Daftar Isi > Al-Mu'minun > Al-Mu’minun 33

Surat Al-Mu’minun Ayat 33

وَقَالَ ٱلْمَلَأُ مِن قَوْمِهِ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَكَذَّبُوا۟ بِلِقَآءِ ٱلْءَاخِرَةِ وَأَتْرَفْنَٰهُمْ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا مَا هَٰذَآ إِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يَأْكُلُ مِمَّا تَأْكُلُونَ مِنْهُ وَيَشْرَبُ مِمَّا تَشْرَبُونَ

Arab-Latin: Wa qālal-mala`u ming qaumihillażīna kafarụ wa każżabụ biliqā`il-ākhirati wa atrafnāhum fil-ḥayātid-dun-yā mā hāżā illā basyarum miṡlukum ya`kulu mimmā ta`kulụna min-hu wa yasyrabu mimmā tasyrabụn

Artinya: Dan berkatalah pemuka-pemuka yang kafir di antara kaumnya dan yang mendustakan akan menemui hari akhirat (kelak) dan yang telah Kami mewahkan mereka dalam kehidupan di dunia: "(Orang) ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, dia makan dari apa yang kamu makan, dan meminum dari apa yang kamu minum.

« Al-Mu'minun 32Al-Mu'minun 34 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Mu’minun Ayat 33

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 33 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan variasi penjabaran dari kalangan ahli tafsir terkait isi surat Al-Mu’minun ayat 33, misalnya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka para pembesar dan pemuka-pemuka dari kaumnya yang kafir kepada Allah dan mengingkari kehidupan akhirat, yaitu orang-orang yang kemewahan hidup dunia telah menyebabkan mereka bertindak melampaui batas berkata, “Tidaklah orang yang menyeru kalian kepada pengesaan Allah dalam ibadah ini, melainkan manusia biasa seperti kalian, dia makan dari jenis makanan kalian dan minum dari jenis minuman yang sama dengan minuman kalian.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

33. Para pemuka dan pemimpin dari kaumnya yang kafir kepada Allah, yang mendustakan hari Akhirat beserta pahala dan siksa yang ada di dalamnya, serta telah dibutakan dan ditipu oleh berbagai nikmat yang Kami lapangkan bagi mereka di kehidupan dunia ini, mereka berkata kepada para pengikut dan seluruh kaum mereka, "Orang ini tidak lain hanyalah manusia biasa seperti kalian, ia makan dari apa yang kalian makan, dan minum dari apa yang kalian minum, sungguh ia tidak memiliki keistimewaan sama sekali sehingga harus diutus sebagai rasul bagi kalian.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

33-34. Para pemuka kaumnya yang kafir dan mengingkari hari kebangkitan, serta hidup dalam kemewahan berkata: “Hud hanyalah manusia biasa seperti kalian, dia makan seperti apa yang kalian makan dan minum seperti apa yang kalian minum. Sungguh jika kalian mengikuti manusia biasa seperti kalian niscaya kalian telah merugi karena telah berpaling dari berhala-berhala kalian.”


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

33. وَقَالَ الْمَلَأُ مِن قَوْمِهِ (Dan berkatalah pemuka-pemuka yang kafir di antara kaumnya)
Yakni para pembesar dan pemimpin mereka.

الَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَكَذَّبُوا۟ بِلِقَآءِ الْاٰخِرَةِ (yang mendustakan akan menemui hari akhirat)
Yakni kejadian yang ada di akhirat seperti hisab dan pembalasan.

وَأَتْرَفْنٰهُمْ (dan yang telah Kami mewahkan mereka)
Yakni Kami luaskan kenikmatan dunia bagi mereka sehingga mereka menjadi angkuh.

فِى الْحَيَوٰةِ الدُّنْيَا (dalam kehidupan di dunia)
Karena harta mereka yang banyak dan kehidupan mereka yang mewah.

يَأْكُلُ مِمَّا تَأْكُلُونَ مِنْهُ (dia makan dari apa yang kamu makan)
Dan bagi mereka itu menjadikannya tidak memiliki suatu kelebihan dari mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

33. Berkatalah para pemuka kafir di antara kaumnya yang mengingkari Allah dan rasul-Nya serta mendustakan hari akhirat beserta siksa dan pahalanya. Kami mewahkan mereka dalam kehidupan di dunia dengan berbagai keluasan rizki dan anak, sehingga mereka berkata: "Orang ini (yaitu nabi Hud) tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, dia makan dari apa yang kamu makan, dan meminum juga dari apa yang kamu minum. Kalau memang Allah mengutusnya sebagai rasul, pasti Allah telah menjadikannya sebagai malaikat.”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Para pemuka kaumnya yang ingkar, mendustakan pertemuan di akhirat, dan mereka yang telah Kami beri kemewahan} Kami telah memberi nikmat dan keluasan {di kehidupan di dunia berkata,“Orang ini tidak lain hanyalah manusia seperti kalian. Dia makan apa yang kalian makan dan minum apa yang kalian minum


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

33 Kemudian berkatalah, “pemuka-pemuka yang kafir dari kaumnya dan yang mendustakan akan menemui Hari Akhirat (kelak) dan yang telah kami mewahkan mereka dalam kehidupan di dunia,” maksudnya para pembesar yang telah menggabungkan antara kekufuran, permusuhan dan pengingkaran terhadap hari kebangkitan dan pembalasan, serta kehidupan mewah di dunia telah menyebabkan mereka melampaui batas sebagai perlawanan terahadap nabi mereka dan pendustaan serta peringatan (kepada manusia) darinya berkata,” (orang) ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu,” maksudnya dari komunitas kalian, “dia makan dari apa yang kamu makan dan meminum dari apa yang kmau minum,” lalu sisi apakah yang melebihkan dia di atas kalian? Kenapa ia tidak berupa malaikat yang tidak makan makanan dan tidak minum minuman?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 33: Yakni di mana kelebihannya di atas kamu?


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 33

Kaum 'ad menolak dakwah nabi hud. Dan berkatalah para pemuka orang kafir dari kaumnya, yaitu tidak beriman kepada Allah dan rasul-Nya, dan yang mendustakan pertemuan hari akhirat di mana mereka akan mendapat balasan atas segala amal perbuatan mereka, serta mereka yang telah kami beri kemewahan dan kesenangan dalam kehidupan di dunia berupa harta yang melimpah, keturunan yang banyak, 'orang ini, yakni nabi hud, tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, dia makan apa yang kamu makan, dan dia minum apa yang kamu minum. Tidak ada keistimewaan pada dirinya yang memantaskan dia menjadi utusan tuhan. '34-35. Melanjutkan ucapan tersebut, para pemuka kaum 'ad yang kafir itu berkata, 'dan sungguh demi tuhan kita, jika kamu menaati manusia seperti kamu dalam apa yang ia perintahkan dan ia larang, dan kamu meninggalkan tuhan-tuhan kalian, niscaya kamu pasti akan rugi. Adakah dia menjanjikan kepada kamu bahwa apabila kamu telah mati dan dikubur, kemudian sebagian menjadi tanah dan/atau tulang belulang, lalu sesungguhnya kamu akan dikeluarkan dari kubur kamu untuk menerima balasan''.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah pelbagai penjabaran dari kalangan ahli ilmu mengenai isi dan arti surat Al-Mu’minun ayat 33 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita. Sokong usaha kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: