hal-hal agung yang dicintainya dan kedudukan yang mulia.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 14

Ayat ini masih kelanjutan sanggahan Allah terhadap sikap kaum musyrik: apakah pantas Allah yang menciptakan semua makhluk termasuk kamu, wahai manusia, itu tidak mengetahui apa yang kamu lahirkan dan rahasiakan' padahal dia mahahalus, maha mengetahui. Sungguh dia pasti maha mengetahui segalanya. 15. Setelah ditegaskan bahwa Allah adalah mahahalus dan maha luas pengetahuan-Nya, kini diuraikan kembali tentang kuasa-Nya. Dialah Allah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi untuk melakukan aneka aktifitas yang bermanfaat, maka jelajahilah di segala penjurunya, berkelanalah ke seluruh pelosoknya, dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya yang disediakan untuk kamu, serta bersyukurlah dengan segala karunia-Nya itu. Dan karena pada akhirnya, hanya kepada-Nyalah kamu kembali setelah dibangkitkan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penjelasan dari para mufassirun terhadap kandungan dan arti surat Al-Mulk ayat 14 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita. Dukunglah syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dikunjungi

Kaji banyak topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Thaha, Al-Baqarah 152, Al-Insyirah 6, Al-Jatsiyah, Ali ‘Imran 110, Al-Ahzab 56. Termasuk An-Nur 26, Al-Anfal, Al-Baqarah 168, Al-Jumu’ah 10, An-Nisa 146, An-Nisa 29.

  1. Thaha
  2. Al-Baqarah 152
  3. Al-Insyirah 6
  4. Al-Jatsiyah
  5. Ali ‘Imran 110
  6. Al-Ahzab 56
  7. An-Nur 26
  8. Al-Anfal
  9. Al-Baqarah 168
  10. Al-Jumu’ah 10
  11. An-Nisa 146
  12. An-Nisa 29

Pencarian: surah alanfal, surat yang melarang zina, ุฃูŽุฑู’ุฌูุนู artinya, surat ar ra'd juz berapa, surat al kahfi lengkap arab saja

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini ๐Ÿ‘‰ pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti ๐Ÿ‘‰ klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: