Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 53

۞ وَيَسْتَنْبِئُونَكَ أَحَقٌّ هُوَ ۖ قُلْ إِي وَرَبِّي إِنَّهُ لَحَقٌّ ۖ وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ

Arab-Latin: Wa yastambi`ụnaka aḥaqqun huw, qul ī wa rabbī innahụ laḥaqq, wa mā antum bimu'jizīn

Terjemah Arti: Dan mereka menanyakan kepadamu: "Benarkah (azab yang dijanjikan) itu? Katakanlah: "Ya, demi Tuhanku, sesungguhnya azab itu adalah benar dan kamu sekali-kali tidak bisa luput (daripadanya)".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan orang-orang musyrik dari kaummu itu meminta berita kepadamu (wahai rasul), tentang siksaan pada hari kiamat, apakah benar(siksaan tersebut) itu? katakanlah kepada mereka (wahai rasul), ”benar, demi tuhanku, sesungguhnya itu sungguh-sungguh benar, tiada keraguan padanya. Dan kalian tidak dapat melemahkan Allah untuk membangkitkan kalian dan memberikan balasan bagi kalian, sedang kalian berada dalam genggaman dan kekuasaanNya.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

53. Dan orang-orang musyrik itu meminta penjelasan kepadamu -wahai Rasul-, "Apakah azab yang dijanjikan kepada kami ini benar adanya?" Katakanlah kepada mereka, "Ya. Sungguh, demi Allah, itu benar adanya. Dan kalian tidak akan lolos darinya."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

53. وَيَسْتَنۢبِـُٔونَكَ أَحَقٌّ هُوَ ۖ (Dan mereka menanyakan kepadamu: “Benarkah itu?)
Yakni benarkah azab yang diancamkan kepada kami itu?

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

53 Mereka menanyakan kepadamu tentang kebenaran azab: “Benarkah azab yang dijanjikan itu? Katakanlah: “Ya, demi Tuhanku, sesungguhnya azab itu adalah benar dan kamu sekali-kali tidak bisa selamat darinya jika Dia berkehendak mengazab kalian”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Bukan dengan maksud mencari petunjuk.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah diuraikan dengan perinci tentang siksaan yang akan diterima oleh orang-orang kafir, lalu mereka menanyakan kepadamu wahai nabi Muhammad, benarkah azab yang dijanjikan itu' katakanlah, wahai nabi Muhammad ya, demi tuhanku, sesungguhnya azab itu pasti benar akan terjadi dan menimpa orang-orang yang durhaka dan kamu sekali-kali tidak dapat mengalahkankan tuhan untuk menghindar dari siksa-Nya. Pada ayat sebelumnya dijelaskan bahwa orang-orang yang durhaka pasti akan diazab, lau pada ayat ini digambarkan penyesalan mereka ketika di akhirat. Dan kalau seandainya setiap orang yang zalim itu, yakni orang yang mempersekutukan Allah itu mempunyai segala harta benda berharga yang ada di bumi, tentu dia menebus dirinya dengan itu agar terlepas dari siksa, tetapi hal itu tidak mungkin, dan mereka menyembunyikan penyesalannya yang sangat besar dan tersembunyi dalam hati, ketika mereka telah menyaksikan, merasakan azab yang sangat pedih itu. Kemudian diberi keputusan di antara mereka dengan adil sesuai dengan apa yang mereka kerjakan, dan mereka tidak dizalimi sedikit pun.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 54 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 55 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 56, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 57, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 58, Makna Surat Yunus Ayat 59

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!