Surat Al-Isra Ayat 55

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ ٱلنَّبِيِّۦنَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ وَءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ زَبُورًا

Arab-Latin: Wa rabbuka a'lamu biman fis-samāwāti wal-arḍ, wa laqad faḍḍalnā ba'ḍan-nabiyyīna 'alā ba'ḍiw wa ātainā dāwụda zabụrā

Artinya: Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud.

« Al-Isra 54Al-Isra 56 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Mengenai Surat Al-Isra Ayat 55

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 55 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam pelajaran berharga dari ayat ini. Didapatkan bermacam penjelasan dari berbagai mufassirun berkaitan makna surat Al-Isra ayat 55, di antaranya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan tuhanmu (wahai rasul), lebih mengetahui siapa saja yang berada di langit dan di muka bumi. Dan sesungguhnya kami telah melebihkan sebagian nabi di atas sebagian yang lain dengan berbagai keutamaan, jumlah pengikutnya lebih banyak dan diturunkannya kitab-kitab. Dan kami telah memberikan Zabur kepada daud.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

55-57. Hai Rasulullah, Tuhanmu Maha Mengetahui siapa yang ada di tujuh langit dan bumi ini, Dia mengistimewakan siapa yang Dia kehendaki dengan sesuatu yang Dia kehendaki. Sungguh Kami telah mengutamakan sebagian para nabi atas sebagian lainnya dengan memberi mereka kitab, pengikut yang banyak, berfirman kepada mereka secara langsung, dan keutamaan-keutamaan lainnya. Dan Nabi Daud telah diutamakan dengan kitab Zabur.

Katakanlah: “Panggillah orang-orang yang dahulu kalian anggap sebagai tuhan-tuhan selain Allah, agar mereka memberi kalian syafaat; mereka tidak akan mampu mengangkat siksaan dari kalian dan tidak dapat mengalihkan azab kepada orang lain.”

Para nabi, malaikat, dan orang-orang shalih yang memiliki derajat yang tinggi yang disembah orang-orang musyrik itu, adalah orang-orang yang selalu berusaha mendekat kepada Allah dengan ketaatan dan ibadah, mereka selalu ingin menjadi hamba yang paling dekat dengan Allah dan senantiasa memohon rahmat-Nya dan takut dari azab-Nya. sungguh azab Tuhanmu sangat berat sehingga layak untuk dijauhi.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

55. Dan Tuhanmu -wahai Rasul- lebih mengetahui siapa yang ada di langit dan di bumi, Dia lebih mengetahui keadaan mereka, dan hak-hak yang harus mereka dapatkan, dan sungguh Kami telah memberikan kelebihan kepada sebagian Nabi-Nabi atas sebagian lainnya berupa kelebihan banyaknya pengikut dan diturunkannya kitab pada mereka, dan Kami telah berikan Daud suatu kitab bernama Zabur.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَن فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۗ (Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi)
Yakni lebih mengetahui diri, keadaan, dan hak mereka.

وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيِّۦنَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ( Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain))
Seperti Allah telah menjadikan nabi Ibrahim sebagai Khalil (hamba terkasih-Nya), menjadikan nabi Musa sebagai kalim (orang yang diajak Allah berbicara secara langsung), menciptakan Nabi Isa dari kalimat dan ruh-Nya, memberi Nabi Sulaiman kerajaan yang besar, dan mengampuni Nabi Muhammad segala dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.

وَءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ زَبُورًا (dan Kami berikan Zabur kepada Daud)
Kitab Zabur berisi nasehat-nasehat dan bacaan-bacaan zikir.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55. Tuhanmu lebih tahu tentang keadaan seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi, lalu Dia memilih salah satu di antara mereka untuk menerima nubuwwah. Dan sungguh Kami telah mengutamakan sebagian nabi atas nabi lainnyya dengan beberapa kelebihan, seperti menjadikan Ibrahim sebagai Khalil (sahabat), Musa sebagai kalim (orang yang bisa bercakap-cakap), Isa sebagai kalimat dan ruh Allah, Sulaiman sebagai pemilik kerajaan yang agung dan mengistimewakan Muhammad dengan Isra’ Mi’raj dan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan akan datang, serta menjadikannya sebagai penutup para nabi, dan Kami berikan Zabur kepada Dawud.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang di langit dan di bumi. Sungguh Kami telah melebihkan sebagian nabi-nabi atas sebagian lain dan Kami anugerahkan Zabur kepada Daud (55)} kitab yaitu Zabur, seluruh isinya tentang pujian, penghormatan dan sanjungan kepada Allah


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55. “Dan Rabbmu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan bumi,” dari segala macam makhluk. Kemudian Dia memberikan sesuatu yang menjadi hak mereka dan sesuai dengan tuntutan hikmahNya. Dia mengutamakan sebagian di atas sebagian yang lainnya pada semua perangai yang hissi (inderawi) maupun maknawi. Sebagaimana Allah mengutamakan sebagian nabiNya –yang diberi (bekal) wahyu- di atas nabi-nabi yang lain, dengan aneka keutamaan dan macam-macam keistimewaan yang bersumber pada karunia yang Allah curahkan kepada mereka, berupa sifat-sifat terpuji, akhlak yang diridhai, amal shalih, banyaknya pengikut, diiturunkannya kitab kepada sebagian mereka yang memuat hukum-hukum syariat dan akidah yang diridhai, sebagaimana Allah telah menurukan kitab Zabur kepada nabi Dawud. Ia adalah kitab yang sudah dimaklumi bersama.
Apabila Allah telah mengutamakan sebagian nabi di atas sebagian yang lain, dan memberikan kepada sebagian mereka sebuah kitab, maka mengapa para pendusta itu mengingkari sesuatu yang telah diturunkan Allah kepada nabi Muhammad berupa kenabian dan al-Quran?


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 54-55
Allah SWT berfirman: (Tuhan kalian lebih mengetahui tentang kalian) wahai manusia, yaitu Tuhan kalian lebih mengetahui siapa yang layak dan yang tidak layak mendapatkan petunjuk di antara kalian" (Dia akan memberi rahmat kepada kalian jika Dia menghendaki) yaitu dengan memberi taufik kepada kalian untuk taat dan kembali kepadaNya (dan Dia akan mengazab kalian, jika Dia menghendaki. Dan Kami tidaklah mengutusmu) wahai Muhammad (untuk menjadi penjaga bagi mereka) yaitu sesungguhnya Kami mengutus kamu hanya sebagai pemberi peringatan. Maka barangsiapa yang taat kepadamu, maka dia masuk surga, dan barangsiapa yang durhaka kepadamu maka akan masuk neraka.
Firman Allah: (Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi) yaitu tentang tingkatan mereka dalam ketaatan dan kedurhakaan (Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain)) Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas seba­gian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat) (Surah Al-Baqarah: 253)
Firman Allah: (dan Kami berikan Zabur kepada Daud) peringatan tentang keutamaan dan kemuliaannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 55: Dengan beragam makhluk yang ada. Dia memberikan masing-masingnya sesuai yang dikehendaki hikmah-Nya, Dia melebihkan sebagiannya di atas sebagain yang lain, baik secara hissiy (nampak) maupun maknawi (tidak nampak) sebagaimana Dia melebihkan sebagian nabi di atas nabi yang lain, baik dalam hal sifat yang terpuji, akhlak yang diridhai, amal yang saleh, banyak pengikut, turunnya kitab-kitab atas sebagian mereka yang mengandung hukum-hukum syar’i dan ‘aqidah yang benar, sebagaimana Dia menurunkan kepada Nabi Dawud kitab Zabur. Jika Allah Ta’ala telah melebihkan sebagian nabi di atas sebagian yang lain dan telah memberikan kitab-kitab kepada sebagian mereka, lalu mengapa orang-orang yang mendustakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengingkari apa yang diturunkan Allah Subhaanahu wa Ta'aala kepada Beliau dan karunia yang diberikan-Nya berupa kenabian dan kitab?

Dengan mengkhususkan sebagian mereka dengan keutamaan di atas sebagian yang lain, seperti keutamaan Nabi Musa ‘alaihis salam dengan diajak bicara oleh Allah, Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dijadikan sebagai kekasih-Nya, serta diisrakan-Nya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 55

Dan tuhanmu lebih mengetahui siapa yang ada di langit dan di bumi dari sekalian makhluk-Nya, dan dia memilih di antara makhluk-Nya itu nabi-nabi yang diutus untuk memberikan peringatan dan petunjuk kepada kaumnya. Dan sungguh, telah kami lebihkan keutamaan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian yang lain, dan di antara kelebihan itu ialah kami berikan kitab zabur kepada nabi dawud. Katakanlah wahai nabi Muhammad kepada kaum musyrik, panggillah mereka yang kamu anggapsebagai tuhan selain Allah, seperti nabi isa, nabi uzair, para malaikat, atau siapa pun yang dianggap oleh sebagian orang sebagai tuhan mereka selain Allah, dan mintalah kepadanya agar mendatangkan manfaat kepadamu atau menghilangkan bahaya yang menimpamu, maka mereka tidak akan mempunyai kekuasaan sedikit pun untuk menghilangkan bahaya daripadamu dan tidak pula mampu memindahkannya sehingga tidak menimpa kamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjabaran dari kalangan pakar tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Isra ayat 55 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita bersama. Dukung perjuangan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Tersering Dikunjungi

Terdapat berbagai halaman yang tersering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 6, ‘Abasa, An-Naas, Maryam, At-Taubah 40, Yasin 9. Termasuk Al-Lail, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Baqarah 285-286, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32, Luqman 13.

  1. Al-Fatihah 6
  2. ‘Abasa
  3. An-Naas
  4. Maryam
  5. At-Taubah 40
  6. Yasin 9
  7. Al-Lail
  8. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  9. Al-Baqarah 285-286
  10. Al-Hujurat 10
  11. Al-Ma’idah 32
  12. Luqman 13

Pencarian: an-nahl ayat 125, an nisa 58, surat an naba ayat 1-40, qs ar rum, surat yasin ayat 82

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: