Surat Yasin Ayat 81

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَوَلَيْسَ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ بِقَٰدِرٍ عَلَىٰٓ أَن يَخْلُقَ مِثْلَهُم ۚ بَلَىٰ وَهُوَ ٱلْخَلَّٰقُ ٱلْعَلِيمُ

Arab-Latin: A wa laisallażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa biqādirin 'alā ay yakhluqa miṡlahum, balā wa huwal-khallāqul-'alīm

Artinya: Dan tidaklah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu? Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.

« Yasin 80Yasin 82 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Dengan Surat Yasin Ayat 81

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 81 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasikan pelbagai penjabaran dari berbagai ahli tafsir terhadap makna surat Yasin ayat 81, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bukankah Allah yang telah menciptakan langit, bumi, dan apa yang ada pada keduanya kuasa menciptakan yang semisal dengan mereka dan mengembalikan mereka sebagaimana Dia mengawali penciptaan mereka? benar, Dia mampu untuk itu karena Dia adalah maha pencipta seluruh makhlukNya, maha mengetahui apa yang telah Dia ciptakan, dan akan Dia ciptakan, tidak ada sesuatupun yang samar bagiNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

81. Bukankah yang telah menciptakan langit dan bumi yang besar itu, beserta segala tanda kekuasaan-Nya yang ada di dalamnya, Maha Kuasa untuk menciptakan makhluk seperti mereka dan mengulangi penciptaan mereka seperti yang pertama kali?

Tentu Dia berkuasa melakukan itu. Dzat yang berkuasa menciptakan makhluk yang sangat besar, pasti mampu menciptakan makhluk yang lebih kecil. Dia Maha Menciptakan seluruh makhluk, Maha Mengetahui seluruh ciptaan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

81. Bukanlah Allah yang menciptakan langit dan bumi dengan apa yang ada pada keduanya berupa keagungan berkuasa untuk menghidupkan manusia sesudah mati? Benar, sesungguhnya Allah Mahakuasa atas itu. Dia lah Maha Pencipta yang menciptakan seluruh makhluk, Maha mengetahuinya, tidak ada sesuatu yang samar bagi-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

81. أَوَلَيْسَ الَّذِى خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ بِقٰدِرٍ عَلَىٰٓ أَن يَخْلُقَ مِثْلَهُم ۚ (Dan tidaklah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu?)
Yakni Dzat yang mampu menciptakan langit dan bumi yang merupakan makhluk yang besar ukurannya, adalah Dzat yang mampu mengulangi penciptaan manusia yang berukuran kecil dan berkekuatan lemah.

بَلَىٰ وَهُوَ الْخَلّٰقُ الْعَلِيمُ (Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui)
Yakni Dia mampu melakukan hal itu, Dia Maha Pencipta dan Maha mengetahui dengan sempurna.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

81. Tidakkah pencipta langit dan bumi yang merupakan ujung dari keagungan itu mampu mengembalikan penciptaan manusia yang kecil dan lemah. Tentu saja Dia mampu atas hal itu. Dialah Dzat yang banyak menciptakan (makhluk) dan luas pengetahuanNya tentang setiap sesuatu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Bukankah Dzat yang menciptakan langit dan bumi mampu menciptakan manusia seperti mereka} manusia serupa, lalu mengembalikan mereka sebagaimana mengawali mereka {Tentu saja, Dialah Dzat yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


81. kemudian Allah menyebutkan dalil yang keempat, seraya berfirman, ”tidakkah Rabb yang menciptakan langit dan bumi,” yang begitu luas dan besar ini “berkuasa menciptakan kembali jasad-jasad mereka?” maksudnya, Dia akan kuasa melakukan itu! Sebab penciptaan langit dan bumi itu lebih besar daripada penciptaan manusia.
“dan Dia-lah Maha pencipta lagi Maha Mengetahui.” Ini adalah dalil kelima. Yaitu bahwa sesungguhnya Allah Maha pencipta semua makhluk, dalam proses awalnya dan kemudiannya, yang kecil dan yang besarnya. Semua adalah bekas (tanda) dari bekas-bekas penciptaan dan kekuasaanNYa, dan sesungguhnya tidak ada satu pun makhluk yang sulit bagiNya apabila Dia berkehendak menciptakannya. Jadi, menciptakan kembali orang-orang yang sudah mati merupakan salah satu dari bentuk bekas ciptaanNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 81-83
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan dan mengingatkan atas kekuasaanNya yang agung dalam menciptakan langit yang berlapis tujuh dengan semua bintang yang ada padanya, baik yang tetap maupun beredar, dan bumi yang berlapis tujuh dengan gunung, padang pasir, laut, hutan dan apa saja yang ada di antaranya. dan memberi petunjuk melalui hal tersebut yang menunjukkan atas kekuasaanNya, bahwa Dzat yang Menciptakan segala sesuatu yang agung itu mampu menghidupkan kembali jasad-jasad.
Sebagaimana firman Allah SWT: (Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia) (Surah Ghafir: 57) dan di sini Allah SWT berfirman: (Dan tidakkah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu?) yaitu serupa dengan manusia, maka Dia mengembalikan mereka menjadi sebagaimana Dia memulai penciptaan mereka. Pendapat ini dikatakan Ibnu Jarir. Ayat ini sebagaimana firman Allah SWT: (Dan apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya (bahkan) sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu (33)) (Surah Al-Ahqaf) dan di sini Allah SWT berfirman: (Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui (81) Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, "Jadilah!" Maka terjadilah ia (82)) yaitu sesungguhnya Dia hanya memerintahkan kepada sesuatu dengan sekali perintah, tidak perlu diulangi atau ditegaskan
Firman Allah SWT: (Maka Maha Suci (Allah) yang ditangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan (83)) yaitu menyucikan, dan membersihkan dari keburukan Dzat yang Maha Hidup, Dzat yang Maha terus menerus mengatur makhlukNya yang di tanganNyalah semua kekuasaan langit dan bumi, dan hanya kepadaNyalah semua utusan dikembalikan. MilikNyalah semua makhluk dan semua perkara, dan hanya kepadaNyalah semua hamba dikembalikan pada hari kebangkitan, lalu Dia membalas setiap orang sesuai dengan amal perbuatannya. Dia Maha Adil, Pemberi Nikmat dan Pemberi Karunia. Makna firman Allah SWT: (Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu) sebagaimana firman: (Katakanlah, "Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu ?”) (Surah Al-Mu’minun: 88) dan (Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan) (Surah Al-Mulk: 1) Kala “al-mulk” dan “al-malakut” itu sama, sebagaimana kata “rahmah” dan “rahamut”, “rahbah” dan “rahabut”, serta “jabar” dan “jabarut”. Di antara ulama ada yang menduga bahwa “al-mulk” adalah alam jasad, sedangkan “al-malakut” adalah alam ruh. Pendapat yang benar adalah yang pertama, pendapat itulah yang dipegang oleh mayoritas mufasir dan lainnya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 81: Allah merendahkan orang-orang kafir ini dengan berkata : Bukankah yang menciptakan langit dan bumi serta isinya Maha Mampu untuk menciptakan yang semisal dengan orang-orang tersebut ?? Betul, Dialah yang Maha Menciptakan segala sesuatunya, yang Maha Tahu terhadap makhluk-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dengan keadaan keduanya yang besar dan luas.

Dia mampu menciptakan kembali, karena penciptaan langit dan bumi lebih besar dari penciptaan manusia.

Ini adalah dalil kelima, Dia Maha Pencipta, di mana semua makhluk besar maupun kecil yang terdahulu maupun yang datang kemudian merupakan atsar (bekas) dari ciptaan dan kemampuan-Nya, dan bahwa tidak sulit bagi-Nya menciptakan makhluk jika Dia menghendaki sebagaimana yang diterangkan dalam ayat ayat selanjutnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 81

Demikianlah bukti-bukti kuasa Allah. Dan bukankah Allah yang mampu menciptakan langit dan bumi, mampu pula menciptakan kembali yang serupa itu, yaitu jasad mereka yang sudah hancur' benar. Allah kuasa menciptakannya dan dia maha pencipta segala sesuatu lagi maha mengetahui ciptaan-Nya. 82. Sesungguhnya urusan-Nya menciptakan segala sesuatu sangatlah mudah bagi-Nya. Apabila dia menghendaki untuk menciptakan sesuatu, dia hanya berkata kepadanya, 'jadilah!' maka dengan serta-merta jadilah sesuatu yang dikehendaki-Nya itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penjabaran dari berbagai mufassirun terhadap kandungan dan arti surat Yasin ayat 81 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk ummat. Bantulah usaha kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Sering Dibaca

Tersedia ratusan halaman yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Ayat Kursi, Do’a Sholat Dhuha, Ar-Rahman, Al-Kahfi, Shad 54, Al-Waqi’ah. Serta Al-Mulk, Asmaul Husna, Al-Ikhlas, Al-Baqarah, Yasin, Al-Kautsar.

  1. Ayat Kursi
  2. Do’a Sholat Dhuha
  3. Ar-Rahman
  4. Al-Kahfi
  5. Shad 54
  6. Al-Waqi’ah
  7. Al-Mulk
  8. Asmaul Husna
  9. Al-Ikhlas
  10. Al-Baqarah
  11. Yasin
  12. Al-Kautsar

Pencarian: surat yasin lengkap arab, al baqarah 29, surat fussilat ayat 44, al isra ayat 33, surat ali imran 26-27

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: