Surat Al-Hijr Ayat 2

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

رُّبَمَا يَوَدُّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ لَوْ كَانُوا۟ مُسْلِمِينَ

Arab-Latin: Rubamā yawaddullażīna kafarụ lau kānụ muslimīn

Artinya: Orang-orang yang kafir itu seringkali (nanti di akhirat) menginginkan, kiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang-orang muslim.

« Al-Hijr 1Al-Hijr 3 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Hijr Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan mendalam dari ayat ini. Diketemukan sekumpulan penjelasan dari para mufassir mengenai makna surat Al-Hijr ayat 2, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang kafir akan berandai-andai ketika mereka melihat keluarnya para pelaku maksiat dari kalangan orang-orang mukmin dari neraka, sekiranya mereka dahulu juga bertauhid kepada Allah agar dapat keluar sebagaimana mereka keluar.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

2. Mungkin orang-orang kafir akan berharap seandainya mereka dahulu beriman kepada Allah, ketika mereka telah melihat kerasnya azab pada hari kiamat, karena orang-orang beriman dapat masuk surga dan sebagian lain dapat keluar dari neraka melalui syafaat.

Shalih bin Abi Tharif berkata, aku bertanya kepada Abu Sa’id al-Khudri: “Apakah kamu pernah mendengar Rasulullah menjelaskan ayat (ربما يود الذين كفروا لو كانوا مسلمين) ?”

Dia menjawab, “Ya, aku pernah mendengar Rasulullah bersabda: Allah mengeluarkan sebagian orang-orang beriman dari neraka setelah memberi balasan atas dosa mereka.”

Beliau melanjutkan: “Ketika Allah memasukkan mereka ke neraka bersama orang-orang musyrik, maka orang-orang musyrik itu berkata: ‘Bukankah kalian di dunia berkata kalian adalah para kekasih Allah, tapi mengapa kalian sekarang di neraka bersama kami?’

Allah mendengar perkataan mereka sehingga mengizinkan syafaat bagi mereka. Maka para malaikat dan para nabi memberi syafaat bagi mereka sehingga mereka dapat keluar dari neraka dengan izin Allah.

Ketika mereka keluar dari neraka, orang-orang musyrik berkata: ‘Andai saja kami dahulu beriman seperti mereka, sehingga kami mendapat syafaat dan keluar dari neraka.’ Itulah makna firman Allah(ربما يود الذين كفروا لو كانوا مسلمين)

Rasulullah melanjutkan: “Maka orang-orang yang telah keluar dari neraka itu mendapat sebutan ‘jahannamy’ karena mereka memiliki bekas hitam di wajah mereka. Maka mereka berdoa: ‘Ya Tuhan kami, hilangkanlah sebutan ini dari kami’. Maka Allah memerintahkan mereka untuk mandi di sungai yang ada di surga, sehingga bekas hitam itu dapat hilang.”

(al-Ihsan 16/457-458 no. 7432, pentahqiq kitab ini berkata, hadits ini shahih dan memiliki banyak penguat, di antaranya hadits Abu Musa al-Asy’ari yang diriwayatkan Imam al-Hakim 2/242 yang dishahihkan dan disepakati Imam ad-Dzahabi dan sanadnya dishahihkan al-Albani dalam Dhilal al-Jannah no. 844. Lihat periwayatan beserta penguat-penguatnya secara detail dalam catatan kaki kitab al-Ihsan dalam halaman tersebut).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Orang-orang kafir pada hari Kiamat akan berangan-angan seandainya mereka dulu adalah orang-orang Islam saat perkara menjadi jelas bagi mereka, dan kebatilan perbuatan kufur yang mereka lakukan di dunia telah terbukti.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

2. رُّبَمَا يَوَدُّ الَّذِينَ كَفَرُوا۟ لَوْ كَانُوا۟ مُسْلِمِينَ (Orang-orang yang kafir itu seringkali (nanti di akhirat) menginginkan, kiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang-orang muslim)
Yakni setelah tersingkap bagi mereka kebenaran, dan jelas bagi mereka kebatilan dari kekafiran mereka, dan agama di sisi Allah adalah Islam, mereka lalu berangan-angan andai saja mereka dahulu masuk agama Islam. Akan tetapi angan-angan mereka hanya menjadi penyesalan terhadap diri mereka atas kelalaiannya dalam menjalankan kewajiban kepada Allah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2. Orang-orang yang kafir itu kelak di akhirat seringkali menginginkan bahwa kiranya mereka dahulu ketika di dunia menjadi orang-orang muslim yang senantiasa berserah diri kepada Allah dan beriman kepada Alquran. Kata rubama di sini digunakan untuk menunjukkan arti kebanyakan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Orang-orang kafir itu menginginkan} berharap {mereka dahulu menjadi orang-orang muslim


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

2. ini merupakan salah satu faktor yang mengharuskan para makhluk untuk tunduk patuh kepadaNya, berserah diri terhadap hukumNya, dan menanggapinya dengan tangan terbuka, riang dan gembira.
Sedangkan orang yang menyikapi nikmat agung ini dengan menampik dan mengingkarinya, maka dia termasuk orang orang yang mendustakan lagi sesat. Mereka akan kedatangan satu waktu, yang nantinya mereka akan berandai andai untuk menjadi orang orang muslim. maksudnya, tunduk patuh kepada hukum hukumNya. peristiwa itu terjadi tatkala tabir penutup tersingkap dan tanda tanda datangnya hari akhirat serta gejala gejala permulaan tibanya ajal tampak. Saat berada dalam suasana akhirat kelak, mereka berharap menjadi orang orang yang berserah diri, namun kesempatan sudah hilang. tapi memang mereka di dunia ini, tertipu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Pembahasan tentang huruf-huruf hijaiyyah ini telah dijelaskan di permulaan surah-surah. Firman Allah SWT: (Orang-orang yang kafir itu sering kali (nanti di akhirat) meng­inginkan) pemberitahuan tentang mereka bahwa mereka akan menyesali kekafiran mereka, dan mereka hanya bisa berharap seandainya mereka menjadi orang-orang muslim di dunia.
DIkatakan, bahwa yang dimaksud adalah setiap orang kafir ketika didatangkan kepadanya hal itu maka dia menginginkan seandainya dia menjadi orang mukmin sebelumnya.
Dikatakan juga, bahwa ini adalah pemberitahuan tentang hari kiamat, sebagaimana firmanNya: (Dan jika kamu (Muhammad) melihat ketika mereka dihadap­kan ke neraka, lalu mereka berkata, "Kiranya kami dikembali­kan (ke dunia) dan tidak mendustakan ayat-ayat Tuhan kami, serta menjadi orang-orang yang beriman" (27)) (Surah Al-An'am) Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud tentang firmanNya (Orang kafir itu kadang-kadang (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang Muslim (2)) dia berkata bahwa ini tentang penghuni neraka Jahanam ketika mereka melihat teman-teman mereka keluar dari neraka.
Firman Allah: (Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang) ancaman dan peringatan keras, sebagaimana firmanNya: (Katakanlah, "Bersenang-senanglah kalian, karena sesungguhnya tempat kembali kalian ialah neraka”) (Surah Ibrahim: 30)
Firman Allah ("Makanlah dan bersenang-senanglah kalian (di dunia dalam waktu) yang pendek, sesung­guhnya kalian adalah orang-orang yang berdosa” (46))(Surah Al-Mursalat) Oleh karena itu Allah berfirman (dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong)) yaitu dari bertaubat dan kembali (maka kelak mereka akan mengetahui) yaitu akibat perbuatan mereka


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (يَوَدُّ) yawaddu : ”mengharapkan” mencintai dan mengharapkan seandainya ia termasuk orang-orang Islam.

Makna ayat :
Firman-Nya : (رُّبَمَا يَوَدُّ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ لَوۡ كَانُواْ مُسۡلِمِينَ) “Orang kafir terkadang menginginkan untuk menjadi orang Islam.” Allah ta’ala mengkabarkan, bahwa suatu hari nanti, hari kiamat, ketika orang-orang kafir melihat orang Islam memasuki surga, sedangkan ia memasuki neraka, ia berharap kala itu seandainya ia termasuk dari orang Islam, dan Allah terkadang menceritakan kejadian-kejadian atau perkara di dunia yang terkadang orang kafir berharap seandainya mereka menjadi orang Islam.

Pelajaran dari ayat :
- Peringatan bagi orang kafir dan ancaman seandainya mereka terus berada di atas kekufuran dan memerangi Islam, kelak suatu hari nanti mereka akan berangan-angan seandainya mereka termasuk dari orang Islam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 2: Bisa juga diartikan sering.

Pada hari kiamat, ketika mereka menyaksikan keadaan mereka dan keadaan kaum muslimin, atau ketika datang awal-awal akhirat, dan pengantar kepada kematian.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 2

Orang kafir itu suatu saat nanti setelah berada di akhirat kelak kadangkadang menginginkan sekiranya mereka dahulu ketika di dunia menjadi orang muslim. Wahai nabi Muhammad dan kaum muslim, apabila mereka tetap keras pada pendiriannya, biarkanlah mereka di dunia ini makan dan bersenang-senang dan terus dilalaikan oleh angan-angan kosong mereka dari beriman, mengikuti dakwahmu, dan hal-hal penting lainnya. Kelak mereka akan mengetahui akibat perbuatan buruk yang pernah mereka lakukan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penjelasan dari berbagai pakar tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Hijr ayat 2 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita semua. Bantu syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dikunjungi

Terdapat banyak halaman yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Lail, Luqman 13, An-Naas, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Yasin 9, Al-Hujurat 10. Serta Al-Baqarah 285-286, At-Taubah 40, Al-Fatihah 6, ‘Abasa, Al-Ma’idah 32, Maryam.

  1. Al-Lail
  2. Luqman 13
  3. An-Naas
  4. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  5. Yasin 9
  6. Al-Hujurat 10
  7. Al-Baqarah 285-286
  8. At-Taubah 40
  9. Al-Fatihah 6
  10. ‘Abasa
  11. Al-Ma’idah 32
  12. Maryam

Pencarian: surah al zazalah, surah al-baqarah 2 ayat terakhir, arti surat albaqarah, amalakum artinya, surat yunus ayat

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: