Surat As-Saffat Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

رَّبُّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَرَبُّ ٱلْمَشَٰرِقِ

Arab-Latin: Rabbus-samāwāti wal-arḍi wa mā bainahumā wa rabbul-masyāriq

Artinya: Tuhan langit dan bumi dan apa yang berada di antara keduanya dan Tuhan tempat-tempat terbit matahari.

« As-Saffat 4As-Saffat 6 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Mengenai Surat As-Saffat Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam pelajaran menarik dari ayat ini. Ditemukan beragam penafsiran dari banyak ahli ilmu mengenai kandungan surat As-Saffat ayat 5, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dialah pencipta langit dan bumi dan apa yang ada dianatra keduanya, pengatur matahari pada tempat-tempat terbit dan terbenamnya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

5. Tuhan Yang Esa itu adalah Pencipta langit dan bumi serta seisinya dan apa yang ada di antaranya, Dia yang mengaturnya, mengatur matahari ketika di barat dan di timur. Semua itu merupakan tanda kekuasaan dan keesaan-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Rabb langit, Rabb bumi, Rabb apa yang ada di antara langit dan bumi, Rabb matahari di tempat terbit dan terbenamnya sepanjang tahun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5. وَرَبُّ الْمَشٰرِقِ (dan Tuhan tempat-tempat terbit matahari)
Dan matahari setiap harinya memiliki tempat terbit dan tempat terbenam sesuai dengan jumlah hari pada satu tahun, setiap hari ia terbit dari satu tempat dan juga terbenam pada satu tempat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5. Pencipta, penguasa dan pengatur langit dan bumi serta Tuhan tempat terbitnya bintang. Maknanya tempat tnggelamnya juga.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Tuhan langit dan bumi serta apa yang ada di antara keduanya dan Tuhan tempat terbitnya matahari} terbitnya matahari


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

5. “Rabb langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dan Rabb tempat-tempat terbit matahari,” maksudnya, Dia-lah pencipta semua makhluk ini, pemberi Rizki dan pengaturnya. Sebagaimana tiada sekutu bagiNya di dalam rububiyahNya ini, maka tiada sekutu pula bagiNya di dalam uluhiyahNya. Banyak sekali Allah mengukuhkan tauhid uluhiyah dengan tauhid rububiyah, sebab tauhid rububiyah menunjukan kepada tauhid uluhiyah; dan tauhid rububiyah juga telah diakui oleh orang-orang musyrik dalam ibadah, maka dari itu Allah menuntut mereka dengan apa yang mereka akui atas apa yang mereka ingkari.
Dalam ayat ini, secara khusus Allah menyebutkan al-masyariq (tempat terbit matahari) karena dilalahnya kepada maghrib (tempat terbenamnya); atau karena dia merupakan tempat-tempat terbitnya bintang-bintang yang akan Dia sebutkan berikut. Maka dari itu Dia berfirman,


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud bahwa dia berkata tentang firmanNya: (Demi (rombongan) yang bersaf-saf dengan sebenar-benarnya (l)) yaitu para malaikat (dan demi (rombongan) yang melarang dengan sebenar-benarnya (2)) yaitu para malaikat (dan demi (rombongan) yang membaca pelajaran (3)) Mereka juga para malaikat.
Qatadah berkata bahwa para malaikat bershaf-shaf di langit
As-Suddi dan lainnya berkata tentang firmanNya: (dan demi (rombongan) yang melarang dengan sebenar-benarnya) bahwa para malaikat tersebut adalah yang ditugaskan untuk menggiring awan.
Ar-Rabi' bin Anas berkata tentang firmanNya: (dan demi (rombongan) yang melarang dengan sebenar-benarnya) yaitu hal-hal yang dilarang Allah SWT dalam Al-Qur'an. Demikian juga diriwayatkan Malik, dari Zaid bin Aslam. Firman Allah SWT: (dan demi (rombongan) yang membacakan pelajaran) As-Suddi berkata bahwa para malaikat datang dengan membawa kitab dan Al-Qur'an dari sisi Allah kepada manusia. Ayat ini sebagaimana firmanNya: (dan (malaikat-malaikat) yang menyampaikan wahyu (5) untuk menolak alasan-alasan atau memberi peringatan (6)) (Surah Al-Mursalat: 5,6)
Firman Allah: (Sesungguhnya Tuhanmu benar- benar Esa (4) Tuhan langit dan bumi) Inilah yang bersumpah yaitu bahwa Allah itu tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan langit dan bumi, dan apa yang ada di antara keduanya yaitu semua makhluk (dan Tuhan tempat-tempat terbit matahari) yaitu Dialah Dzat yang Maha Merajai yang Mengatur semua makhluk dengan menundukkan semua bintang yang tetap dan yang beredar yang ada padanya terbit dari arah timur dan tenggelam di arah barat. Sudah cukup dengan menyebutkan “Al-Masyariq” daripada “Al-Magharib” untuk menunjukkan makna itu Tetapi, adakalanya dijelaskan seperti pada firmanNya: (Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki Timur dan Barat, sesungguhnya Kami benar-benar maha Kuasa (40)) (Surah Al-Ma’arij) dan dalam ayat lain Allah SWT berfirman: (Tuhan Yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan Yang memelihara kedua tempat terbenamnya (17)) (Surah Ar-Rahman) yaitu di musim dingin dan di musim panas, bagi matahari dan bulan


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 5: Ketahuilah wahai manusia, bahwasanya Tuhan ini (Allah) adalah pencipta langit dan bumi, dan pencipta apa yang di antara keduanya, pencipta timurnya matahari dan baratnya; Dia adalah raja dari raja-raja yang ada. Allah mengumpulkan antara timur dan barat karena setiap harinya matahari selalu berputar di antar timur dan barat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Oleh karena Dia Rabbul ‘alamin (Pencipta, Pengatur, Penguasa dan Pemberi rezeki terhadap alam semesta), maka tidak ada yang berhak disembah selain Dia. Allah Subhaanahu wa Ta'aala sering menggunakan rububiyyah-Nya untuk menunjukkan keberhakan-Nya diibadahi karena memang rububiyyah-Nya menghendaki dan menunjukkan demikian, dan lagi kaum musyrik juga mengakui rububiyyah(kepengaturan)-Nya terhadap alam semesta yang seharusnya membuat mereka beribadah hanya kepada-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 5

Dialah tuhan yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang berada di antara keduanya dan tuhan yang menciptakan tempat-tempat terbitnya matahari, bulan, bintang, planet, dan benda langit lainnya. 6. Sesungguhnya kami telah menghias langit dunia yang terdekat dengan bumi dengan hiasan bintang-bintang dan planet-planet yang begitu indah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penjabaran dari berbagai mufassir mengenai makna dan arti surat As-Saffat ayat 5 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita bersama. Bantu perjuangan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Tersering Dikunjungi

Telaah banyak topik yang tersering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Insyiqaq, Al-Mu’minun, Al-Baqarah 148, At-Taubah 105, At-Tahrim 8, At-Takwir. Juga Al-Isra 26-27, Al-Hujurat 10-12, Al-Alaq 1-5, Ath-Thalaq 2-3, Al-Insyirah 8, At-Taubah 122.

  1. Al-Insyiqaq
  2. Al-Mu’minun
  3. Al-Baqarah 148
  4. At-Taubah 105
  5. At-Tahrim 8
  6. At-Takwir
  7. Al-Isra 26-27
  8. Al-Hujurat 10-12
  9. Al-Alaq 1-5
  10. Ath-Thalaq 2-3
  11. Al-Insyirah 8
  12. At-Taubah 122

Pencarian: surat attahrim ayat 6 dan artinya, al maidah ayat 117, al maidah ayat 86, tulislah arti surah luqman 31 ayat 15, qs an nahl ayat 72

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: