Surat Saba Ayat 42

فَٱلْيَوْمَ لَا يَمْلِكُ بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ نَّفْعًا وَلَا ضَرًّا وَنَقُولُ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ ذُوقُوا۟ عَذَابَ ٱلنَّارِ ٱلَّتِى كُنتُم بِهَا تُكَذِّبُونَ

Arab-Latin: Fal-yauma lā yamliku ba'ḍukum liba'ḍin naf'aw wa lā ḍarrā, wa naqụlu lillażīna ẓalamụ żụqụ 'ażāban-nārillatī kuntum bihā tukażżibụn

Artinya: Maka pada hari ini sebahagian kamu tidak berkuasa (untuk memberikan) kemanfaatan dan tidak pula kemudharatan kepada sebahagian yang lain. Dan Kami katakan kepada orang-orang yang zalim: "Rasakanlah olehmu azab neraka yang dahulunya kamu dustakan itu".

« Saba 41Saba 43 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Terkait Dengan Surat Saba Ayat 42

Paragraf di atas merupakan Surat Saba Ayat 42 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran penting dari ayat ini. Terdokumentasikan beberapa penjabaran dari banyak pakar tafsir mengenai makna surat Saba ayat 42, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

maka pada hari kebangkitan, apa-apa yang disembah selain Allah tidak memiliki kuasa apa pun untuk para penyembahnya, tidak manfaat dan tidak pula mudarat, dan Kami berfirman kepada orang-orang yang menzhalimi diri mereka dengan kesyirikan dan kemaksiatan, “Rasakanlah siksa neraka yang dulu kalian dustakan.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

42. Ketika tidak ada lagi alasan bagi kalian, maka habislah harapan kalian; sehingga kalian tidak dapat saling memberi manfaat dan mudharat sebagaimana jin dan manusia dahulu saling membantu.

Kemudian Kami katakan: “Rasakanlah azab neraka yang dahulu selalu kalian dustakan ketika di dunia!”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

42. Pada hari Kebangkitan dan Hisab, apa-apa yang disembah selain Allah di dunia tidak memiliki manfaat apa pun bagi penyembahnya, mereka juga tidak memiliki mudarat apa pun bagi pemuja mereka. Kami berfirman kepada orang-orang yang menganiaya diri mereka dengan kekufuran dan kemaksiatan, "Rasakanlah azab api Neraka yang kalian dustakan ketika di dunia."


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

42. فَالْيَوْمَ لَا يَمْلِكُ بَعْضُكُمْ (Maka pada hari ini sebahagian kamu tidak berkuasa)
Yakni golongan yang disembah.

لِبَعْضٍ(kepada sebahagian yang lain)
Yakni golongan orang yang menyembah.

نَّفْعًا((untuk memberikan) kemanfaatan)
Berupa syafaat dan keselamatan, bukan azab dan kebinasaan.

وَنَقُولُ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ (Dan Kami katakan kepada orang-orang yang zalim)
Yakni yang menzalimi dirinya sendiri dengan menyembah selain Allah.

ذُوقُوا۟ عَذَابَ النَّارِ الَّتِى كُنتُم بِهَا تُكَذِّبُونَ(Rasakanlah olehmu azab neraka yang dahulunya kamu dustakan itu)
Yakni yang kalian dustakan ketika di dunia.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

42. Allah SWT berfirman: “Hari ini adalah hari kiamat. Sebagian kalian yaitu mereka yang disembah tidak memiliki kuasa untuk memberi manfaat berupa syafaat dan pertolongan bagi sebagian lainnya yaitu para penyembah. Tidak pula dapat mencegah azab dan kehancuran karena segala urusan itu milik Allah” Kami juga berkata kepada orang-orang yang menzalimi diri sendiri dan kafir dengan menyembah selain Allah: “Rasakanlah siksa neraka yang kalian dustakan di dunia”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada hari ini sebagian kalian tidak mampu (memberi) manfaat dan pula mudarat kepada sebagian yang lain. Kami berkata kepada orang-orang yang zalim,“Rasakanlah azab neraka yang selalu kalian dustakan”


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

42. Setelah para malaikat berlepas diri dari mereka, maka Allah berfirman seraya menyapa mereka, “Maka pada hari ini, sebagian kamu tidak berkuasa memberikan kemanfaatan dan tidak pula kemudaratan kepada sebagian yang lain,” terputuslah segala bentuk hubungan di antara kalian, dan sebagian dari kalian berlepas diri dari sebagian yang lain. “Dan Kami katakan kepada orang-orang yang zhalim,” disebabkan kekafiran dan kemaksiatan, setelah Kami memasukkan mereka ke neraka, “Rasakanlah olehmu azab neraka yang dahulunya kamu dustakan itu.” Hari ini kalian melihatnya dengan mata kepala, dan kalian memasukinya sebagai balasan atas pendustaan kalian dan sebagai hukuman akibat kalian tidak mau lari dari segala sebab-sebab pendustaan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 40-42
Allah SWT memberitahukan bahwa pada hari kiamat Dia mengecam orang-orang musyrik di hadapan semua makhluk. Lalu Allah menanyai para malaikat yang mereka anggap sebagai sembahan-sembahan mereka yang merka anggap bahwa para malaikat itu dapat mendekatkan diri kepada Allah. Maka Allah berfirman kepada para malaikat: (Apakah mereka ini dahulu menyembah kamu?) yaitu, apakah kalian yang memerintahkan mereka untuk menyembah kalian, sebagaimana Allah berfirman dalam surah Al-Furqan: (Apakah kamu yang menyesatkan hamba-hamba-Ku itu, atau mereka sendiri yang sesat dari jalan (yang benar)?) (Surah Al-Furqan: 17) Demikianlah yang dikatakan para malaikat: (Maha Suci Engkau) yaitu Maha Tinggi dan Maha Suci Engkau, dari adanya tuhan lain bersamaMu (Engkaulah Pelindung kami, bukan mereka) yaitu, kami adalah hamba-hambaMu dan kami berlepas diri kepadaMu dari apa yang mereka lakukan (bahkan mereka telah menyembah jin) yaitu menyembah setan-setan, karena setan-setanlah yang membujuk mereka untuk menyembah berhala-berhala dan menyesatkan mereka (kebanyakan mereka beriman kepada jin itu) Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Yang mereka sembah selain Allah itu tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah setan yang durhaka (117) yang dilaknati Allah) (Surah An-Nisa: 117,118)
Allah SWT berfirman: (Maka pada hari ini sebagian kamu tidak berkuasa (untuk memberikan) kemanfaatan dan tidak pula kemudaratan kepada sebagian yang lain) yaitu kalian tidak akan memperoleh manfaat dari berhala-berhala yang kalian harapkan dan seru saat kalian mendapat kesulitan dan musibah. Pada hari ini mereka tidak memiliki manfaat atau mudharat kepada kalian.
(Dan Kami katakan kepada orang-orang yang zalim) yaitu orang-orang musyrik (Rasakanlah olehmu azab neraka yang dahulunya kamu dustakan itu”) yaitu dikatakan kepada mereka sebagai kecaman dan cemoohan


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Saba ayat 42: Allah mengabarkan, bahwa di hari kiamat, tidak ada yang menolong satu sama lain dengan memberi manfaat dari syafaat serta keselamatan, tidak juga mudharat dari adzab dan kebinasaaan. Kami katakan (kata Allah) kepada orang-orang yang dzhalim dan syirik : Rasakanlah adzab api neraka yang kalian dustakan dan memperolok-olok dengannya di dunia dan segera kalian sungguh akan memasukinya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah para malaikat berlepas diri dari mereka.

Yakni yang disembah tidak berkuasa memberikan apa-apa terhadap yang menyembah.

Setelah mereka masuk ke dalam neraka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Saba Ayat 42

Maka pada hari kiamat ini sebagian kamu yang disembah maupun yang menyembah, sama-sama tidak kuasa mendatangkan manfaat bagi yang lain maupun menolak mudarat dari sebagian yang lain. Dan kami katakan kepada orang-orang yang zalim, yakni yang menyembah selain Allah, 'rasakanlah olehmu azab neraka yang dahulu kamu dustakan. '43. Bila pada ayat-ayat sebelumnya Allah menjelaskan kedurhakaan kaum musyrik kepada Allah, maka pada ayat ini dia menjelaskan kedurhakaan dan pengingkaran mereka kepada rasulullah dan Al-Qur'an. Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat kami yang terang, yakni jelas, mereka berkata, 'orang ini tidak lain hanya ingin menghalang-halangi kamu dari menyembah apa yang selalu disembah oleh nenek moyangmu, ' dan mereka berkata, 'Al-Qur'an ini tidak lain hanyalah kebohongan luar biasa yang diada-adakan saja oleh Muhammad. ' dan orang-orang kafir berkata terhadap kebenaran ketika kebenaran itu, yakni Al-Qur'an, datang kepada mereka, 'ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata. ' (lihat juga: a'-''ff't/37: 14'15 dan al-qamar/54: 2).


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penafsiran dari banyak ahli tafsir berkaitan isi dan arti surat Saba ayat 42 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita. Dukung syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dicari

Ada ratusan materi yang terbanyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Isra 26-27, Al-Insyiqaq, Ath-Thalaq 2-3, At-Tahrim 8, Al-Hujurat 10-12, Al-Alaq 1-5. Ada pula At-Taubah 122, At-Taubah 105, Al-Mu’minun, At-Takwir, Al-Baqarah 148, Al-Insyirah 8.

  1. Al-Isra 26-27
  2. Al-Insyiqaq
  3. Ath-Thalaq 2-3
  4. At-Tahrim 8
  5. Al-Hujurat 10-12
  6. Al-Alaq 1-5
  7. At-Taubah 122
  8. At-Taubah 105
  9. Al-Mu’minun
  10. At-Takwir
  11. Al-Baqarah 148
  12. Al-Insyirah 8

Pencarian: surat az-zumar ayat 53 dan artinya, al baqarah arab, 27 arab, mereka hendak memadamkan cahaya allah, nikmat allah mana lagi yang kau dustakan

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: