Surat Luqman Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هُدًى وَرَحْمَةً لِّلْمُحْسِنِينَ

Arab-Latin: Hudaw wa raḥmatal lil-muḥsinīn

Artinya: Menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan,

« Luqman 2Luqman 4 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Tentang Surat Luqman Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Luqman Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan hikmah berharga dari ayat ini. Ada sekumpulan penafsiran dari para ahli tafsir terkait kandungan surat Luqman ayat 3, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Ayat-ayat ini adalah petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat baik dengan mengamalkan apa yang Allah turunkan di dalam al-Quran dan apa yang diperintahkan kepada mereka oleh RasulNya Muhammad sholallohu alaihi wasallam.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Yaitu petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebajikan dengan melaksanakan hak-hak Rabbnya dan hak-hak hamba-hamba-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. هُدًى وَرَحْمَةً لِّلْمُحْسِنِين (menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan)
Makna (المحسن) adalah orang yang melakukan kebaikan atau orang yang menyembah Allah seakan-akan ia melihat-Nya; sebagaimana disebutkan hadits tentang Jibril yang bertanya kepada Rasulullah, apa itu ihsan? Rasulullah menjawab: “yaitu jika kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya.” Hal ini karena barangsiapa yang merasa diawasi Allah dan mengetahui bahwa Allah selalu melihatnya saat melakukan sesuatu niscaya ia akan menyembah Allah dengan sebaik-baiknya, sehingga ia akan melakukan amal shalih pada waktu yang paling utama dan dengan cara yang paling baik sebagaimana yang diajarkan Rasulullah, yang pada akhirnya kebaikannya akan menjadi sebab bertambahnya hidayah baginya yang merupakan sebab turunnya rahmat yang banyak baginya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Ayat-ayat itu adalah petunjuk dan rahmat bagi orang yang memperbaiki perbuatan mereka dengan Allah, manusia dan dirinya sendiri.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3. akan tetapi, sekalipun Dia mahabijaksana yang mengajak kepada setiap akhlak mulia dan melarang dari setiap akhlak yang tercela, namun kebanyakan manusia tidak mendapat karunia untuk berpedoman kepadanya, tidak mau beriman dan mengamalkannya, kecuali orang yang diberi taufik dan dilindungi oleh Allah, sedangkan mereka bersikap ihsan dalam beribadah kepada Rabbnya, dan berbuat ihsan kepada sesama manusia. Sesungguhnya al-qur’an ini “petunjuk” bagi mereka yang membimbing mereka kepada jalan yang lurus dan mengingatkan mereka dari jalan-jalan (yang dapat menjerumuskan) ke neraka jahim. “dan rahmat” bagi mereka, yang dengannya mereka memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Kebaikan yang berlimpah, pahala yang berlipat ganda, kesenangan dan kesukaan, serta tertolak drai mereka kesesatan dan kesengsaraan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Telah disebutkan dalam surah Al-Baqarah secara umum pembahasan yang berkaitan dengan permulaan surah ini, yaitu bahwa Allah SWT menjadikan Al-Qur'an ini sebagai petunjuk, obat, dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat baik. Mereka adalah orang-orang yang berbuat kebaikan dalam mengikuti syariat, mengerjakan shalat fardu dengan memelihara batasan-batasan dan waktu-waktunya, dan mengerjakan shalat sunah yang mengiringinya baik yang ratib maupun tidak. Mereka menunaikan zakat yang diwajibkan kepada mereka untuk orang-orang yang berhak menerimanya, menyambung silaturahmi dan kerabat mereka, serta beriman kepada hari pembalasan di akhirat. Oleh karena itu mereka berharap atas pahala Allah dalam mengerjakan hal itu. Mereka tidak memamerkannya, dan tidak menghendaki balasan dari manusia serta tidak bersyukur. Barangsiapa yang mengerjakan hal itu dengan demikian, maka dia termasuk orang-orang yang disebutkan Allah SWT: (Mereka itulah orang-orang yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya) yaitu dengan terang dan jelas dan berada pada jalan yang terang dan jelas (dan mereka itulah orang-orang yang beruntung) yaitu di dunia dan akhirat


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Luqman ayat 3: Allah menjelaskan bahwa ayat-ayat ini Kami turunkan kepada Nabi Kami Muhammad ﷺ, yaitu sebagai ayat-ayat petunjuk dan rahmat bagi mereka yangn baik dalam ucapan dan amalan; Serta orang- orang yang muhsin yaitu mereka yang beramal dengan banyak kebaikan, mereka yang menegakkan ibadah kepada Allah dan menyebarkan kebaikan, yaitu mereka yang beribadah kepada Allah dengan ikhlas di atas ilmu, keyakinan dan kebaikan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang menunjukkan mereka ke jalan yang lurus.

Dengannya mereka dapat berbahagia di dunia dan akhirat, memperoleh kebaikan yang banyak, pahala yang besar, kegembiraan dan keberuntungan, serta terhindar dari kesesatan dan kesengsaraan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Luqman Ayat 3

1-3. Alif l'm m'm. Inilah ayat-ayat Al-Qur'an yang meski tersusun dari huruf-huruf yang dikenal oleh masyarakat arab namun mereka tidak mampu membuat tandingannya. Inilah ayat-ayat yang mengandung hikmah dan pelajaran yang tidak bertentangan antara satu ayat dengan lainnya. Kami turunkan Al-Qur'an ini sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan, yaitu mereka yang senantiasa beramal saleh dengan ikhlas. 4-5. Mereka yang berbuat kebajikan itu ialah orang-orang yang melaksanakan salat secara konsisten dan sempurna sesuai syarat dan rukunnya, menunaikan zakat sebagai bukti komitmen sosialnya, dan mereka tanpa keraguan sedikit pun meyakini adanya akhirat. Merekalah orang-orang yang tetap mendapat petunjuk dari tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh ke-beruntung-an hakiki, yakni selamat dari neraka dan masuk surga.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penafsiran dari berbagai mufassirun terhadap kandungan dan arti surat Luqman ayat 3 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Dukung perjuangan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Banyak Dibaca

Telaah ratusan konten yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Insyirah 8, Al-Hujurat 10-12, Ath-Thalaq 2-3, At-Taubah 105, At-Tahrim 8, Al-Mu’minun. Serta At-Taubah 122, Al-Isra 26-27, Al-Alaq 1-5, Al-Insyiqaq, Al-Baqarah 148, At-Takwir.

  1. Al-Insyirah 8
  2. Al-Hujurat 10-12
  3. Ath-Thalaq 2-3
  4. At-Taubah 105
  5. At-Tahrim 8
  6. Al-Mu’minun
  7. At-Taubah 122
  8. Al-Isra 26-27
  9. Al-Alaq 1-5
  10. Al-Insyiqaq
  11. Al-Baqarah 148
  12. At-Takwir

Pencarian: at tur ayat 37, surat annisa ayat 46, al mu min ayat 60, surah taha 1-5 latin, az zariyat latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: