Daftar Isi > At-Taubah > At-Taubah 63

Surat At-Taubah Ayat 63

أَلَمْ يَعْلَمُوٓا۟ أَنَّهُۥ مَن يُحَادِدِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَأَنَّ لَهُۥ نَارَ جَهَنَّمَ خَٰلِدًا فِيهَا ۚ ذَٰلِكَ ٱلْخِزْىُ ٱلْعَظِيمُ

Arab-Latin: A lam ya'lamū annahụ may yuḥādidillāha wa rasụlahụ fa anna lahụ nāra jahannama khālidan fīhā, żālikal-khizyul-'aẓīm

Artinya: Tidaklah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya nerakan jahannamlah baginya, kekal mereka di dalamnya. Itu adalah kehinaan yang besar.

« At-Taubah 62At-Taubah 64 »

Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Tafsir Surat At-Taubah Ayat 63 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 63 dengan text arab, latin dan artinya. Diketemukan bermacam penafsiran dari beragam ahli ilmu berkaitan isi surat At-Taubah ayat 63, di antaranya seperti di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Tidaklah orang-orang munafik itu , mengetahui bahwa tempat kembali orang-orang yang memerangi Allah dan rasulNya adalah neraka jahanam, yang merupakan tempat mereka mendapatkan siksaaan abadi di dalamya? tempat kembali tersebut merupakan tempat kehinaan dan kenistaan yang besar. Dan diantara bentuk memerangi adalah melancarkan gangguan terhadap rasulullah dengan mencela dan merendahkan kehormatannya. Kita berlindung Hanya kepada Allah dari hal itu.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

63. Tidakkah orang-orang munafik itu menyadari bahwa dengan perbuatan mereka itu berarti mereka sedang melawan Allah dan rasul-Nya, dan bahwa orang yang melawan Allah dan rasul-Nya kelak akan masuk ke dalam Neraka Jahanam di hari Kiamat untuk selama-lamanya? Itulah kehinaan dan kenistaan yang besar.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

63. Tidakkah orang-orang munafik itu mengetahui bahwa perbuatan mereka itu telah menjadikan mereka memusuhi Allah dan rasul-Nya; dan barangsiapa yang memusuhi Allah dan rasul-Nya, pada hari kiamat akan masuk neraka jahanam selama-lamanya, dan itulah kehinaan yang besar.


Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

63. أَلَمْ يَعْلَمُوٓا۟ أَنَّهُۥ مَن يُحَادِدِ اللهَ وَرَسُولَهُۥ (Tidaklah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya)
Yakni yang menentang keduanya.

ذٰلِكَ (Itu adalah)
Yakni azab itu.

الْخِزْىُ الْعَظِيمُ(kehinaan yang besar)
Yakni kehinaan dan kerendahan apabila menimpa orang yang angkuh.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

63. Apakah orang-orang munafik itu tidak tahu bahwa barangsiapa menentang Allah dan rasulullah, maka baginya itu neraka Jahannam, mereka abadi di dalamnya. Azab tersebut sangat rendah dan hina.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah mereka tidak mengetahui bahwa siapa yang menentang} mendurhakai dan menentang {Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya neraka Jahanam baginya. dia kekal di dalamnya. Itulah kehinaan} kerendahan dan kehinaan {yang besar


Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

63. Ini adalah penentangan dan permusuhan kepada Allah, dan Allah telah mengancam orang yang menentangnya dengan FirmanNya, “Tidakkah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan RasulNya,” di mana dia berada di jalur dan jalan yang menjauhkan dari Allah dan RasulNya, dengan meremehkan perintah Allah dan melakukan laranganNya, “maka sesungguhnya Neraka Jahanamlah baginya, dia kekal di dalamnya,” dan “itu adalah kehinaan yang besar”, yang tiada kehinaan yang lebih buruk dan lebih jelek daripadanya, di mana mereka kehilangan nikmat yang kekal, dan meraih azab Neraka Jahim. Kita berlindung kepada Allah dari keadaan mereka.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 63

Tidakkah mereka, orang-orang munafik, mengetahui betul bahwa barang siapa menentang, tidak menaati perintah Allah dan perintah rasulnya serta menyakiti hatinya, maka sesungguhnya neraka jahanamlah baginya, dia kekal di dalamnya. Itulah kehinaan dan kecelakaan yang besarorang-orang munafik itu sadar bahwa sesungguhnya mereka bohong, sehingga mereka takut jika diturunkan suatu surah yang menerangkan, mengungkap, dan membeberkan apa yang tersembunyi di dalam hati mereka yang tidak sesuai dengan ucapan dan perilakunya. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, kepada mereka, teruskanlah berolok-olok terhadap Allah dan rasul-Nya sesuka hatimu. Sesungguhnya Allah akan menurunkan ayat-ayat-Nya kepada rasul-Nya untuk mengungkapkan apa yang kamu takuti untuk diungkap itu, yakni sikap kemu-nafikanmu.


Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Itulah sekumpulan penafsiran dari banyak ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat At-Taubah ayat 63 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita. Bantulah perjuangan kami dengan memberi backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Kautsar
  2. al-Balad
  3. al-Waqi’ah
  4. al-Baqarah
  5. al-Insyirah
  6. Yunus 40-41
  7. Luqman 14
  8. Luqman 13-14
  9. al-Fatihah
  10. al-Kahfi
  11. Al-Mujadalah 11
  12. An-Nur 2
  13. Al-Isra 32
  14. Al-Ma’idah 32
  15. Yasin
  16. ar-Rahman
  17. Al-Baqarah 153
  18. Al-Hujurat 12
  19. ‘Abasa
  20. al-A’la
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:
 
🔗 tafsirweb.com/start
 
*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: