Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 91

آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ

Arab-Latin: āl-āna wa qad 'aṣaita qablu wa kunta minal-mufsidīn

Terjemah Arti: Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Apakah baru sekarang wahai Fir’aun, ketika kematian telah benar-benar mendatangimu, kamu mau mengakui penghambaan kepada Allah, sedang kamu telah mendurhakaiNya sebelum turun siksaNYa padamu, dan kamu termasuk orang-orang yang melakukan kerusakan lagi menghambat orang dari jalan Allah?! karenaNya, tidaklah bermanfaat bagimu taubat di saat syakaratul maut dan melihat kematian.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

91. "Apakah kamu hendak beriman sekarang, setelah kamu kehilangan harapan untuk hidup?!" Kamu -wahai Fir'aun- telah durhaka kepada Allah sebelum turunnya azab dengan ingkar kepada-Nya dan menghalang-halangi orang dari jalan-Nya. Dan kamu termasuk orang-orang yang membuat kerusakan disebabkan kesesatanmu sendiri dan usahamu untuk menyesatkan orang lain.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

91. ءَآلْـٰٔنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ (Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan)
Yakni kemudian dikatakan kepadanya: “apakah sekarang kamu baru beriman? Dan beriman saat melihat sakaratul maut tidak ada menfaatnya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

91 Lalu Allah menjawab mereka: “Apakah sekarang kamu baru percaya dan beriman, padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan dan sesat dari jalan keimanan.”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ketika kondisi seperti ini, iman tidaklah bermanfaat, karena keimanan ketika ini seperti beriman kepada yang nyata, padahal beriman hanyalah bermanfaat sewaktu masih ghaib.

Dengan kesesatanmu dan menyesatkan orang lain.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Mendengar pernyataan firaun bahwa dia beriman dan menyerahkan diri ketika ajal akan menghampirinya, lalu dijawab dalam ayat ini dengan pernyataan keras, mengapa baru sekarang kamu beriman, padahal sesungguhnya engkau telah durhaka sejak dahulu, ketika nabi musa mengajakmu beriman kepada Allah, dan engkau termasuk orang yang berbuat kerusakan di muka bumi dengan kezaliman dan kekufuran, bahkan mengaku sebagai tuhan. Untuk menunjukkan bahwa firaun yang mengaku sebagai tuhan itu telah benar-benar mati, maka pada hari ini kami selamatkan jasadmu, yakni kami wafatkan jiwamu tetapi tubuh kasarmu masih tetap utuh, agar engkau, yakni kisah hidupmu dan azab yang menimpa akibat kezalimanmu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang setelahmu, sesungguhnya kebanyakan manusia tidak mengindahkan tanda-tanda kekuasaan kami.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 92 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 93 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 94, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 95, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 96, Makna Surat Yunus Ayat 97

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!