Surat Al-Haqqah Ayat 49

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽุง ู„ูŽู†ูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูู†ูƒูู… ู…ู‘ููƒูŽุฐู‘ูุจููŠู†ูŽ

Arab-Latin: Wa innฤ lana'lamu anna mingkum mukaลผลผibฤซn

Artinya: Dan sesungguhnya Kami benar-benar mengetahui bahwa di antara kamu ada orang yang mendustakan(nya).

ยซ Al-Haqqah 48 โœต Al-Haqqah 50 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Mengenai Surat Al-Haqqah Ayat 49

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Haqqah Ayat 49 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan bermacam penafsiran dari beragam mufassir berkaitan kandungan surat Al-Haqqah ayat 49, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

49-52. Sesungguhnya Kami mengetahui bahwa di antara kalian ada yang mendustakan al-Quran ini sekalipun ayat-ayatnya jelas, dan sesungguhnya mendustakan al-Quran adalah penyesalan besar atas orang-orang kafir saat mereka melihat azab yang menimpa mereka dan melihat kenikmatan yang didapatkan oleh orang-orang beriman. Sesungguhnya ia adalah kebenaran yang kokoh, yang tidak ada keraguan padanya. Maka sucikanlah Allah dari apa yang tidak layak bagiNya, dan sebutlah Dia dengan NamaNya Yang Agung.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

49. Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa di antara kalian ada yang mendustakan Al-Qur`ฤn ini.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ุง ู„ูŽู†ูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูู†ูƒูู… ู…ูู‘ูƒูŽุฐูู‘ุจููŠู†ูŽ (Dan sesungguhnya Kami benar-benar mengetahui bahwa di antara kamu ada orang yang mendustakan(nya))
Yakni sebagian kalian mendustakan al-Qurโ€™an, dan Kami akan membalas mereka karena perbuatan itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Sesungguhnya kami mengetahui sebagian di antara kalian wahai manusia, ada yang mendustakan Al-Quran dan Kami akan membalasnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya Kami benar-benar mengetahui bahwa di antara kalian ada orang-orang yang berdusta


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49. โ€œDan sesungguhnya Kami benar-benar mengetahui bahwa di antara kamu ada orang yang mendustakan (nya).โ€ Yakni al-Quran. Demikianlah, di dalamnya terdapat hardikan dan ancaman bagi orang-orang yang mendustakan, dan bahwa Allah akan mengazab mereka atas pendustaan mereka dengan hukuman yang sangat keras.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Haqqah ayat 49: 49-51. Allah mengabarkan bahwasanya Dia Maha Mengetahui dari manusia siapa yang mendustakan Al Qurโ€™an ini yang jelas ayat-ayatnya. Kemudian Allah mengabarkan bahwa Al Qurโ€™an ini didustkan oleh kafir dan ia akan dibangkitkan dan menyesal atas mereka (di hari kiamat). Allah juga mengabrkan bahwa hari kiamat adalah benar adanya dimana, apa saja yang Allah katakan pasti benar dan tidaklah Allah berkata kecuali kebenaran.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dalam ayat ini terdapat ancaman bagi orang-orang yang mendustakan Al Qurโ€™an, yaitu bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menghukum mereka dengan hukuman yang berat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Haqqah Ayat 49

48-49. Setelah dijelaskan bahwa Al-Qur'an bersumber dari Allah, kini diuraikan fungsi dari Al-Qur'an dan respons manusia atas kehadirannya. Dan sungguh, Al-Qur'an itu adalah pelajaran yang amat berharga bagi orang-orang yang bertakwa. Dan sungguh, kami mengetahui bahwa di antara kamu wahai manusia ada orang yang mendustakan disamping ada pula yang menerimanya dengan segala ketulusan hatinya. 50-52. Dan sungguh, Al-Qur'an itu akan benar-benar menimbulkan penyesalan bagi orang-orang kafir khususnya di akhirat nanti setelah mereka melihat pahala yang diperoleh bagi yang beriman dan mengetahui siksa yang mereka alami. Dan sungguh, Al-Qur'an itu adalah kebenaran yang meyakinkan tanpa ada sedikit pun keraguan. Maka bertasbihlah dengan menyebut nama tuhanmu yang mahaagung serta sucikanlah dia dari segala hal yang tidak layak bagi-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari berbagai ahli tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Al-Haqqah ayat 49 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita semua. Support perjuangan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Paling Sering Dikaji

Nikmati berbagai materi yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: An-Nur 26, Al-Jumu’ah 10, Al-Anfal, An-Nisa 29, Thaha, Ali ‘Imran 110. Termasuk Al-Jatsiyah, Al-Baqarah 152, Al-Ahzab 56, Al-Baqarah 168, Al-Insyirah 6, An-Nisa 146.

  1. An-Nur 26
  2. Al-Jumu’ah 10
  3. Al-Anfal
  4. An-Nisa 29
  5. Thaha
  6. Ali ‘Imran 110
  7. Al-Jatsiyah
  8. Al-Baqarah 152
  9. Al-Ahzab 56
  10. Al-Baqarah 168
  11. Al-Insyirah 6
  12. An-Nisa 146

Pencarian: annisa 136 dan artinya, surat al lail ayat 1-21 beserta artinya, arti dari al mu'min, qs al-baqarah ayat 2, baca doa setelah adzan

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: