Surat Al-Qalam Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَسَتُبْصِرُ وَيُبْصِرُونَ

Arab-Latin: Fa satubṣiru wa yubṣirụn

Artinya: Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir)pun akan melihat,

« Al-Qalam 4Al-Qalam 6 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat Al-Qalam Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir berharga dari ayat ini. Terdapat beberapa penjelasan dari para ulama terhadap makna surat Al-Qalam ayat 5, misalnya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5-6. Tidak lama lagi kamu (wahai Rasul) dan orang-orang kafir itu akan tahu siapa yang terfitnah dan gila di antara kalian?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

5-7. Sungguh orang yang memiliki sifat-sifat yang mulia pasti bukan orang yang gila. Dan kamu pasti akan mengetahui -wahai Nabi yang mulia- dan orang-orang musyrik itu juga pasti akan mengetahui dengan pasti tentang siapa yang lebih layak dijuluki gila, ketika kebenaran telah tersingkap, dan ketika Allah telah menunjukkan kepada mereka dan seluruh makhluk apa yang Dia ketahui; Allah Maha Mengetahui siapa yang mengikuti jalan-Nya dan siapa yang berpaling darinya; dan Maha Mengetahui siapa yang gila dan siapa yang berakal.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5 Maka kamu akan melihat dan para pendusta juga akan melihat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5-6. فَسَتُبْصِرُ وَيُبْصِرُونَ بِأَييِّكُمُ الْمَفْتُونُ (Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir)pun akan melihat siapa di antara kamu yang gila)
Yakni kamu dan orang-orang kafir itu akan mengetahui ketika kebenaran telah tersingkap di hari kiamat, bahwa siapa dari dua golongan itu yang terkena penyakit gila.
Ini merupakan bantahan terhadap ucapan mereka bahwa Muhammad adalah orang gila dan sesat, oleh sebab itu Allah berfirman:
إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5-6. maka kamu dan orang-orang kafir itu akan melihat kejelasan dari kebenaran itu pada hari kiamat. Siapa di antara kalian yang gila, apakah kamu atau mereka?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kelak kamu akan melihat dan mereka pun akan melihat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

5-6. Karena Allah menempatkan Rasulullah di posisi tertinggi dalam berbagai hal sedangkan para musuhnya menuduh sebagai orang gila dan sakit, maka Allah berfirman, “Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat, siapa di antara kamu yang gila,” jelas sudah, Rasulullah adalah orang yang paling lurus dan paling sempurna terhadap dirinya dan orang lain, sedangkan musuh-musuhnya adalah orang-orang yang paling sesat dan buruk. Mereka adalah orang-orang yang memfitnah dan menyesatkan hamba-hamba Allah dari jalanNya. Cukuplah Allah yang mengetahui tentang hal itu, karena Dia-lah yang akan memberi perhitungan dan membalas segala perbuatan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 5: 5-6. Allah memberikan kabar baik kepada Nabi-Nya akan sesuatu yang dekat ﷺ bahwa mereka orang-orang musyrik Mekkah akan melihat dengan mata-mata mereka sendiri siapa di antara kalian yang gila ? Berkata Muqatil : Ini Adalah janji dan ancaman dengan adzab yang mereka dapatkan di perang Badr.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menempatkan Beliau pada posisi yang paling tinggi, sedangkan musuh-musuhnya menuduh Beliau sebagai orang yang gila, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Maka kelak engkau akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat,-- Siapa di antara kamu yang gila?”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 5

5-6. Maka kelak engkau wahai nabi Muhammad akan melihat dan me-ngetahui, dan mereka yaitu orang-orang kafir itu pun akan melihat dan mengetahui ketika telah jelas kebenaran pada hari kiamat, siapa di antara kamu yang gila engkau atau mereka'5-6


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penafsiran dari kalangan ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Qalam ayat 5 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita bersama. Sokonglah perjuangan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dibaca

Nikmati banyak materi yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 110, Al-Baqarah 168, Thaha, Al-Jumu’ah 10, Al-Baqarah 152, Al-Insyirah 6. Termasuk Al-Anfal, Al-Jatsiyah, An-Nisa 29, Al-Ahzab 56, An-Nisa 146, An-Nur 26.

  1. Ali ‘Imran 110
  2. Al-Baqarah 168
  3. Thaha
  4. Al-Jumu’ah 10
  5. Al-Baqarah 152
  6. Al-Insyirah 6
  7. Al-Anfal
  8. Al-Jatsiyah
  9. An-Nisa 29
  10. Al-Ahzab 56
  11. An-Nisa 146
  12. An-Nur 26

Pencarian: alam nasyrah laka shadrak surat apa, arti summum bukmum umyun fahum layarjiun, wata'awanu artinya, kandungan surah al hujurat ayat 10, tulislah salah satu ayat yang berhubungan dengan memanjangkan jilbab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: