Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Ar-Ra’d Ayat 1

المر ۚ تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ ۗ وَالَّذِي أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ الْحَقُّ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: Alif lām mīm rā, tilka āyātul-kitāb, wallażī unzila ilaika mir rabbikal-ḥaqqu wa lākinna akṡaran-nāsi lā yu`minụn

Terjemah Arti: Alif laam miim raa. Ini adalah ayat-ayat Al Kitab (Al Quran). Dan Kitab yang diturunkan kepadamu daripada Tuhanmu itu adalah benar: akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman (kepadanya).

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Alif lam ra. Keterangan tentang huruf-huruf yang terputus-putus (diawal sejumlah surat seperti ini) telah berlalu di muka pada permulaan surat al-baqarah.
Ini adalah ayat-ayat al-qur’an yang tinggi kedudukannya. Dan al-qur’an yang diturunkan kepadamu ini (wahai rasul), adalah merupakan kebenaran, bukan seperti yang dikatakan kaum musyrikin, bahwa sesungguhnya kamulah yang mendatangkannya dari dirimu sendiri. Meskipun demikian banyak manusia tidak beriman kepadanya dan tidak mengamalkannya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1. Alif Lām Rā. Penjelasan tentang susunan huruf seperti ini telah hadir di awal surah Al-Baqarah. Ayat-ayat yang mulia di dalam surah ini dan Al-Qur`ān yang Allah turunkan kepadamu wahai Rasul adalah kebenaran yang tidak ada keraguan padanya, tidak ada kebimbangan bahwa ia dari sisi Allah, akan tetapi kebanyakan manusia tidak membenarkannya karena menentang dan menyombongkan diri.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. تِلْكَ ءَايٰتُ الْكِتٰبِ ۗ (Ini adalah ayat-ayat Al Kitab)
Yakni ayat-ayat yang ada dalam surat ini.

وَالَّذِىٓ أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ الْحَقُّ(Dan Kitab yang diturunkan kepadamu daripada Tuhanmu itu adalah benar)
Yakni seluruh ayat al-Qur’an merupakan kebenaran yang sesungguhnya.

وَلٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُونَ(akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman)
Tidak beriman kepada kebenaran yang diturunkan Allah kepadamu.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. {Alif Lam Mim Ra’}, Alif, Lam, Mim, Ra’: huruf-huruf yang menunjukkan kekokohan Al-Qur’an bagi manusia dan jin, dan menunjukkan bahwa Al-Qur’an itu benar-benar dari sisi Allah. Ini juga termasuk cara menantang bangsa Arab untuk menandinginya, meskipun itu terdiri dari huruf-huruf bahasa mereka, bahasa Arab. Ayat-ayat ini dan ayat lainnya merupakan ayat-ayat Al-Qur’an. Dan yang diturunkan Tuhanmu kepadamu melalui wahyu itu kebenaran yang tidak ada keraguan di dalamnya, namun kebanyakan manusia tidak percaya bahwa itu diturunkan dari sisi Allah, karena tidak mereka tidak mau merenung dan berpikir.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Makna kata :
(الٓمٓرۚ) alif laam raa : ini adalah Huruf Muqatha’ah, tertulis, (الٓمٓرۚ) dan dibaca alif laam raa. Allah lebih mengetahui maknanya.

Makna ayat :
Firman-Nya : (الٓمٓرۚ) Allah lebih mengetahui maknanya. Firman-Nya : (تِلۡكَ ءَايَٰتُ ٱلۡكِتَٰبِۗ) Isyarat kepada kisah-kisah yang terdapat pada surat Yusuf. Maksud al-kitaab adalah Taurat dan Injil, dan termasuk ayat-ayatnya apa yang Allah kisahkan kepada rasul-Nya. Firman-Nya : (وَٱلَّذِيٓ أُنزِلَ إِلَيۡكَ مِن رَّبِّكَ) yaitu Al-Qur’an yang agung (ٱلۡحَقُّ) yang benar. Firman-Nya : (وَلَٰكِنَّ أَكۡثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يُؤۡمِنُونَ) Kebanyakan orang dari kaummu dan selain mereka tidak beriman, padahal apa yang turun kepadamu dari Rabbmu adalah kebenaran, mereka tidak beriman bahwa Al-Qur’an adalah wahyu Allah dan turun dari sisi-Nya, sehingga mereka mengamalkannya dan memperoleh kesempurnaan dan kebahagiaan.

Pelajaran dari ayat :
• Penetapan akidah wahyu ilahi dan kenabian Muhammad shallahu ‘alaihi wa sallam.

Aisarut Tafasir / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pengajar tafsir di Masjid Nabawi

Hal itu karena beritanya benar, perintah dan larangannya adil, diperkuat oleh dalil-dalil dan bukti yang nyata. Oleh karena itu, barang siapa yang mendatangi Al Qur’an dan mendalaminya, maka ia termasuk orang yang mengetahui kebenaran dan hal ini menghendaki orang itu mengamalkannya.

Bahwa Al Qur'an berasal dari sisi-Nya, bisa karena kebodohannya, sikap berpalingnya, tidak peduli, membangkang, atau bersikap zalim.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Alif laam miim raa'. Hanya Allah yang mengetahui maksud ungkapan ini. Itu adalah ayat-ayat kitab Al-Qur'an yang Allah turunkan kepada nabi Muhammad. Ia berisi petunjuk dan ajaran bagi umat manusia. Dan ketahuilah bahwa kitab yang diturunkan kepadamu, wahai nabi Muhammad, dari tuhanmu itu adalah benar dari-Nya, tuhan yang maha mengetahui; tetapi kebanyakan manusia tidak beriman kepada-Nya. Setelah pada ayat sebelumnya Allah menjelaskan bahwa Al-Qur'an adalah benar dari-Nya, lalu pada ayat ini Allah membuktikan kebenarannya melalui keunikan penciptaan alam semesta. Hanya Allah yang meninggikan langit tanpa tiang penyangga sebagaimana yang kamu lihat, kemudian dia bersemayam di atas 'arsy. Dia menundukkan matahari dan bulan di bawah aturan hukum alam-Nya; masing-masing dari keduanya beredar menurut waktu yang telah ditentukan. Dia mengatur urusan makhluk-Nya, baik yang di bumi maupun di langit, dan dia menjelaskan tanda-tanda kebesaran-Nya agar kamu yakin akan pertemuan dengan tuhanmu kelak di akhirat.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Ar-Ra’d Ayat 2 Arab-Latin, Surat Ar-Ra’d Ayat 3 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Ar-Ra’d Ayat 4, Terjemahan Tafsir Surat Ar-Ra’d Ayat 5, Isi Kandungan Surat Ar-Ra’d Ayat 6, Makna Surat Ar-Ra’d Ayat 7

Category: Surat Ar-Ra'd

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!