Surat Al-Mulk Ayat 12

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ุฅูู†ู‘ูŽ ูฑู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุฎู’ุดูŽูˆู’ู†ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽู‡ูู… ุจููฑู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ู„ูŽู‡ูู… ู…ู‘ูŽุบู’ููุฑูŽุฉูŒ ูˆูŽุฃูŽุฌู’ุฑูŒ ูƒูŽุจููŠุฑูŒ

Arab-Latin: Innallaลผฤซna yakhsyauna rabbahum bil-gaibi lahum magfiratuw wa ajrung kabฤซr

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.

ยซ Al-Mulk 11 โœต Al-Mulk 13 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Tentang Surat Al-Mulk Ayat 12

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mulk Ayat 12 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir berharga dari ayat ini. Didapatkan beragam penjabaran dari beragam ulama tafsir terhadap isi surat Al-Mulk ayat 12, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

12. Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhan mereka, di mana mereka menyembahNya sekalipun tidak ada manusia yang melihat mereka, serta mereka takut kepada azab di akhirat sebelum mereka menyaksikannya, bagi mereka ampunan dari Allah dari dosa-dosa mereka dan pahala besar, yaitu surga.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

12. Setelah dijelaskan kesudahan orang-orang kafir; maka pada ayat ini dijelaskan kesudahan orang-orang beriman yang mengagungkan Allah di dunia dan takut dari azab-Nya meskipun mereka belum melihatnya. Mereka berhak mendapat ampunan atas dosa-dosa mereka, dan pahala yang besar sebagai balasan atas keimanan mereka kepada Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

12. Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Allah saat menyendiri, bagi mereka ampunan atas dosa-dosa mereka dan bagi mereka pahala yang besar, yaitu Surga.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Pemuda yang beriman kepada hal ghaib adalah orang yang ketika melihat sahabat-sahabatnya mengambil jalan salah, dan dia condong ke arah itu, bahkan ia memperlakukan dirinya seperti panasnya api karena keinginannya, namun dia menolak dirinya sendiri, menekan keinginannya, dan meninggalkan kesenangan saat ini; Mengharapkan kenikmatan yang dijanjikan di akhirat: { ุฅูู†ู‘ูŽ ูฑู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุฎู’ุดูŽูˆู’ู†ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽู‡ูู… ุจููฑู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ู„ูŽู‡ูู… ู…ู‘ูŽุบู’ููุฑูŽุฉูŒ ูˆูŽุฃูŽุฌู’ุฑูŒ ูƒูŽุจููŠุฑูŒ } "Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12. Sesungguhnya orang-orang yang takut dengan azab Tuhannya, berada dalam ketenangan. Bagi mereka ampunan atas dosa-dosanya dan pahala yang agung yaitu surga


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya dengan tanpa melihatNya} dengan tanpa melihat {bagi mereka itu ampunan dan pahala yang besar


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

12. Setelah menyebutkan keadaan orang-orang yang celaka dan durjana, selanjutnya Allah menyebutkan kondisi orang-orang baik dan berbahagia seraya berfirman, โ€œSesungguhnya orang-orang yang takut kepada Rabbnya yang tidak tampak oleh mereka,โ€ takut kepada Allah dalam berbagai kondisi mereka hingga dalam keadaan tidak ada seorang pun tahu selain Allah, mereka tidak mendurhakaiNya dan tidak bersikap asal-asalan dalam menunaikan perintah Allah โ€œmereka akan memperoleh ampunanโ€ atas dosa-dosa mereka, Allah pun melindungi mereka dari keburukan dan siksa neraka, โ€œdan pahala yang besar,โ€ yang disediakan oleh Allah bagi mereka di dalam surga, berupa kenikmatan abadi, kerajaan besar, kenikmatan-kenikmatan yang saling berkaitan, istana, kediaman tinggi, bidadari, pelayan dari anak-anak beliau, dan yang lebih besar serta lebih agung dari semua itu, adalah keridhaan Allah Yang Maha Pemurah yang diberikan pada penghuni surga.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 12: Kemudian Allah menyebutkan pemuliaan-Nya dan balasan dari-Nya untuk orang-orang shalih yang beiman dengan hal ghaib, yaitu mereka manusia-manusia yang memiliki rasa takut; Yang mereka sungguh takut kepada Tuhan-Nya, yang olehnya menjadikan mereka menjalankan kewajiban-kewajiban dan meninggalkan kemungkaran. Mereka Allah ampunkan dan Allah ganjar dengan ganjaran yang besar.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan keadaan orang-orang yang sengsara, maka Dia menyebutkan keadaan orang-orang yang berbahagia.

Sehingga dalam keadaan tersembunyi, mereka tetap menaati Allah, dan sudah barang tentu dalam keadaan terang-terangan mereka lebih menaati lagi. Dengan demikian, mereka taat kepada Allah dalam semua keadaan.

Terhadap dosa-dosa mereka. Apabila Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah mengampuni dosa-dosa mereka, Dia menjaga mereka dari keburukannya serta menjaga mereka dari azab neraka.

Yaitu semua yang Allah siapkan untuk mereka di surga berupa kenikmatan yang kekal, kesenangan yang terus-menerus, istana dan tempat-tempat tinggi, bidadari yang cantik dan para pelayan mereka. Dan yang paling besarnya adalah keridhaan Allah Subhaanahu wa Ta'aala untuk mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 12

Bagi orang yang mengingkari kekuasaan Allah, ancamannya dije-laskan pada ayat sebelumnya. Pada ayat ini diterangkan siapa yang akan meraih pahala yang besar, sesungguhnya orang-orang yang takut kepada tuhannya yang tidak terlihat oleh mereka, atau mereka takut kepada-Nya walau mereka itu sendirian tidak terlihat oleh siapa pun, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar. 13. Gunjingan kaum musyrik yang ternyata diketahui oleh rasulullah, menjadikan mereka saling merendahkan bahkan merahasiakan ucapan di antara mereka agar tidak didengar tuhan nabi Muhammad. Ayat ini turun untuk meresponss sikap tersebut. Dan rahasiakanlah perkataanmu atau nyatakanlah. Sungguh, dia maha mengetahui segala isi hati dan segala apa yang kamu rahasiakan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari banyak ahli tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Mulk ayat 12 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita semua. Sokonglah perjuangan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Tersering Dikaji

Tersedia banyak konten yang tersering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Jatsiyah, Al-Jumu’ah 10, Ali ‘Imran 110, Al-Insyirah 6, Al-Baqarah 152, Al-Ahzab 56. Termasuk An-Nisa 146, Al-Baqarah 168, An-Nur 26, An-Nisa 29, Al-Anfal, Thaha.

  1. Al-Jatsiyah
  2. Al-Jumu’ah 10
  3. Ali ‘Imran 110
  4. Al-Insyirah 6
  5. Al-Baqarah 152
  6. Al-Ahzab 56
  7. An-Nisa 146
  8. Al-Baqarah 168
  9. An-Nur 26
  10. An-Nisa 29
  11. Al-Anfal
  12. Thaha

Pencarian: muflihun artinya, ayat 1000 dinar beserta artinya, surah yasin latin saja, ucapan keselamatan para penghuni surga adalah, kandungan surah an nisa ayat 146

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: