Surat Ar-Ra’d Ayat 13

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيُسَبِّحُ ٱلرَّعْدُ بِحَمْدِهِۦ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِۦ وَيُرْسِلُ ٱلصَّوَٰعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَن يَشَآءُ وَهُمْ يُجَٰدِلُونَ فِى ٱللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ ٱلْمِحَالِ

Arab-Latin: Wa yusabbiḥur-ra'du biḥamdihī wal-malā`ikatu min khīfatih, wa yursiluṣ-ṣawā'iqa fa yuṣību bihā may yasyā`u wa hum yujādilụna fillāh, wa huwa syadīdul miḥāl

Artinya: Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dialah Tuhan Yang Maha keras siksa-Nya.

« Ar-Ra'd 12Ar-Ra'd 14 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Dengan Surat Ar-Ra’d Ayat 13

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Ra’d Ayat 13 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan pelajaran mendalam dari ayat ini. Diketemukan sekumpulan penjelasan dari banyak ahli ilmu mengenai isi surat Ar-Ra’d ayat 13, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan guruh bertasbih memuji Allah yang menujukan ketundukannya kepada tuhannya. Dan para malaikat menyucikan tuhan mereka karena ketakutan mereka kepada Allah. Dan Allah mengirim halilintar yang membinasakan, sehingga matilah orang yang Allah kehendaki dari makhlukNya. Dan orang-orang kafir mendebat sifat-sifat keesaan Allah dan kuasaNya untuk membangkitkan makhluk setelah mati. Dan dia mahakeras daya, kekuatan dan hukumannya terhadap orang yang maksiat kepadaNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

13. Dan guntur bertasbih kepada Allah, yaitu suara awan mendung yang saling berkumpul ketika digiring oleh malaikat yang bertugas mengaturnya. Guntur itu bertasbih dan seluruh malaikat bertasbih dengan pujian dan syukur kepada Allah karena ketakutan mereka kepada-Nya. dan Allah mengutus petir yang menyambar sehingga membinasakan makhluk yang Dia kehendaki. Sedangkan orang-orang kafir membantah kekuasaan Allah untuk membangkitkan makhluk-Nya, padahal Dia sangat kuat dan keras terhadap orang yang menentang-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. Guntur (guruh) bertasbih kepada Rabbnya dengan tasbih yang diiringi dengan pujian kepada-Nya. Para Malaikat juga bertasbih kepada Rabb mereka karena takut, penghormatan dan pengagungan kepada-Nya. Allah mengirimkan halilintar yang menyambar siapa yang Dia kehendaki dari makhluk-Nya lalu ia membinasakannya. Orang-orang kafir itu mendebat keesaan Allah. Dan Allah Mahakuat daya dan kekuatan-Nya, Pemilik hukuman yang berat atas siapa yang mendurhakainya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِۦ (Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah)
Dan ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika Allah memang membuatnya berucap. Dan suaranya bersaksi atas keagungan dan kekuasaan Allah.
Pendapat lain mengatakan bahwa tasbihnya adalah kesaksiannya atas kekuasaan Allah tanpa harus melafadzkan tasbih tersebut.

وَالْمَلٰٓئِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِۦ((demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya)
Dan para malaikat juga bertasbih kepada Allah karena takut kepada-Nya.

وَيُرْسِلُ الصَّوٰعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَن يَشَآءُ(dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki)
Yakni kepada makhluk-Nya, sehingga Dia membinasakannya.

وَهُوَ شَدِيدُ الْمِحَالِ (dan Dialah Tuhan Yang Maha keras siksa-Nya)
Makna (المحال) yakni makar. Dan makar Allah yakni siasat untuk kebenaran, dan pemberian sesuatu yang dibenci kepada orang yang berhak mendapatkannya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

13. Dan guruh pun (suara yang terdengar di sela-sela awan akibat gesekan benda-benda langit) mensucikan Allah dengan memujiNya, Sesungguhnya suara guruh itu menunjukkan pada ketundukkan awan dan setiap sesuatu kepada Allah dan mensucikanNya dari sesuatu yang tidak pantas bagiNya. Dan para malaikat itu bertasbih karena takut kepada Allah dan keagunganNya. Allah mengutus petir yang menyala-nyala (percikan yang keluar dari benda-benda langit) lalu Dia menghancurkan orang yang dikehendaki dengan itu. Sedangkan orang-orang kafir Mekah dan orang kafir seperti mereka berdebat tentang kekuasaan Allah untuk membangkitkan dan juga tentang keesaanNya. Dan Allah itu sangat kuat dalam memberikan hukuman para musuh-musuhNya. Ayat ini turun terkait perkara seorang laki-laki dari Fir’aunnya Arab. Nabi SAW mengutus seorang laki-laki yang mengajaknya kepada rasulallah sebanyak 3 kali namun dia enggan dan berkata: “Apa Allah itu?”, lalu Allah mengirim kepadanya 3 petir yang menghancurkan tulang kepalanya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Guruh bertasbih dengan memujiNya, juga malaikat karena takut kepadaNya} karena takut kepada Allah {Dia mengirim petir, lalu menimpakannya kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Dan mereka berdebat} berselisih {tentang Allah, padahal Dia Maha keras siksanyaNya} kekuasaan dan kekuatan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

13. “Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah,” yaitu suara yang terdengar dari mendung, yang mengagetkan manusia. Ia tunduk kepada Rabbnya, melantunkan tasbih dengan memujiNya “dan” bertasbih “para maalaikat karena takut kepadaNya,” dalam keadaan khusyu’ kepada Rabb mereka dan takut dari kemurkaanNya “dan Allah melepaskan halilintar,” yaitu percikan api yang muncul dari sela-sela awan mendung “lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki,” dari kalangan manusia, tergantung pada kehendak dan iradahNya. “Dan Dialah Rabb Yang Mahakeras siksaNya,” maksudnya Dia sangat dahsyat daya dan kekuatanNya. Tidaklah Dia berkehendak berbuat sesuatu melainkan pasti merealisasikannya. Tidak ada urusan yang sulit bagiNya. Tidak terlewatkan dariNya obyek yang telah melarikan diri. Apabila Allah semata yang mendatangkan hujan bagi hamba-hambaNya, dan mendung yang berisi sumber rizki mereka, (dan Dia-lah yang mengatur segala urusan), semua makhluk yang besar yang ditakuti dan membuat orang-orang terusik, semuanya sangat tunduk patuh kepadaNya, Dia sangat dahsyat kekuatanNya), maka Dia-lah yang berhak untuk diibadahi semata, tidak ada sekutu bagiNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 12-13
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia adalah yang menundukkan kilat, yaitu cahaya kilauannya yang menyilaukan dari celah awan.
Terkait firman Allah: (ketakutan dan harapan) Qatadah berkata bahwa ketakutan bagi orang yang dalam perjalanan yaitu takut terhadap bahaya dan kesulitannya. Dan harapan bagi orang yang bermukim yaitu mengharapkan keberkahan dan manfaat dari kilat, serta mengharapkan rezeki Allah.
(dan Dia mengadakan awan mendung) yaitu Dia menciptakannya dalam bentuk yang baru. karena banyaknya air yang dikandungnya dan dekat dengan bumi. Mujahid berkata bahwa “as-sahabu ats-tsiqaalu” yang mengandung air.
(Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah) sebagaimana firman Allah: (Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya) (Surah Al-Isra’: 44)
Firman Allah SWT (lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki) yaitu Dia mengirimkannya sebagai hukuman yang Dia gunakan untuk membalas orang yang Dia kehendaki. Oleh karena itu Kami memperbanyaknya di akhir zaman.
Firman Allah SWT: (dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah) yaitu, mereka meragukan keagunganNya yang sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Dia (dan Dialah Tuhan Yang Maha Keras siksa-Nya) Ibnu Jarir berkata bahwa kerasnya siksaanNya merupakan hukuman orang yang melampaui batas terhadapNya dan terus menerus dalam kekufurannya. Ayat ini serupa dengan firmanNya: (Dan mereka pun merencanakan makar dengan sungguh-sungguh dan Kami merencanakan makar (pula), sedangkan mereka tidak menyadari (50) Maka perhatikanlah betapa sesungguhnya akibat makar mereka itu, bahwasanya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya (51)) (Surah An-Naml)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(مِنۡ خِيفَتِهِۦ) min khiifatih : karena takut dan hormat akan keagungan-Nya.
(وَهُوَ شَدِيدُ ٱلۡمِحَالِ) wahuwa syadidul mihaal : kekuatan dan siksaan.

Makna ayat :
(وَيُسَبِّحُ ٱلرَّعۡدُ بِحَمۡدِهِۦ) Dialah yang petir bertasbih memuji-Nya, yaitu malaikat yang ditugaskan untuk awan ia berkata, “Subhanallahi wa bihamdih” (وَٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ مِنۡ خِيفَتِهِۦ) dan para malaikat karena takut kepada Allah, segan akan keagungan-Nya karena itulah mereka bertasbih yaitu, mensucikan-Nya dengan perkataan yang telah Allah ajarkan kepada mereka dari segala sekutu, peniru, dan anak. Firman-Nya : (وَيُرۡسِلُ ٱلصَّوَٰعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَن يَشَآءُ وَهُمۡ يُجَٰدِلُونَ فِي ٱللَّهِ) “Dan Dia mengutus petir kepada yang Dia kehendaki, sedangkan mereka berdebat mengenai Allah,” yaitu mengenai keberadaan, sifat-sifat, keesaan, dan ketaatan kepada-Nya (وَهُوَ شَدِيدُ ٱلۡمِحَالِ) sedangkan Dia sangat pedih siksanya. Ayat ini benar-benar turun karena seseorang, Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam mengutus seseorang kepadanya untuk mendakwahinya kepada Islam, maka orang kafir ini berkata kepada utusan Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapa Rasulullah? Siapa Allah? Apakah dia dari emas atau perak atau dari tembaga?” maka turunlah petir menyambarnya ditengah-tengah perkataannya menghancurkan dari ujung kepala, itulah makna dari (شَدِيدُ ٱلۡمِحَالِ) yaitu kekuatan, siksaan, dan hukuman.

Pelajaran dari ayat :
• Penjelasan bahwa sudah ketetapan; kenikmatan akan hilang dengan maksiat.
• Disunnahkan mengucapkan Subhanallaahi man yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih, “Maha Suci Allah yang guntur bertasbih memuji-Nya dan para malaikat karena takut kepada-Nya.” ketika mendengar petir, karena do’a ini punya redaksi yang banyak dari Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ar-Ra’d ayat 13: Al Bazzar meriwayatkan dalam Kasyful Astar juz 3 hal. 54 dengan sanadnya dari Anas, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengutus seseorang di antara sahabatnya kepada salah seorang tokoh Jahiliyyah, ia mengajak orang itu kepada Allah Tabaaraka wa Ta'aala, lalu orang itu berkata, “Apakah Tuhanmu yang engkau mengajakku kepada-Nya dari besi, atau dari perak atau dari emas?” Lalu sahabat itu datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan memberitahukan hal itu, maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengutusnya kembali yang kedua kalinya, dan orang itu berkata seperti sebelumnya. Kemudian Beliau mengutus sahabatnya untuk ketiga kalinya, namun orang itu masih tetap berkata seperti itu, lalu sahabat itu datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan memberitahukan hal itu, maka Allah Tabaaraka wa Ta'aala mengirimkan halilintar kepadanya dan membakarnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Tabaaraka wa Ta'aala telah mengirimkan kepada kawanmu halilintar lalu membakarnya.” Maka turunlah ayat ini, “dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki,” (Al Bazzar berkata, “Dailam (salah seorang rawi) adalah orang Basrah yang salih.” Hadits ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Abi ‘Ashim dalam kitab As Sunah juz 1 hal. 304 dengan sanadnya dari jalan Dailam, Imam Abu Ya’la juz 6 hal. 87 dengan sanadnya dari jalan Dailam, dan Baihaqi dalam Asma’ wash shifat hal. 278 dengan sanadnya dari jalan Dailam).

Disebutkan dalam hadits Ibnu Abbas tentang guruh, sbb:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَقْبَلَتْ يَهُودُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا يَا أَبَا الْقَاسِمِ أَخْبِرْنَا عَنِ الرَّعْدِ مَا هُوَ قَالَ مَلَكٌ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُوَكَّلٌ بِالسَّحَابِ مَعَهُ مَخَارِيقُ مِنْ نَارٍ يَسُوقُ بِهَا السَّحَابَ حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ فَقَالُوا فَمَا هَذَا الصَّوْتُ الَّذِي نَسْمَعُ قَالَ زَجْرُهُ بِالسَّحَابِ إِذَا زَجَرَهُ حَتَّى يَنْتَهِيَ إِلَى حَيْثُ أُمِرَ فَقَالُوْا صَدَقْتَ

Dari Ibnu Abbas ia berkata: “Pernah datang beberapa orang yahudi kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Abul Qaasim, beritahukanlah kami tentang guruh! Apa sebenarnya dia?” Beliau menjawab, “Dia adalah salah satu malaikat Allah yang ditugaskan mengurus awan mendung, di tangannya ada beberapa sabetan dari api, digiringnya awan dengan sabetan itu ke tempat yang Allah kehendaki.” Mereka bertanya lagi, “Lalu apa suara yang kami dengar ini?” Beliau menjawab, “Penggiringannya kepada awan ketika dia menggiringnya sampai tiba ke tempat yang diperintahkan.” Orang-orang Yahudi berkata, “Engkau benar.” (HR. Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi 3/262 dan Ash Shahiihah no. 1872)

Yakni mengucapkan Subhaanallah wa bihamdih.

Yaitu api yang keluar dari awan.

Dengan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Tidaklah Dia menginginkan sesuatu kecuali Dia melakukannya, tidak ada yang menolaknya, dan tidak ada yang dapat lolos dari-Nya. Oleh karena Dia yang menurunkan hujan, mengatur urusan, tunduk kepada-Nya semua makhluk besar yang ditakuti oleh manusia, dan lagi Dia Mahakuat, maka Dialah yang berhak disembah saja, tidak selain-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Ra’d Ayat 13

Lazimnya, sambaran kilat akan diiringi oleh guruh. Dan guruh senantiasa bertasbih kepada Allah dengan memuji-Nya, demikian pula para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar yang kadangkala membakar apa yang ditemuinya, lalu Allah menimpakannya kepada siapa yang dia kehendaki melalui hukum sebab akibat yang telah diletakkan Allah di alam semesta. Sementara itu, walaupun bukti-bukti kekuasaan Allah tampak begitu nyata, namun mereka (orang-orang kafir) masih berbantah-bantahan dengan engkau, wahai nabi Muhammad, tentang Allah. Dan dia-lah tuhan yang mahakeras siksaan-Nya. Allah mahakuasa dalam menciptakan dan mengatur alam semesta. Keluasan ilmu Allah juga tak terbatas. Karena itu, hanya kepada-Nyalah seharusnya manusia memanjatkan doa. Hanya kepada Allah doa yang benar untuk dimohonkan. Berhala-berhala yang mereka (kaum kafir) sembah dan agungkan selain Allah tidak akan dapat mengabulkan permintaan apa pun bagi mereka. Keadaan mereka yang memohon kepada berhala tidak ubahnya seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air di dalam sumur agar air itu dapat diciduknya untuk dia arahkan sampai ke mulutnya. Padahal telapak tangannya yang terbuka itu tidak sampai ke kedalaman air sumur itu, sehingga air tersebut tidak akan sampai ke mulutnya. Dan doa orang-orang kafir itu hanyalah doa yang sia-sia belaka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penafsiran dari kalangan mufassirun mengenai kandungan dan arti surat Ar-Ra’d ayat 13 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita bersama. Sokong usaha kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dicari

Ada ratusan materi yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: At-Takatsur, Al-Baqarah 83, Ali Imran, Az-Zalzalah, Al-Hujurat 12, Al-Baqarah 286. Ada juga Asy-Syams, Yunus 40-41, Al-Isra 23, An-Nur 2, Al-Ma’idah 2, Al-Mujadalah 11.

  1. At-Takatsur
  2. Al-Baqarah 83
  3. Ali Imran
  4. Az-Zalzalah
  5. Al-Hujurat 12
  6. Al-Baqarah 286
  7. Asy-Syams
  8. Yunus 40-41
  9. Al-Isra 23
  10. An-Nur 2
  11. Al-Ma’idah 2
  12. Al-Mujadalah 11

Pencarian: yazin, al bayinnah, surah aduha, surat alfatih, al kahfi 101

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: