Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Qalam Ayat 5

فَسَتُبْصِرُ وَيُبْصِرُونَ

Arab-Latin: Fa satubṣiru wa yubṣirụn

Terjemah Arti: Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir)pun akan melihat,

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

5-6. Tidak lama lagi kamu (wahai Rasul) dan orang-orang kafir itu akan tahu siapa yang terfitnah dan gila di antara kalian?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5 Maka kamu akan melihat dan para pendusta juga akan melihat.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5-6. فَسَتُبْصِرُ وَيُبْصِرُونَ بِأَييِّكُمُ الْمَفْتُونُ (Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir)pun akan melihat siapa di antara kamu yang gila)
Yakni kamu dan orang-orang kafir itu akan mengetahui ketika kebenaran telah tersingkap di hari kiamat, bahwa siapa dari dua golongan itu yang terkena penyakit gila.
Ini merupakan bantahan terhadap ucapan mereka bahwa Muhammad adalah orang gila dan sesat, oleh sebab itu Allah berfirman:
إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5-6. maka kamu dan orang-orang kafir itu akan melihat kejelasan dari kebenaran itu pada hari kiamat. Siapa di antara kalian yang gila, apakah kamu atau mereka?

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

5-6. Allah memberikan kabar baik kepada Nabi-Nya akan sesuatu yang dekat ﷺ bahwa mereka orang-orang musyrik Mekkah akan melihat dengan mata-mata mereka sendiri siapa di antara kalian yang gila ? Berkata Muqatil : Ini Adalah janji dan ancaman dengan adzab yang mereka dapatkan di perang Badr.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

5-6. Karena Allah menempatkan Rasulullah di posisi tertinggi dalam berbagai hal sedangkan para musuhnya menuduh sebagai orang gila dan sakit, maka Allah berfirman, “Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat, siapa di antara kamu yang gila,” jelas sudah, Rasulullah adalah orang yang paling lurus dan paling sempurna terhadap dirinya dan orang lain, sedangkan musuh-musuhnya adalah orang-orang yang paling sesat dan buruk. Mereka adalah orang-orang yang memfitnah dan menyesatkan hamba-hamba Allah dari jalanNya. Cukuplah Allah yang mengetahui tentang hal itu, karena Dia-lah yang akan memberi perhitungan dan membalas segala perbuatan.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menempatkan Beliau pada posisi yang paling tinggi, sedangkan musuh-musuhnya menuduh Beliau sebagai orang yang gila, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Maka kelak engkau akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat,-- Siapa di antara kamu yang gila?”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


5-6. Maka kelak engkau wahai nabi Muhammad akan melihat dan me-ngetahui, dan mereka yaitu orang-orang kafir itu pun akan melihat dan mengetahui ketika telah jelas kebenaran pada hari kiamat, siapa di antara kamu yang gila engkau atau mereka'5-6

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Qalam Ayat 6 Arab-Latin, Surat Al-Qalam Ayat 7 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Qalam Ayat 8, Terjemahan Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 9, Isi Kandungan Surat Al-Qalam Ayat 10, Makna Surat Al-Qalam Ayat 11

Category: Surat Al-Qalam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!