Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-An’am Ayat 64

قُلِ اللَّهُ يُنَجِّيكُمْ مِنْهَا وَمِنْ كُلِّ كَرْبٍ ثُمَّ أَنْتُمْ تُشْرِكُونَ

Arab-Latin: Qulillāhu yunajjīkum min-hā wa ming kulli karbin ṡumma antum tusyrikụn

Terjemah Arti: Katakanlah: "Allah menyelamatkan kamu dari bencana itu dan dari segala macam kesusahan, kemudian kamu kembali mempersekutukan-Nya".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Katakanlah kepada mereka (wahai rasul), ”hanya Allah lah semata yang mampu menyelamatkan kalian dari marabahaya tersebut dan dari segala kesulitan. Namun setelah itu, kalian menyekutukan Nya dalam ibadah dengan selainNya.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

64. Katakanlah -wahai Rasul-, “Allah-lah yang dapat menyelamatkan kalian dari bencana-bencana itu dan membebaskan kalian dari segala macam kesulitan. Tetapi setelah itu kalian menyekutukan-Nya dengan yang lain di kala jaya. Adakah kezaliman yang lebih besar dari kezaliman yang kalian lakukan?”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

64 قُلِ اللهُ يُنَجِّيكُم مِّنْهَا (Katakanlah: “Allah menyelamatkan kamu dari bencana itu)
Yakni dari bencana yang besar tersebut.

وَمِن كُلِّ كَرْبٍ (dan dari segala macam kesusahan)
Makna (الكرب) yakni duka cita yang menyelimuti jiwa.

ثُمَّ أَنتُمْ تُشْرِكُونَ (kemudian kamu kembali mempersekutukan-Nya)
Setelah Allah berbuat baik kepada kalian dengan menyelamatkan kalian dari bencana dan duka cita. Sedangkan sekutu-sekutu kalian tidak dapat memberi kalian manfaat, lalu bagaimana kalian bisa menempatkan kesyirikan ini ditempat rasa syukur yang kalian janjikan untuk kalian lakukan?

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

64 Katakanlah kepada mereka wahai Nabi: “Hanya Allahlah Yang menyelamatkan kamu dari bencana (kedzaliman) dan dari segala khayalan serta duka. Namun setelah itu kamu kembali mempersekutukan-Nya dengan menyembah selain Allah. Setelah kalian diberi anugerah. Bahkan sesembahan kalian itu tidak mampu memberi manfaat atau bahaya sedikitpun”.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah maha mengetahui realitas hidup manusia, termasuk yang diselamatkan dari keadaan yang mengancam jiwanya, di mana pada akhirnya janji-janji itu dilupakan. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, Allah yang menyelamatkan kamu dari bencana itu dan dari segala macam kesusahan, namun kemudian kamu kembali mempersekutukan-Nya. Sungguh buruk perilaku manusia itu. Mereka sendiri yang berjanji untuk taat kepada Allah, dan mereka sendiri pula yang mengingkarinyasebagaimana Allah mahakuasa menyelamatkan manusia dari bencana, Allah pun mahakuasa menimpakan bencana kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, wahai para pendurhaka, jangan kalian merasa aman dari siksa Allah, karena dialah yang berkuasa mengirimkan azab yang amat pedih kepadamu. Azab itu bisa datang dari atas seperti badai topan, kilat yang menyambar, atau dari bawah kakimu seperti gempa dan banjir bandang, atau dapat juga berupa dia mencampurkan kamu yakni memecah belah masyarakat kamu ke dalam golongan-golongan yang saling bertentangan dan saling bermusuhan sehingga merasakan kepada sebagian kamu keganasan sebagian yang lain. Maka perhatikanlah, bagaimana kami menjelaskan dengan berbagai cara dan juga secara berulang-ulang tanda-tanda kekuasaan kami agar mereka memahami-Nya. Dan ternyata kaummu, wahai nabi Muhammad, baik yang hidup pada masamu maupun sesudahnya, mendustakannya, yakni mendustakan azab, padahal azab itu benar adanya. Katakanlah, hai nabi Muhammad, kalau kalian memang tetap durhaka kepada Allah, ketahuilah bahwa aku ini bukanlah penanggung jawab kamu yang dapat membela kamu ketika azab itu datang.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-An’am Ayat 65 Arab-Latin, Surat Al-An’am Ayat 66 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-An’am Ayat 67, Terjemahan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 68, Isi Kandungan Surat Al-An’am Ayat 69, Makna Surat Al-An’am Ayat 70

Category: Surat Al-An'am

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!