Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 97

وَلَوْ جَاءَتْهُمْ كُلُّ آيَةٍ حَتَّىٰ يَرَوُا الْعَذَابَ الْأَلِيمَ

Arab-Latin: Walau jā`at-hum kullu āyatin ḥattā yarawul-'ażābal-alīm

Terjemah Arti: Meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan, hingga mereka menyaksikan azab yang pedih.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

walaupun datang kepada mereka setiap nasihat dan pelajaran sampai mereka menyaksikan sendiri siksaan yang pedih. Maka pada Saat itulah mereka hendak beriman padahal keimanan mereka tidak lagi berguna.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

97. Meskipun seluruh ayat-ayat syar’iyah (wahyu) maupun ayat-ayat kauniyah (alam semesta) datang kepada mereka, sampai mereka menyaksikan azab yang sangat pedih, barulah mereka menyatakan beriman, ketika iman itu tidak lagi berguna bagi mereka (karena sudah terlambat).

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

97. وَلَوْ جَآءَتْهُمْ كُلُّ ءَايَةٍ (meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan)
Baik itu dari ayat-ayat kauniyah maupun ayat-ayat qur’aniyah. Mereka tidak akan mendapatkan manfaat dari hal-hal ini.

حَتَّىٰ يَرَوُا۟ الْعَذَابَ الْأَلِيمَ (hingga mereka menyaksikan azab yang pedih)
Mereka akan beriman saat mereka telah menyaksikan azab seperti yang dilakukan oleh Fir’aun, namun keimanan mereka tidak bermanfaat dan tidak dapat menyelamatkan mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

97 Mereka tidak beriman meskipun datang kepada mereka segala macam mukjizat dan dalil yang jelas tentang keesaan Allah berupa bukti penciptaan dan penurunan (Al-Qur’an), hingga mereka menyaksikan azab yang pedih, sebagaimana yang dilakukan Fir’an dan ketika itu keimanan tidak berguna baginya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Barulah mereka beriman. Namun beriman ketika itu tidaklah bermanfaat.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Sungguh, orang-orang yang telah dipastikan mendapat ketetapan tuhanmu, yakni mereka memilih tidak akan menerima kebenaran, maka pasti mereka tidaklah akan beriman, meskipun mereka mendapat, yakni menyaksikan dan telah datang kepada mereka segala bukti tanda-tanda kebesaran Allah, hingga mereka menyaksikan, yakni merasakan azab yang pedih. Ketika azab itu datang, iman seseorang sudah tidak berguna lagi. Pada ayat sebelumnya dijelaskan bahwa orang-orang yang memilih tidak menerima kebenaran, maka mereka tidak akan beriman sebelum mereka merasakan azab yang pedih. Lalu dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah seolah menyayangkan hal tersebut dengan menyatakan, maka mengapa tidak ada penduduk suatu negeri pun yang beriman, sebelum datangnya azab kepada mereka, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum nabi yunus ' ketika mereka yakni kaum nabi yunus beriman dan bertobat dari dosa-dosa mereka, maka kami hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan kami beri kesenangan kepada mereka sampai waktu tertentu, yakni datangnya ajal mereka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 98 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 99 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 100, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 101, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 102, Makna Surat Yunus Ayat 103

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!