Surat Yusuf Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالُوا۟ يَٰٓأَبَانَا مَا لَكَ لَا تَأْمَ۫نَّا عَلَىٰ يُوسُفَ وَإِنَّا لَهُۥ لَنَٰصِحُونَ

Arab-Latin: Qālụ yā abānā mā laka lā ta`mannā 'alā yụsufa wa innā lahụ lanāṣiḥụn

Artinya: Mereka berkata: "Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya.

« Yusuf 10Yusuf 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Dengan Surat Yusuf Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Yusuf Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam hikmah menarik dari ayat ini. Didapatkan bermacam penjabaran dari berbagai mufassirin terkait kandungan surat Yusuf ayat 11, misalnya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Berkata saudara-saudara yusuf, setelah bersepakat membuang yusuf, ”wahai ayah kami, mengapa engkau tidak menganggap kami orang-orang yang dapat di percaya atas yusuf, padahal yusuf adalah saudara kami sendiri, sedang kami menginginkan kebaikan baginya, menyayanginya dan perhatian kepadanya, serta mengistimewakan dengan niat tulus kami kepadanya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Setelah sepakat untuk membuang Yusuf mereka berkata kepada ayah mereka, Ya'qūb , "Wahai Ayah kami! Mengapa engkau tidak mempercayakan Yusuf kepada kami? Sesungguhnya kami benar-benar menyayanginya. Kami siap menjaganya dari setiap bahaya yang mengancamnya. Kami siap menjaga dan melindunginya sampai dia kembali kepadamu dengan selamat. Jadi, mengapa engkau tidak mau melepasnya untuk pergi bersama kami?!


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. قَالُوا۟ يٰٓأَبَانَا مَا لَكَ لَا تَأْمَ۫نَّا عَلَىٰ يُوسُفَ (Mereka berkata: “Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf)
Ketika itu nabi Ya’kub tidak rela untuk membiarkan nabi Yusuf pergi bersama mereka karena besarnya cinta kepadanya, dan hal ini karena ia mengkhawatirkan nabi Yusuf dari makar mereka, dan kemungkinan mereka telah meminta nabi Ya’kub agar dapat membawa pergi Yusuf bersama mereka namun ia menolak.

وَإِنَّا لَهُۥ لَنٰصِحُونَ (padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya)
Dengan menjaga dan melindunginya sehingga kami dapat mengembalikannya kepadamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11. Setelah sepakat untuk menjauhkan Yusuf, saudara-saudaranya tersebut berkata: “Wahai ayah, kenapa engkau tidak mempercayai kami dan mengkhawatirkan apa yang kami perbuat atas Yusuf, padahal kami adalah orang yang akan bersimpati dan menginginkan kebaikan baginya”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka berkata,“Wahai ayah kami, mengapa engkau tidak mempercayai kami atas Yusuf, sesungguhnya kami benar-benar menginginkan kebaikan baginya} sesungguhnya kami benar-benar orang yang mengasihinya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

11. untuk dapat mewujudkan tujuan, saudara saudara yusuf berkata kepada ayahnya, ”wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang orang yang menginginkan kebaikan baginya” maksudnya kenapa ada rasa takut yang merasuki hatimu kepada kami atas (keselamatan) yusuf tanpa sebab dan alasan (yang jelas). Padahal, kami adalah “orang orang yang menginginkan (kebaikan) baginya” maksudnya kami sayang kepadanya, maka kami menginginkan kebaikan baginya sebagai mana kami menginginkan kebaikan bagi diri kami.
Ini menandakan bahwa ya’qub tidak membiarkan yusuf bepergian bersama saudara saudaranya menuju tempat yang sunyi (lagi jauh) atau tempat serupa lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-12
Setelah mereka bersekongkol untuk mengambil nabi Yusuf dan membuangnya ke dalam sumur, lalu mereka datang kepada ayah mereka, yaitu nabi Ya'qub dan berkata (Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya) Ini merupakan pendahuluan dan pengakuan. Mereka bermaksud lain dari itu, sesuai yang ada pada hati mereka berupa kedengkian karena kecintaan ayah kepada nabi Yusuf (Biarkanlah dia pergi bersama kami) yaitu utuslah dia bersama kami (besok pagi agar kami (dapat) bersenang-senang dan (dapat) bermain-main) sebagian ulama’ membacanya dengan huruf ya’ (yarta’ wa yal’ab) “agar dia (dapat) bersenang-senang dan (dapat) bermain-main”.
Ibnu Abbas berkata yaitu berlari-lari dan berkaktifitas. Demikian juga dikatakan oleh Qatadah, Adh-Dhahhak, As-Suddi, dan lainnya (Dan sesungguhnya kami pasti menjaganya) Mereka berkata,"Kami akan menjaga dan mengawasi keselamatannya demi engkau"


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (لَنَٰصِحُونَ) lanaashihuun : Kami sangat sayang kepadanya dan mengharapkan kebaikan untuknya, sebagaimana kami juga suka kepadanya.

Makna ayat :
Masih mengenai kisah Yusuf. Setelah mereka berdiskusi dan sepakat untuk membuang Yusuf ke dalam sumur, mereka meminta ayah mereka untuk membiarkan Yusuf keluar bersama mereka ke dataran—kebiasaan mereka dalam refreshing dan liburan, melihat ayah mereka kurang percaya terhadap mereka, mereka pun berkata, (مَا لَكَ لَا تَأۡمَ۬نَّا يُوسُفَ وَإِنَّا لَهُۥ لَنَٰصِحُونَ) “Mengapa engkau tidak mempercayakan Yusuf kepada kami, sedangkan kami sangat mencintainya dan kami khawatir bila ia terkena gangguan sedikitpun.

Pelajaran dari ayat :
• Penetapan kaidah : Tidak ada kekhawatiran terhadap takdir, yaitu kekhawatiran tidak bermanfaat untuk menghalangi hal yang sudah ditakdirkan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yusuf ayat 11: Yakni karena sebab apa engkau merasa khawatir terhadap tindakan kami kepada Yusuf?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 11

Setelah dipaparkan tentang rencana jahat putra-putra nabi yakub terhadap nabi yusuf, lalu pada ayat ini diuraikan tentang aksi mereka melakukan tipu muslihat yang diawali dengan membujuk sang ayah untuk membawa serta nabi yusuf pergi bersama mereka. Mereka berkata, wahai ayah kami! mengapa engkau tidak memercayai kami sebagai penanggung jawab terhadap saudara kami sendiri yusuf, padahal sesungguhnya kami semua menginginkan kebaikan baginya, dengan membawa serta yusuf bersama kami, dan kami semua akan menjaga dengan baik serta memberinya kasih sayang. Kemudian mereka meminta kembali kepada ayahnya: biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi saat kami pergi menggembala kambing, agar dia bisa bersenang-senang dengan memakan buah-buahan segar dan bermain-main bersama kami dalam perlombaan dan permainan yang diperbolehkan, dan kami pasti menjaganya dengan baik serta melindunginya dari marabahaya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari banyak mufassir mengenai isi dan arti surat Yusuf ayat 11 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita bersama. Dukunglah dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dikunjungi

Kaji berbagai halaman yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali Imran, At-Takatsur, Az-Zalzalah, Al-Isra 23, Al-Mujadalah 11, Al-Hujurat 12. Juga Yunus 40-41, An-Nur 2, Al-Baqarah 286, Al-Ma’idah 2, Asy-Syams, Al-Baqarah 83.

  1. Ali Imran
  2. At-Takatsur
  3. Az-Zalzalah
  4. Al-Isra 23
  5. Al-Mujadalah 11
  6. Al-Hujurat 12
  7. Yunus 40-41
  8. An-Nur 2
  9. Al-Baqarah 286
  10. Al-Ma’idah 2
  11. Asy-Syams
  12. Al-Baqarah 83

Pencarian: al mujadalah ayat 13, alaisallahu bi ahkamil hakimin, qs 13:28, surat al hajj ayat 5, 3 ayat terakhir surat al hasyr

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: