Surat Al-A’raf Ayat 163

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَسْـَٔلْهُمْ عَنِ ٱلْقَرْيَةِ ٱلَّتِى كَانَتْ حَاضِرَةَ ٱلْبَحْرِ إِذْ يَعْدُونَ فِى ٱلسَّبْتِ إِذْ تَأْتِيهِمْ حِيتَانُهُمْ يَوْمَ سَبْتِهِمْ شُرَّعًا وَيَوْمَ لَا يَسْبِتُونَ ۙ لَا تَأْتِيهِمْ ۚ كَذَٰلِكَ نَبْلُوهُم بِمَا كَانُوا۟ يَفْسُقُونَ

Arab-Latin: Was`al-hum 'anil-qaryatillatī kānat hāḍiratal-baḥr, iż ya'dụna fis-sabti iż ta`tīhim ḥītānuhum yauma sabtihim syurra'aw wa yauma lā yasbitụna lā ta`tīhim, każālika nablụhum bimā kānụ yafsuqụn

Artinya: Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik.

« Al-A'raf 162Al-A'raf 164 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Mengenai Surat Al-A’raf Ayat 163

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 163 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan mendalam dari ayat ini. Diketemukan beragam penafsiran dari para mufassir berkaitan isi surat Al-A’raf ayat 163, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan tanyakanlah (wahai rasul), kepada orang-orang yahudi tentang berita penduduk negeri yang dahulu bermukim di dekat laut (merah), ketika penduduknya berbuat melampaui batas pada hari sabtu terhadap larangan-laranagn Allah, lantaran mereka diperintahkan oleh Allah untuk mengagungkan hari sabtu dan tidak berburu ikan pada hari itu. lalu Allah menguji mereka dan memberikan cobaan kepada mereka; dimana ikan-ikan datang kepada mereka pada hari sabtu dengan sangat banyak lagi mengapung-ngapung di permukaan air laut. Apabila hari sabtu berlalu, ikan-ikan itu pun pergi ke dalam laut, sehingga mereka tidak melihat sedikitpun dari ikan-ikan tersebut. Kemudian merekapun mengadakan rekayasa, mereka mungurung ikan-ikan itu dalam kurungan-kurungan pada hari sabtu, lalu menangkapinya setelah hari itu. Dan demikianlah sebagaimana kami telah gambarkan bagi kalian bentuk cobaan dan ujian denga menapakan ikan di atas permukaan air pada hari yang diharamkan atas mereka untuk berburu padanya, dan menyembunyikannya pada hari yang dihalalkan bagi mereka untuk menangkapnya, demikianlah pula kami menguji mereka di sebabkan perbuatan fasik mereka dan keluarnya mereka dari ketaatan Allah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

163. Hai Muhammad, tanyalah orang-orang Yahudi itu tentang kisah kaum mereka yang menyelisihi perintah Allah, sehingga Dia menyiksa mereka dengan tiba-tiba.

Jumhur ahli tafsir berpendapat bahwa negeri itu merupakan negeri yang terletak di tepi pantai, yaitu negeri Aylah yang terletak di antara negeri Madyan dan Thur. Para penduduknya melanggar kehormatan hari sabtu yang Allah jadikan sebagai hari larangan untuk berburu, sebagai ujian bagi mereka. Namun mereka melanggar ketetapan Allah dan melakukan perburuan pada hari itu.

Allah menguji mereka dengan menjadikan ikan paus mendatangi mereka pada hari sabtu, paus itu menampakkan diri di permukaan air dan mendekati daratan sehingga memungkinkan bagi mereka untuk menangkapnya dengan mudah, namun jika hari sabtu telah berlalu, paus itu tidak lagi mendatangi mereka.

Kefasikan yang mereka perbuat mengundang ujian dari Allah, kalaulah mereka tidak berbuat fasik niscaya mereka akan dijauhkan dari ujian ini.

Namun mereka menyusun rencana untuk menangkap paus itu; mereka menggali lubang dan memasangkan jaring padanya, dan ketika telah datang hari sabtu, paus itu datang dan terperangkap dalam jaring tersebut. Namun mereka tidak mengambil ikan itu pada hari sabtu, akan tetapi mereka ambil pada hari minggu. Sangat banyak rencana dan tipu daya yang mereka buat untuk melakukan perbuatan haram.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

163. Dan tanyakanlah -wahai Rasul- kepada orang-orang Yahudi untuk mengingatkan mereka akan hukuman yang pernah menimpa para pendahulu mereka tentang kisah penduduk desa yang ada di dekat laut. Yaitu ketika mereka melanggar larangan Allah dengan menangkap ikan di hari Sabtu setelah mereka dilarang melakukan hal itu. Ketika itu Allah menguji mereka dengan membuat ikan-ikan muncul ke permukaan air laut di hari Sabtu, sedangkan di hari-hari lainnya tidak muncul. Allah memberi mereka ujian itu karena mereka tidak taat kepada Allah dan berbuat maksiat. Kemudian mereka membuat taktik menangkap ikan dengan cara memasang jaring dan menggali lubang-lubang sehingga ikan-ikan yang muncul pada hari Sabtu terjebak di sana. Lalu mereka mengambil ikan-ikan yang terjebak di sana pada hari Ahad dan memakannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

163. وَسْـَٔلْهُمْ (Dan tanyakanlah kepada Bani Israil)
Sebagai pengingat bagi mereka atas apa yang telah menimpa para pendahulu mereka, bagaimana Allah mengutuk mereka ketika mereka bermain-main dengan agama-Nya, dan menyiasati perintah dan larangan-Nya.

عَنِ الْقَرْيَةِ الَّتِى كَانَتْ حَاضِرَةَ الْبَحْرِ (tentang negeri yang terletak di dekat laut)
Terdapat pendapat mengatakan yakni di negeri Ailah sebelah Aqabah.
Pendapat lain mengatakan yakni di Thabariah (Tiberias).

إِذْ يَعْدُونَ (ketika mereka melanggar aturan)
Yakni yang melebihi batas-batas yang telah ditentukan Allah dengan tetap berburu di hari sabtu yang telah dilarang untuk bekerja di hari itu.
Sebagaimana disebutkan bahwa mereka tidak menangkap ikan secara terang-terangan namun dengan menggunakan tipu daya, yaitu dengan memasang jaring di hari jum’at, dan mendapat ikan buruan di hari sabtu, lalu mereka mengambilnya di hari ahad. Namun secara tekstual, ayat ini menunjukkan bahwa mereka mengambil ikan itu di hari sabtu; wallahu a’lam tentang kejadian yang sebenarnya.

إِذْ تَأْتِيهِمْ حِيتَانُهُمْ يَوْمَ سَبْتِهِمْ شُرَّعًا وَيَوْمَ لَا يَسْبِتُونَ ۙ لَا تَأْتِيهِمْ ۚ كَذٰلِكَ نَبْلُوهُم (di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka)
Allah menguji mereka karena kefasikan yang muncul pada mereka, dengan datangnya ikan-ikan kepada mereka dengan jelas di permukaan laut pada hari sabtu, ditempat yang dekat dan mudah sekali ditangkap; dan di hari-hari yang lain ikan-ikan itu tidak muncul dan susah sekali mereka tangkap.
Dan ini merupakan ujian bagi mereka dalam kemampuan mereka bersabar untuk menjauhi larangan-larangan Allah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

163. Wahai Nabi, tanyakanlah tentang apa yang terjadi pada penduduk negeri (Ailah) yang berada di samping pegunungan yang ada di atas pesisir laut merah, ketika mereka menyalahi dan melewati batas-batas Allah dengan tetap melaut di hari sabtu sedangkan mereka sudah dilarang, dan ketika ikan-ikan bermunculan di atas permukaan air menghampiri mereka pada hari sabtu dimana mereka diharamkan untuk bekerja, sedangkan pada hari lain, ikan-ikan itu tidak bermunculan menghampiri mereka. Seperti itulah, Kami memberi musibah yang berat itu akibat kefasikan mereka. Dan dalam hal itu terdapat ujian untuk mengetahui kapasitas kemampuan mereka untuk bersabar atas sesuatu yang haram


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Tanyakanlah kepada mereka} tanyakanlah kepada orang-orang Yahudi itu {tentang negeri yang terletak di dekat} di samping {laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabat} mereka melampaui batas dengan memancing pada hari sabtu yaitu diharamkan atas mereka{ketika datang kepada mereka ikan-ikan mereka pada hari sabat} pada hari mereka mengagungkan yang diperintahkan pada hari sabat {bermunculan di permukaan air} muncul di permukaan air {Pada hari-hari yang bukan Sabat} di hari-hari selain hari sabat {ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami menguji mereka} menguji mereka {karena mereka selalu berlaku fasik


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

163. ”dan tanyakanlah kepada bani israil tentang negeri yang terletak di dekat laut” di pantai ketika mereka melanggar dan Allah menghukum mereka “ketika mereka melanggar pada hari sabtu” padahal Allah telah memerintahkan mereka agar menghormatinya dan mengagungkannya dengan tidak menangkap ikan pada hari itu, lalu Allah menguji mereka, dimana hari sabtu ikan-ikan besar muncul di permukaan laut dalam jumlah yang banyak. ”dan di hari hari yang bukan sabtu” yakni jika hari sabru “ikan–ikan itu tidak datang kepada mereka” yakni ia menghilang dan tidak melihat seekorpun “Demikianlah kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik” kefasikan mereka yang menyebabkan Allah menguji mereka dengan ujian tersebut karena jika mereka tidak demikian niscaya Allah membebaskan mereka dan tidak menimpakan ujian dan keburukan kepada mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Konteks ayat ini adalah penjelasan dari firman Allah SWT: (Dan sesungguhnya telah kalian ketahui orang-orang yang melanggar di antara kalian pada hari sabtu (65)) (Surah Al-Baqarah), Allah SWT berfirman kepada nabiNya SAW (Dan tanyakanlah kepada mereka (Bani Israil)) yaitu bertanyalah kepada orang-orang Yahudi yang ada di dekatmu tentang kisah teman-teman mereka yang menentang perintah Allah. lalu mereka seketika ditimpa kemurkaan Allah yang karena perbuatan, pelanggaran, dan tipu daya mereka dalam menentang perintah. Allah memperingatkan mereka dari menyembunyikan sifatmu yang mereka dapati dalam kitab-kitab mereka, agar mereka tidak ditimpa oleh sesuatu yang pernah menimpa saudara-saudara mereka terdahulu. Kota ini adalah ialah kota yang ada di tepi laut Al-Qalzum.
Firman Allah: (ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu) yaitu mereka melanggar dan menentang perintah Allah di hari Sabtu pada saat itu. (di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air pada hari Sabtunya)
Adh-Dhahhak meriwayatkan dari Ibnu Abbas, yaitu terlihat di permukaan air. Al-Aufi meriwayatkan dari Ibnu Abbas secara syar’i bahwa itu dari segala tempat.
Ibnu Jarir berkata tentang firmanNya (dan di hari-hari bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka) yaitu Kami menguji mereka dengan menampakkan ikan-ikan itu bagi mereka di permukaan air pada hari dimana perburuan itu dilarang dan menyembunyikan ikan-ikan itu pada hari dimana perburuan itu diperbolehkan bagi mereka (Demikianlah Kami mencoba mereka) yaitu Kami menguji mereka (disebabkan mereka berlaku fasik) Dia berfirman,”Akibat kedurhakaan dan penyimpangan mereka dari ketaatan kepada Allah. Mereka adalah suatu kaum yang membuat tipu muslihat untuk melanggar hal-hal yang diharamkan Allah dengan melakukan sebab-sebab yang tampak yang diperbolehkan namun maksud sebenarnya adalah melakukan hal yang diharamkan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 163: Sebagai celaan untuk mereka.

Yaitu kota Eliah yang terletak di pantai laut merah antara kota Madyan dan bukit Thur.

Menurut aturan itu, mereka tidak boleh bekerja pada hari Sabtu, karena hari Sabtu dikhususkan untuk beribadah, namun mereka malah menjaring ikan pada hari itu dengan meletakkan jaringnya di sana.

Sikap mereka yang selalu berbuat fasik itulah yang menyebabkan mereka mendapatkan ujian tersebut. Ikan-ikan datang kepada mereka pada hari Sabtu, sedangkan pada hari-hari yang lain tidak datang, maka mereka mensiasatinya dengan membuat galian, lalu meletakkan jaring padanya. Ketika tiba hari Sabtu dan ikan-ikan terjaring ke dalamnya, mereka tidak mengambilnya pada hari itu, pada hari Ahadlah mereka mengambilnya sebagai helat mereka (sikap cari celah dan kesempatan). Kemudian perbuatan itu banyak dilakukan pula oleh yang lain sehingga keadaan mereka terbagi menjadi tiga golongan; (1) golongan yang ikut membuat galian dan meletakkan jaring, (2) golongan yang melarang, dan (3) golongan yang tidak menjaring dan tidak melarang (atau merasa cukup dengan nahi mungkar oleh selain mereka). Golongan yang ketiga inilah yang berkata kepada golongan kedua yang melakukan nahi mungkar (lihat ayat selanjutnya).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 163

Nikmat berikutnya adalah nikmat melimpahnya ikan buat mereka di hari ibadah. Dan tanyakanlah wahai nabi Muhammad, yakni kepada mereka orang-orang yahudi yang hidup pada masamu tentang kisah penduduk negeri yang terletak di dekat laut, yaitu kota ailah yang terletak di pantai laut merah, atau tepatnya di teluk aqabah, ketika mereka melanggar aturan Allah pada hari sabat, yang menurut aturan mereka merupakan hari yang dikhususkan untuk ibadah dan terlarang untuk bekerja dan mencari ikan, yaitu ketika datang kepada mereka ikan-ikan yang berada di sekitar mereka yang bagaikan terapung-apung di permukaan air, padahal pada hari-hari yang bukan sabat ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah kami menguji mereka disebabkan mereka sering kali berlaku fasik, keluar dari ketaatan kepada alla setelah menjelaskan keadaan para pendurhaka itu, ayat ini menguraikan sikap orang-orang yang sebelum ini pada ayat 159 telah disinggung, yaitu umat nabi musa yang memberi petunjuk kepada kebenaran. Ayat ini menyatakan, dan ingatlah ketika suatu umat di antara mereka, yaitu tatkala sekelompok orang-orang saleh dari leluhur bani israil'yang tidak berbuat jahat seperti yang lainnya'bertanya kepada mereka yang menasihati orang-orang yang berbuat jahat dengan berkata, mengapa kamu bersusah payah menasihati kaum yang akan dibinasakan sehingga punah sama sekali karena dosa yang mereka lakukan, atau diazab oleh Allah di akhirat nanti dengan azab yang sangat keras' mereka menjawab, kami melakukan itu agar kami mempunyai alasan dan pelepas tanggung jawab kepada tuhanmu, dan sebenarnya kami berharap agar mereka bertakwa. Alasan mereka itu ialah mereka telah melaksanakan perintah Allah untuk memberi peringatan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penafsiran dari beragam mufassir mengenai makna dan arti surat Al-A’raf ayat 163 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Support usaha kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dilihat

Nikmati banyak topik yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Luqman 14, Al-Baqarah 153, Ar-Ra’d 11, Al-‘Adiyat, Al-An’am, Juz al-Qur’an. Serta Al-Balad, Al-Baqarah 185, Al-Maidah, Al-Fajr, Al-Insyirah 5-6, Ali Imran 190-191.

  1. Luqman 14
  2. Al-Baqarah 153
  3. Ar-Ra’d 11
  4. Al-‘Adiyat
  5. Al-An’am
  6. Juz al-Qur’an
  7. Al-Balad
  8. Al-Baqarah 185
  9. Al-Maidah
  10. Al-Fajr
  11. Al-Insyirah 5-6
  12. Ali Imran 190-191

Pencarian: ali imran ayat 148, al mulk ayat 11, al hijr ayat 6, walyatalattaf artinya, ayat al fil

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: