Surat An-Nahl Ayat 19

وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تُسِرُّونَ وَمَا تُعْلِنُونَ

Arab-Latin: Wallāhu ya'lamu mā tusirrụna wa mā tu'linụn

Artinya: Dan Allah mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan.

« An-Nahl 18An-Nahl 20 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Berkaitan Surat An-Nahl Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nahl Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir berharga dari ayat ini. Didapatkan beragam penjabaran dari banyak ulama tafsir terhadap kandungan surat An-Nahl ayat 19, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Allah mengetahui seluruh amal perbuatan kalian, baik yang kalian rahasiakan pada jiwa kalain maupun yang kalian tampakkan kepada orang lain, dan Dia akan memberikan balasan kepada kalain atas perbuatan-perbuatan tersebut.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

19. Allah mengetahui segala perkataan dan perbuatan yang kalian rahasiakan maupun yang kalian tampakkan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Allah mengetahui -wahai para hamba- amalan yang kalian sembunyikan dan amalan yang kalian perlihatkan, tidak ada sesuatu yang tesembunyi bagi Allah, dan Dia akan membalas kalian karenanya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تُسِرُّونَ (Dan Allah mengetahui apa yang kamu rahasiakan)
Yakni urusan-urusan yang kalian rahasiakan.

وَمَا تُعْلِنُونَ(dan apa yang kamu lahirkan)
Yakni urusan-urusan yang kalian nampakkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Allah Maha Mengetahui atas segala apa yang kamu rahasiakan maupun yang kamu ungkapkan dari akidah, niat, batin maupun amal-amal. Ini adalah janji atas kesyirikan dan amal-amal yang buruk


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Allah mengetahui apa yang kalian rahasiakan dan apa yang kalian tampakkan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19-20. sebagaimana rahmatNya luas, kebaikanNya merata, dan ampunannya menghampiri seluruh hambaNYa, maka ilmuNya pun meliputi mereka semua. Dia mengetahui ungkapan yang mereka sembuyikan dan ucapan yang mereka nyatakan. Berbeda halnya dengan obyek yang disembah selain Allah, sesungguhnya mereka ini, ”tidak dapat membuat sesuatu appaun” sedikit ataupun banyak. ”sedang berhala berhala itu (sendiri) dibuat orang” bagaimana mungkin mereka bisa membuat sesuatu kalau masih membutuhkan Allah untuk mengadakan wujud mereka?


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 19-21
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia mengetahui apa yang terkandung di dalam hati dan semua rahasia, sebagaimana Dia mengetahui hal-hal yang tampak. Dia akan membalas kepada setiap orang sesuai dengan amalnya pada hari kiamat. Jika baik, maka balasannya kebaikan dan jika buruk maka balasannya keburukan. Kemudian Dia memberitahukan bahwa berhala-berhala yang mereka seru selain Allah itu tidak dapat membuat sesuatu apapun, dan mereka dibuat, sebagaimana nabi Ibrahim berkata (Apakah kalian menyembah patung-patung yang kalian pahat itu? (95) Padahal Allah-lah yang menciptakan kalian dan apa yang kalian perbuat itu? (96)) (Surah Ash-Shaffat)
Firman Allah: ((Berhala-berhala itu) benda mati, tidak hidup) yaitu, benda-benda mati tidak bernyawa, jadi tidak bisa mendengar, tidak melihat, dan tidak berakal. (dan berhala-berhala itu tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan) yaitu tidak mengetahui kapankah hari kiamat itu terjadi. Maka bagaimana bisa diharapkan darinya manfaat, pahala atau balasan? Sesungguhnya yang diharapkan manfaat, pahala, dan balasannya hanyalah Dzat yang mengetahui segala sesuatu, Dia adalah Dzat yang mencipta­kan segala sesuatu.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata; (مَا تُسِرُّونَ وَمَا تُعۡلِنُونَ) maa tusirruuna wa maa tu’linuun : “apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu tampakkan.” Berupa makar kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam serta gangguan secara terang-terangan kepadanya, ini jika dilihat dari sisi penduduk kota Mekah, namun pembicaraan mengarah kepada mereka pertama dan secara umum berdasarkan lafaz. Maka Allah ta’ala mengetahui segala yang disembunyikan dan ditampakkan dari seseorang.

Makna ayat:
Firman-Nya “Dan Allah mengetahui apa yang kalian rahasia dan tampakkan.” Ini adalah tanda lain dari kekuatan, ilmu, hikmah, dan nikmat pada pada konteks ayat yang mulian ini. Hanya Allah-lah yang mengetahui rahasia dan zahir manusia, dan Dia mengetahui kebutuhan dan permintaan mereka, jika mereka memusuhi dan kufur kepada-Nya, bagaimana bisa mereka hidup dengan nyaman? Karena konteks ayat adalah dalam rangka mendakwahi kaum musyrikin Mekah menuju iman dan tauhid, maka ayat ini merupakan peringatan bagi mereka, bahwa Allah mengetahui makar mereka kepada Rasul-Nya, rencana jahat di malam hari, dan gangguan mereka di kala siang hari. Ayat ini mengandung ancaman bagi kepada orang-orang kafir Mekah.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat An-Nahl ayat 19: Sebagaimana rahmat-Nya begitu luas, kepemurahan-Nya merata, dan ampunan-Nya mengena kepada semua hamba, demikian pula ilmu-Nya meliputi mereka. Dia mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka tampakkan, berbeda dengan sesembahan selain-Nya, di mana mereka (berhala-berhala) tidak sanggup mencipta, sedangkan mereka sendiri dicipta.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nahl Ayat 19

Dan tidak saja mahakuasa dan maha pencipta, ketahuilah wahai manusia bahwa Allah mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan sembunyikan dalam hatimu, dan dia mengetahui pula apa yang kamu lahirkan dan nyatakan dalam bentuk ucapan dan tindakan. Tidak satu hal pun yang dapat kamu sembunyikan dari Allah. Dan berhala-berhala yang mereka seru, sembah, dan mintai pertolongan selain Allah itu tidak akan dapat membuat dan menciptakan sesuatu apa pun untuk mereka, sedang berhala-berhala itu dibuat oleh orang, bahkan tidak jarang oleh penyembahnya sendiri.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari banyak ulama terkait isi dan arti surat An-Nahl ayat 19 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Bantulah kemajuan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dibaca

Kaji berbagai konten yang paling sering dibaca, seperti surat/ayat: An-Nur 2, Al-Isra 23, Al-Ma’idah 2, Al-Hujurat 12, Al-Mujadalah 11, Az-Zalzalah. Juga Al-Baqarah 286, Yunus 40-41, At-Takatsur, Asy-Syams, Ali Imran, Al-Baqarah 83.

  1. An-Nur 2
  2. Al-Isra 23
  3. Al-Ma’idah 2
  4. Al-Hujurat 12
  5. Al-Mujadalah 11
  6. Az-Zalzalah
  7. Al-Baqarah 286
  8. Yunus 40-41
  9. At-Takatsur
  10. Asy-Syams
  11. Ali Imran
  12. Al-Baqarah 83

Pencarian: an nur litequran, an nahl ayat 68, an nahl ayat 43, as shaff, hadits tentang sedekah beserta arabnya

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: