Surat Ar-Ra’d Ayat 9

عَٰلِمُ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ ٱلْكَبِيرُ ٱلْمُتَعَالِ

Arab-Latin: 'ālimul-gaibi wasy-syahādatil-kabīrul-muta'āl

Artinya: Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi.

« Ar-Ra'd 8Ar-Ra'd 10 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Berkaitan Dengan Surat Ar-Ra’d Ayat 9

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Ra’d Ayat 9 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir berharga dari ayat ini. Tersedia kumpulan penjelasan dari berbagai ahli tafsir terhadap kandungan surat Ar-Ra’d ayat 9, sebagiannya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah maha mengetahui apa-apa yang samar dari pandangan mata (manusia) dan juga apa-apa yanag (nyata), yang Maha besar DzatNya, Nama-nama dan sifat-sifatNya, yang juga mahatinggi di atas semua makhlukNya dengan Dzat, kuasa dan kekuasaanNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. Karena Allah -Subḥānahu- mengetahui apa yang gaib dari panca indra manusia, dan mengetahui apa yang diketahui oleh indra mereka, Mahagung pada sifat-sifat, nama-nama dan perbuatan-perbuatan-Nya, Mahatinggi atas seluruh makhluk dengan Zat dan sifat-sifat-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. عٰلِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهٰدَةِ (Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak)
Maha Mengetahui segala yang ghaib dan segala yang nampak, atau segala yang tidak ada dan yang ada.

الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ(Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi)
Yang Maha Agung, diatas segala sesuatu dengan kuasa dan kebesaran-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

9. Allah SWT adalah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang tampak dan perkara ghaib yang tidak dapat dilihat, Maha Agung urursanNya dan Maha Tinggi atas segala sesuatu dengan kuasa dan kewenanganNya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dzat yang mengetahui semua yang gaib dan yang nyata. Dzat Yang Maha besar lagi Maha tinggi} Dzat yang Maha tinggi atas segala sesuatu dengan Dzaat dan segala sifatNya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8-9. Allah memberitahukan tentang cakupan ilmuNya yang merata dan luasnya pengetahuan dan penguasaanNya yang meliputi segala sesuatu, Dia berfirman, “Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan,” baik pada kalangan anak Adam dan lainnya “dan kandungan Rahim yang kurang sempurna,” yang mengalami penyusutan apa yang ada di dalamnya, baik kandungannya rusak atau mengecil ataupun mengerut, “dan (kandungan Rahim) yang bertambah,” pada Rahim-rahim wanita, dan (proses) besarnya janin di dalamnya. “Dan segala sesuatu pada sisiNya ada ukurannya,” tidak maju maupun mundur, tidak bertambah ataupun berkurang kecuali berdasarkan tuntutan hikmah dan ilmuNya. Maka sesungguhnya Allah "mahamengetahui segala yang ghaib dan Nampak dan maha besar" pada dzat-nya. Nama dan sifat Nya, "yang maha tinggi" atas seluruh makhlukNya dengan dzat, kekuasaan dan kekuatanNya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 8-9
Allah SWT memberitahukan tentang kesempurnaan ilmuNya yang tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi dariNya, dan Dia meliputi apa yang ada dalam kandungan semua makhluk betina. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim) (Surah Luqman: 34) yaitu apa yang dikandung baerupa laki-laki atau perempuan, bagus atau jelek, celaka atau bahagia, berumur panjang atau pendek, sebagaimana firman Allah SWT: (Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan) kalian ketika Dia menjadikan kalian dari tanah dan ketika kalian masih janin) (Surah An-Najm: 32)
Terkait firman Allah: (dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah) diriayatkan dari Ibnu Umar bahwa bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Kunci-kunci hal ghaib ada lima, tidak ada yang mengetahuinya selain Allah, yaitu: Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi besok kecuali Allah, tidak ada yang mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim kecuali Allah, tidak ada yang mengetahui jika hujan turun kecuali Allah, dan seseorang tidak mengetahui di negeri mana dia akan mati, dan tidak ada yang mengetahui kapan kiamat terjadi kecuali Allah”
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya) yaitu dengan ajalnya. Allah mencatat rezeki dan ajal makhlukNya, dan menjadikan hal itu ada batasan yang diketahui.
Firman Allah: (Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang tampak) yaitu, Allah mengetahui segala sesuatu yang disaksikan oleh hamba-hambaNya hal yang ghaib oleh mereka, tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi dariNya (Yang Maha Besar) yaitu Dzat yang Maha Besar atas segala sesuatu (lagi Maha Tinggi) yaitu atas segala sesuatu (ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu) dan berkuasa atas segala sesuatu. Maka tunduklah kepada­Nya semua diri dan semua hamba, baik dengan sukarela atau terpaksa


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat :
Firman-Nya : (عَٰلِمُ ٱلۡغَيۡبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ) segala sesuatu berupa ciptaan yang tidak tampak dan yang bisa dilihat . yaitu: Maha Mengetahui segala sesuatu. Firman-Nya : (ٱلۡكَبِيرُ ٱلۡمُتَعَالِ) Yang tidak ada lebih besar dari-Nya, setiap yang besar dihadapan-Nya adalah kecil, Maha Tinggi dari makhluk-Nya, Maha Suci dari sekutu, peniru, istri, dan anak, inilah Allah, dan inilah sifat-sifat-Nya, maka apakah seorang yang berakal akan menolak hak-Nya untuk hanya beribadah kepada-Nya? Apakah pantas orang yang berakal mengingkari wahyu-Nya kepada yang Dia kehendaki dari para hamba-Nya? Apakah pantas seorang yang berakal mengingkari Dzat yang memiliki kemampuan dan ilmu yang seperti ini untuk menghidupkan manusia setelah mereka mati untuk bertanya tentang penghasilan mereka, menghisab mereka, dan membalas mereka? Sekali-kali tidak, jadi orang-orang yang mengingkari Allah; apa yang diserukan kepada mereka berupa iman kepada-Nya, tidak dihitung sebagai orang berakal, sekalipun mereka terbang di langit atau menyelam di air.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ar-Ra’d ayat 9: Baik dzat-Nya, nama-Nya maupun sifat-Nya.

Di atas seluruh makhluk-Nya, baik dzat-Nya, kedudukan dan kekuasaan-Nya, serta tinggi dari semua sifat kekurangan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Ra’d Ayat 9

Allah adalah tuhan yang maha mengetahui semua yang gaib dan yang nyata; dia adalah tuhan yang mahabesar, mahatinggi. Karena dia mengetahui yang gaib dan yang nyata, maka sama saja bagi Allah, siapa di antaramu yang mencoba merahasiakan ucapannya sehingga tidak diketahui orang lain, dan siapa yang berterus terang dengan ucapan-Nya; dan sama mudahnya bagi-Nya untuk tahu siapa di antara kamu yang bersembunyi pada malam hari sehingga tidak diketahui orang lain, dan yang berjalan pada siang hari sehingga disaksikan orang lain.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari beragam ahli tafsir mengenai isi dan arti surat Ar-Ra’d ayat 9 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita. Sokonglah usaha kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dikunjungi

Ada banyak materi yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Mujadalah 11, Al-Baqarah 83, Al-Isra 23, Az-Zalzalah, An-Nur 2, Al-Hujurat 12. Ada juga Al-Baqarah 286, Asy-Syams, Al-Ma’idah 2, Yunus 40-41, Ali Imran, At-Takatsur.

  1. Al-Mujadalah 11
  2. Al-Baqarah 83
  3. Al-Isra 23
  4. Az-Zalzalah
  5. An-Nur 2
  6. Al-Hujurat 12
  7. Al-Baqarah 286
  8. Asy-Syams
  9. Al-Ma’idah 2
  10. Yunus 40-41
  11. Ali Imran
  12. At-Takatsur

Pencarian: qs thaha, al imran ayat 77, ayat tentang menutup aurat, al baqarah ayat 173, surat at takatsur artinya

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: