Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Waqi’ah Ayat 46

وَكَانُوا يُصِرُّونَ عَلَى الْحِنْثِ الْعَظِيمِ

Arab-Latin: Wa kānụ yuṣirrụna 'alal-ḥinṡil-'aẓīm

Terjemah Arti: Dan mereka terus-menerus mengerjakan dosa besar.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

46. Mereka terus melakukan dosa-dosa besar, yaitu syirik dan tetap sombong.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

45-48. Allah menyebutkan amalan orang-orang kafir yang layak bagi mereka untuk diadzab, Allah mengabarkan bahwa mereka di dunia bersenang-senang, tidaklah mereka beramal kecuali asasnya adalah syahwat mereka, mereka di dunia adalah orang-orang yang jahat yaitu melakukan kesyirikan, mereka juga mengingkari hari kebangkitan, mereka mengatakan dengan nada sombong dan pengingkaran : Apakah bila kami mati dan menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sungguh kami akan benar-benar dibangkitkan kembali ? Dan dibangkitkan juga bapak-bapak kami yang telah mati mendahului kami ?!

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Yaitu syirk dan dosa-dosa besar yang lain. Mereka tidak bertobat darinya dan tidak menyesal terhadapnya, bahkan mereka senantiasa mengerjakan perbuatan yang membuat murka Tuhan mereka sehingga mereka menemui-Nya dengan membawa dosa-dosa yang besar, wal ‘iyaadz billah.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


45-46. Golongan kiri itu mendapat azab yang sangat pedih karena sesungguhnya mereka sebelum itu selalu hidup bermewahan dari harta yang tidak halal, dan di samping itu mereka terus menerus mengerjakan dosa besar. 47-48. Golongan kiri itu tidak mempercayai adanya hari kebangkitan, dan mereka selalu mengatakan, 'apakah bila kami mati, dikubur, dan menjadi tanah dan tulang belulang kami hancur, apakah sesungguhnya kami akan benar-benar dibangkitkan kembali seperti saat di dunia ini' apakah bapak-bapak kami yang sudah meninggal terdahulu juga akan dibangkitkan seperti halnya kami''.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Waqi’ah Ayat 47 Arab-Latin, Surat Al-Waqi’ah Ayat 48 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Waqi’ah Ayat 49, Terjemahan Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat 50, Isi Kandungan Surat Al-Waqi’ah Ayat 51, Makna Surat Al-Waqi’ah Ayat 52

Category: Surat Al-Waqi'ah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!