Surat Ali ‘Imran Ayat 6

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هُوَ ٱلَّذِى يُصَوِّرُكُمْ فِى ٱلْأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَآءُ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Arab-Latin: Huwallażī yuṣawwirukum fil-ar-ḥāmi kaifa yasyā`, lā ilāha illā huwal-'azīzul-ḥakīm

Artinya: Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

« Ali 'Imran 5Ali 'Imran 7 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Tentang Surat Ali ‘Imran Ayat 6

Paragraf di atas merupakan Surat Ali ‘Imran Ayat 6 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran penting dari ayat ini. Diketemukan berbagai penafsiran dari para mufassirun berkaitan isi surat Ali ‘Imran ayat 6, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dialah satu satuNYA dzat yang menciptakan kalian dalam rahim-rahim ibu-ibu kalian sebagaimna yang dikehendakiNYA, apakah kalian menjadi laki-laki atau perempuan, bersifat baik atau buruk, celaka atau bahagia. Tidak ada tuhan sesembahan yang patut di ibadahi kecual DIA. DIA maha perkasa yang tidak terkalahkan, juga maha bijaksana dalam penetapan perintah dan pengaturanNYA.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

6. Dia lah yang menciptakan kalian dalam beragam bentuk di dalam perut ibu kalian menurut kehendak-Nya, baik berupa laki-laki maupun wanita, cantik maupun jelek, putih maupun hitam. Tidak ada yang berhak disembah dengan penuh cinta dan rasa hormat selain Dia, Yang Maha Perkasa, Yang tidak ada yang dapat mengalahkan-Nya, lagi Maha Bijaksana dalam penciptaan-Nya, pengaturan-Nya dan penetapan syariat-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

6. هُوَ الَّذِى يُصَوِّرُكُمْ فِى الْأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَآءُ ۚ (Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya)
Yakni menjadikannya laki-laki atau perempuan, berparas bagus atau jelek, hitam atau putih, dan tinggi atau pendek; dan juga membentuk organ tubuh mereka seperti, mata, telinga, hidung, kedua tangan dan kaki, dan yang lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

6. Dialah Dzat yang menciptakan kalian dalam rahim-rahim (ibu) sesuai kehendakNya baik laki-laki maupun perempuan, bagus atau jelek, dan sifat yang lainnya, Tiada Tuhan selain Dia. Dialah Dzat Yang Maha Kuat dalam kerajaanNya lagi Maha Bijaksana dalam tindakan dan aturanNya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dialah yang membentuk kalian} menciptakan bentuk kalian yang bermacam-macam {dalam rahim sebagaimana yang Dia kehendaki. Tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha perkasa lagi Maha bijaksana


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

5-6. Dan di antara kesempurnaan pengurusan-Nya terhadap hamba-hamba-Nya bahwa ilmuNya meliputi seluruh makhluk, ”bagi Allah tidak ada satupun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit, ” hingga apa yang ada di dalam perut wanita-wanita hamil Allah-lah ”yang membentuk kamu dalam Rahim sebagaimana kehendaknya, ’ berupa laki-laki, wanita, bentuk yang sempurna, bentuk yang cacat, yang selalu berganti tahapan pembentukanya dan keindahan hikmahnya. Oleh karena Dia-lah Dzat yang seperti ini terhadap hamba-hambanya dan perhatiannya yang besar terhadap kondisi mereka dari pemulaan dia sekutu baginya dalam semua itu, maka menjadi jelaslah tidak ada yang diibadahi kecuali dia, ”tidak ada tuhan yang berhak di sembah melainkan dia yang maha perkasa, ”yang menguasai segala makhluk dengan kekuatanya, dan perkasa dari sipat kekurangan atau dari sipat tercela, ”lagi maha bijaksana, ” dalam penciptaan dan syari’atNya,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 5-6
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia mengetahui yang ghaib di langit dan di bumi; tidak ada apapun yang tersembunyi dariNya. (Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya) yaitu Dia menciptakan kalian dalam rahim sesuai kehendakNya baik laki-laki dan perempuan, yang baik dan yang buruk, yang menderita dan bahagia. (Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana) yaitu Dialah Dzat yang menciptakan, Dialah yang berhak atas keilahian, hanya Dia semata, tidak ada sekutu bagiNya. MilikNyalah keperkasaan yang tak tertandingi, hikmah serta hukum.
Ayat ini menunjukkan dengan tegas bahwa nabi Isa putera Maryam, adalah seorang hamba ciptaan Allah, sebagaimana Allah menciptakan seluruh manusia, karena Allah menciptakannya dalam rahim dan membentuknya sesuai dengan kehendakNya. Bagaimana mungkin dia bisa menjadi tuhan, seperti yang diklaim oleh orang-orang Nasrani (bagi mereka itu laknat Allah) sedangkan nabi Isa sendiri dalam rahim mengalami perubahan dari satu keadaan kepada keadaan lain? Sebagaimana Allah berfirman: (Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?) (Surah Az-Zumar: 6)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ali ‘Imran ayat 6: Ialah (Tuhan) yang merupakan kamu di dalam kandungan-kandungan sebagaimana Ia kehendaki, Tidak ada Tuhan melain kan Dia, Yang Maha Kuasa, Maha Bijaksana.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Misalnya dibentuk laki-laki atau perempuan, berkulit putih atau berkulit hitam.

Ayat-ayat di atas mengandung taqrir (pernyataan) terhadap keesaan Allah dan keberhakan-Nya untuk diibadati tidak selain-Nya, membatalkan sesembahan-sesembahan yang disembah selain-Nya, membantah keyakinan orang-orang Nasrani yang menyangka bahwa Nabi Isa 'alaihis salam berhak disembah. Demikian juga menunjukkan bahwa Allah Maha Hidup dan Maha Mengurus (Qayyumiyyah Tammah) yang mencakup semua sifat suci bagi-Nya, menerangkan syari'at-syari'at yang besar dan bahwa syari'at tersebut merupakan rahmat dan hidayah bagi manusia, menerangkan hukuman bagi mereka yang tidak mau mengambil syari'at yang diturunkan-Nya dan menyatakan luasnya ilmu Allah, terlaksananya apa yang Dia kehendaki dan menerangkan pula tentang hikmah(kebijaksanaan)-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ali ‘Imran Ayat 6

Hanya dialah yang membentuk kamu dalam rahim ibumu menurut yang dia kehendaki; laki-laki atau perempuan, baik atau buruk, bahagia atau sengsara. Tidak ada tuhan yang pantas disembah selain dia, yang mahaperkasa dan tidak terkalahkan, mahabijaksana dalam menetapkan dan mengelola segala sesuatu hanya dialah yang menurunkan kitab Al-Qur'an kepadamu, wahai nabi Muhammad, untuk engkau sampaikan dan jelaskan maksudnya kepada seluruh umat manusia. Apa yang diturunkan itu terdiri atas dua kelompok, di antaranya ada ayat-ayat yang muhkama't, yakni yang kandungannya sangat jelas, sehingga hampir-hampir tidak lagi dibutuhkan penjelasan tambahan untuknya, atau yang tidak mengandung makna selain yang terlintas pertama kali dalam benak. Ayat-ayat muhkama't itulah pokok-pokok kitab suci Al-Qur'an. Dan kelompok ayat-ayat yang lain dalam Al-Qur'an yaitu mutasyabihat, yakni ayat-ayat yang mengandung beberapa pengertian, samar artinya dan sulit dipahami kecuali setelah merujuk kepada yang muhkam, atau hanya Allah yang mengetahui maknanya. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti dengan sungguh-sungguh yang mutasya'biha't, dengan berpegang teguh kepada ayat-ayat itu semata-mata dan tidak menjadikan ayatayat muhkamat sebagai rujukan dalam memahami atau menetapkan artinya. Tujuan mereka melakukan itu adalah untuk mencari-cari fitnah, yakni kekacauan dan kerancuan berpikir serta keraguan di kalangan orang-orang beriman, dan untuk mencari-cari dengan sungguh-sungguh takwilnya yang sejalan dengan kesesatan mereka. Mereka melakukan itu padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan sikap mereka itu bertentangan dengan sikap ar-ra'sikhain faal-'ilm, yakni orang orang yang ilmunya mendalam dan imannya mantap. Atau, seperti dalam salah satu bacaan (qira'at) yang mutawa'tir, takwil ayat-ayat mutasyabihat itu juga dapat diketahui oleh ar-ra'sikhain fa al-'ilm. Dengan demikian, ayat-ayat mutasyabihat itu diturunkan untuk memotivasi para ulama agar giat melakukan studi, menalar, berpikir, teliti dalam berijtihad dan menangkap pesan-pesan agama. Orang-orang yang mendalam ilmunya dan mantap imannya itu berkata, kami beriman kepadanya, yakni Al-Qur'an, semuanya, yakni yang mutasyabihat dan muhkamat, berasal dari sisi tuhan kami. Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran dan memahami maknanya dengan baik dan benar kecuali orang yang berakal, yaitu orang-orang yang memiliki akal sehat yang tidak mengikuti keinginan hawa nafsu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjabaran dari banyak mufassir mengenai isi dan arti surat Ali ‘Imran ayat 6 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita bersama. Sokonglah dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dibaca

Baca berbagai halaman yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Asy-Syams, Al-Isra 23, Al-Mujadalah 11, Al-Baqarah 286, Az-Zalzalah, Al-Hujurat 12. Juga Al-Baqarah 83, An-Nur 2, At-Takatsur, Al-Ma’idah 2, Yunus 40-41, Ali Imran.

  1. Asy-Syams
  2. Al-Isra 23
  3. Al-Mujadalah 11
  4. Al-Baqarah 286
  5. Az-Zalzalah
  6. Al-Hujurat 12
  7. Al-Baqarah 83
  8. An-Nur 2
  9. At-Takatsur
  10. Al-Ma’idah 2
  11. Yunus 40-41
  12. Ali Imran

Pencarian: azzalzalah, wasyawirhum artinya, surat alburuj, az zumar 10, surat 9 ayat 9

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: