Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Waqi’ah Ayat 26

إِلَّا قِيلًا سَلَامًا سَلَامًا

Arab-Latin: Illā qīlan salāman salāmā

Terjemah Arti: Akan tetapi mereka mendengar ucapan salam.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

25-26. Mereka tidak mendengar kata-kata batil di surga dan tidak juga kalimat-kalimat yang mengandung dosa, kecuali ucapan yang selamat dari hal-hal tercela tersebut, yaitu ucapan salam sebagian kepada sebagian yang lain.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

26. Namun ucapan (mereka) adalah salam, salam. Mereka berkata: “Allah memberikanmu kesejahteraan yang diberkahi.”

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

25-26. Dan di antara nikmat Allah yang diberikan kepada mereka, mereka tidaklah mendengar di surga ucapan buruk atau yang mendatangkan dosa dan yang tidak ada manfaat. Mereka tidaklah mendengar kecuali ucapan yang baik, yang di antaranya adalah : Ucapan salam dan ucapan selamat (penghormatan) satu sama lain.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Hal itu, karena surga adalah tempat orang-orang yang baik dan tidak ada di sana selain semua yang baik. Hal ini juga menunjukkan bagusnya adab penghuni surga dalam percakapan di antara sesama mereka, dan bahwa ucapan mereka adalah ucapan yang paling baik dan paling menyenangkan jiwa serta paling selamat dari sesuatu yang sia-sia dan dosa.

Ya Allah, masukkanlah kami ke surga dan jauhkanlah kami dari neraka. Ya Allah, masukkanlah kami ke surga dan jauhkanlah kami dari neraka. Ya Allah, masukkanlah kami ke surga dan jauhkanlah kami dari neraka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


25-26. Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia, seperti gurauan atau perkataan yang tidak bermanfaat, dan tidak pula mereka mendengar perkataan yang menimbulkan dosa. Tetapi, di dalam sana mereka hanya mendengar ucapan salam hangat dan doa yang menyejukkan. 27. Usai menguraikan nikmat bagi orang beriman, pada ayat-ayat ini Allah menjelaskan siapakah golongan kanan itu. Dan sebagian manusia termasuk golongan kanan, yaitu mereka yang beriman dan menaati ajaran Allah. Alangkah bahagianya mereka yang termasuk golongan kanan itu. Mereka pasti akan mendapat balasan surga yang penuh kenikmatan.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Waqi’ah Ayat 27 Arab-Latin, Surat Al-Waqi’ah Ayat 28 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Waqi’ah Ayat 29, Terjemahan Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat 30, Isi Kandungan Surat Al-Waqi’ah Ayat 31, Makna Surat Al-Waqi’ah Ayat 32

Category: Surat Al-Waqi'ah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!