Surat Al-Isra Ayat 92

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَوْ تُسْقِطَ ٱلسَّمَآءَ كَمَا زَعَمْتَ عَلَيْنَا كِسَفًا أَوْ تَأْتِىَ بِٱللَّهِ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةِ قَبِيلًا

Arab-Latin: Au tusqiṭas-samā`a kamā za'amta 'alainā kisafan au ta`tiya billāhi wal-malā`ikati qabīlā

Artinya: Atau kamu jatuhkan langit berkeping-keping atas kami, sebagaimana kamu katakan atau kamu datangkan Allah dan malaikat-malaikat berhadapan muka dengan kami.

« Al-Isra 91Al-Isra 93 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Mengenai Surat Al-Isra Ayat 92

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 92 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran berharga dari ayat ini. Diketemukan kumpulan penjelasan dari kalangan pakar tafsir berkaitan makna surat Al-Isra ayat 92, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Atau engaku jatuhkan langit dalam kepingan-kepingan kecil kepada kami sebagaimana engkau klaim, atau engkau datangkan Allah dan malaikatNya kepaada kami sehingga kami dapat menyaksikan mereka di depan kami dengan mata kepala kami.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

92. Atau sampai langit menjatuhkan azab kepada kami sebagaimana yang engkau ancamkan, atau hingga engkau mendatangkan Allah dan para Malaikat-Nya secara nyata, agar mereka sendirilah yang bersaksi tentang kebenaran wahyu yang engkau klaim.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

92. أَوْ تُسْقِطَ السَّمَآءَ كَمَا زَعَمْتَ عَلَيْنَا كِسَفًا (atau kamu jatuhkan langit berkeping-keping atas kami sebagaimana kamu katakan)
Yakni terpecah belah.

أَوْ تَأْتِىَ بِاللهِ وَالْمَلٰٓئِكَةِ قَبِيلًا(atau kamu datangkan Allah dan malaikat-malaikat berhadapan muka dengan kami)
Yakni terlihat dengan mata kepala sehingga Kami dapat melihat mereka dengan mata kami dan mereka menghadap kepada kami.
Pendapat lain mengatakan yakni agar didatangkan malaikat sesuai golongannya masing-masing secara bergantian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

92. Atau kamu memohon agar diturunkan sebagian potongan dari langit sebagaimana yang kamu anggap dan akui sebagai ancaman Allah kepada Kami, atau kamu mendatangkan Allah supaya kami bisa melihatNya dengan mata telanjang, serta malaikat supaya Kami bisa melihatnya langsung dalam kumpulan-kumpulan yang mana mereka bersaksi untukmu atas kebenaran risalahmu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Atau kamu menjatuhkan langit berkeping-keping} berkeping-keping {kepada kami, sebagaimana kamu telah mengatakannya, atau kamu datangkan Allah dan para malaikat berhadapan muka dengan kami} berpandangan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

89-93. Allah berfirman, “Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulang kepada manusia dalam al-Quran ini tiap-tiap macam perumpamaan,” maksudnya Kami telah memvariasikan nasihat-nasihat dan perumpamaan-perumpamaan. Kami mengulang-ulangi maknanya supaya para hamba itu bisa mengambil pelajaran, sehingga mereka akan menjadi ingat dan takut kepada Allah. Akan tetapi, hanya sedikit dari mereka yang ingat. Yaitu orang-orang yang telah Allah tetapkan dengan kebahagiaan dan membantu mereka dengan taufikNya. Adapun kebanyakan manusia, maka mereka enggan berbuat kecuali mengingkari kenikmatan yang sangat besar dari segala besar dari segala sisi. Mereka menampik tanda-tanda kebesaran Allah terhadap beliau dengan usulan ayat-ayat yang mereka buat sendiri yang zhalim lagi bodoh.
Mereka berkata kepada Rasulullah yang datang membawa al-Quran yang penuh dengan petunjuk dan ayat-ayatNya, “Kami sekali-kali tidak percaya kepadamu hingga kamu memancarkan mata air dari bumi untuk kami,” yaitu sungai yang mengalir, “atau kamu mempunyai sebuah kebun kurma dan anggur,” sehingga kamu tidak perlu berjalan bolak-bail keluar masuk pasar “atau kamu jatuhkan langit berkeping-keping atas kami, sebagaimana kamu katakan,” sebagai bagian dari azab “atau kamu datangkan Allah dan malaikat-malaikat berhadapan dan dapat dilihat langsung, mempersaksikan kebenaran risalah yang engkau bawa. “Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas,” yaitu rumah yang berhiaskan emas dan benda mulia lainnya “atau kamu naik ke langit,” dengan cara naik yang bisa disaksikan indera “dan” meskipun demikian “kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah Kitab yang kami baca.”
Maka ketika penentangan, upaya-upaya pelumpuhan, dan perkataan orang yang paling bodoh dan paling zhalim ini mengandung penolakan terhadap kebenaran, sikap kurang ajar terhadap Allah, dan (pemaksaan) terhadap Rasulullah supaya mendatangkan ayat-ayat, maka Allah memerintahkan beliau supaya menyucikanNya. Allah berfirman, “Katakanlah, ‘Mahasuci Rabbku’,” dari perkataan kalian (yang rusak) dengan penyucian yang setinggi-tingginya. Mahasuci Allah dari menjadikan hukum-hukum dan ayat-ayatNya mengikuti hawa nafsu mereka yang rusak dan pemikiran mereka yang sesat. “Bukankah aku ini melainkan (hanya) seorang manusia yang menjadi rasul?” yang tidak memiliki kekuasaan sama sekali.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 90-93
Firman Allah SWT: (hingga kamu memancarkan mata air dari bumi untuk kami) “Yanbu'” adalah mata air yang mengalir. Mereka meminta kepada beliau agar mengalirkan banyak mata air untuk mereka di ber­bagai wilayah Hijaz. Demikian itu mudah bagi Allah SWT; jika Dia menghendaki, maka Dia bisa mem­buatnya dan memenuhi apa yang mereka minta dan tuntut kepada beliau. Tetapi Allah mengetahui bahwa mereka tidak akan mendapatkan petunjuk, Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya orang-orang yang telah pasti terhadap mereka kalimat Tuhanmu, tidaklah akan beriman (96) meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan, hingga mereka menyaksikan azab yang pedih (97)) (Surah Yunus) dan (Kalau sekiranya Kami turunkan malaikat kepada mereka, dan orang-orang yang telah mati berbicara dengan mereka, dan Kami kumpulkan (pula) segala sesuatu ke hadapan mereka, niscaya mereka tidak (juga) akan beriman kecuali jika Allah menghendaki. Tapi kebanyakan mereka tidak mengetahui (arti kebenaran) (111)) (Surah Al-An'am)
Firman Allah: (atau kamu jatuhkan langit berkeping-keping atas kami, seba­gaimana kamu katakan) yaitu engkau telah mengancam kami bahwa di hari kiamat langit akan terbelah, lemah, dan bergelayutan pinggir-pinggirnya. Maka segera­kanlah terjadinya peristiwa itu di dunia ini, dan runtuhkanlah langit berke­ping-keping atas kami. sebagaimana firmanNya: (Ya Allah jika betul (Al-Qur'an) ini, dialah yang benar dari sisi Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih) (Surah Al-Anfal: 32)
(Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas) Mujahid dan Qatadah berkata bahwa maknanya adalah emas (atau kamu naik ke langit) yaitu, kamu naik ke langit memakai tangga itu, dan kami menyaksikannya (Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca)
Firman Allah SWT: (Katakanlah, "Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya se­orang manusia yang menjadi rasul?”) Maha Suci dan Maha Tinggi Allah, tidaklah pantas jika ada seseorang berani mengatur di hadapanNya suatu perkara yang menjadi ke­kuasaanNya di kerajaanNya. Bahkan Dia adalah Maha Melakukan sesuai dengan apa yang Dia kehendaki; jika Dia menghendakinya, maka Dia mem­perkenankan apa yang kalian minta itu. Dan jika Dia tidak menghendaki­nya, maka Dia tidak akan memperkenankannya. dan aku ini tidak ada lain hanyalah seorang utusan kepada kalian yang menyampaikan risalah-risalah Tuhanku dan memberi nasihat kepada kalian. Hal itu telah aku lakukan, sedangkan perkara yang kalian minta itu terserah kepada Allah SWT


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 92

Atau engkau jatuhkan langit berkeping-keping atas kami, sebagaimana engkau katakan dalam ancamanmu kepada kami, atau engkau datangkan Allah dan para malaikat datang ke muka bumi berhadapan muka dengan kami, dan kami pun melihatnya dengan mata kepala, atau engkau mempunyai sebuah rumah yang terbuat dari emas, atau kami lihat engkau naik ke langit tingkat demi tingkat. Dan kami tidak akan mempercayai kenaikanmu ke langit itu sebelum engkau turunkan kepada kami sebuah kitab untuk kami baca. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, mahasuci tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul' aku hanya diutus untuk menyampaikan wahyu Allah kepadamu, dan tidak ada kemampuan bagi seorang rasul berbuat sesuatu kecuali atas izin Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penafsiran dari beragam ahli tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Isra ayat 92 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita bersama. Sokonglah dakwah kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Tersering Dilihat

Nikmati banyak halaman yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: An-Naas, ‘Abasa, Al-Fatihah 6, Luqman 13, Maryam, Dua (2) Terakhir al-Baqarah. Termasuk Al-Baqarah 285-286, At-Taubah 40, Al-Lail, Yasin 9, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32.

  1. An-Naas
  2. ‘Abasa
  3. Al-Fatihah 6
  4. Luqman 13
  5. Maryam
  6. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  7. Al-Baqarah 285-286
  8. At-Taubah 40
  9. Al-Lail
  10. Yasin 9
  11. Al-Hujurat 10
  12. Al-Ma’idah 32

Pencarian: an nisa 123, surah sajadah, ayat 13, surat al-a'raf, surat 27 ayat 2

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: