Surat Al-Mulk Ayat 7

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِذَآ أُلْقُوا۟ فِيهَا سَمِعُوا۟ لَهَا شَهِيقًا وَهِىَ تَفُورُ

Arab-Latin: Iżā ulqụ fīhā sami'ụ lahā syahīqaw wa hiya tafụr

Artinya: Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak,

« Al-Mulk 6Al-Mulk 8 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Mengenai Surat Al-Mulk Ayat 7

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mulk Ayat 7 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir mendalam dari ayat ini. Ada sekumpulan penafsiran dari beragam mufassirun berkaitan kandungan surat Al-Mulk ayat 7, sebagiannya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

7. Bila orang-orang kafir itu dicampakkan ke dalam Jahanam, mereka mendengar darinya suara keras lagi buruk, ia mendidih dan bergejolak.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

7. Ketika orang kafir dilempar ke dalam neraka Jahannam maka akan menimbulkan suara yang sangat buruk dan mengerikan; dan ketika para penghuninya mendengar suara itu, azab dan ketakutan mereka semakin bertambah, dan neraka Jahannam ketika itu sangat bergejolak.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

7. Jika mereka dilemparkan ke dalam Neraka mereka mendengar suara yang mengerikan, dan Neraka itu mendidih seperti mendidihnya tungku.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

7. إِذَآ أُلْقُوا۟ فِيهَا (Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya)
Yakni jika mereka dilempar ke neraka seperti kayu yang dilempar ke dalam kobaran api.

سَمِعُوا۟ لَهَا شَهِيقًا(mereka mendengar suara neraka yang mengerikan)
Yakni suara yang mirip suara keledai ketika pertama bersuara.

وَهِىَ تَفُورُ(sedang neraka itu menggelegak)
Yakni neraka mendidih bersama mereka seperti periuk yang mendidih.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

7. Ketika mereka dilemparkan ke dalam neraka Jahanam. Di dalamnya mereka mendengar suara yang sangat mengerikan seperti suara keledai saat meringkik. Neraka itu menggodok mereka seperti panci penggodokan yang mendidih. Sebagian mereka berkata: “Yang dimaksud dengan Asy-Syahiq adalah sesuatu yang bergemirisik (suara misterius) yang disebutkan dalam ayat 1-2 surah Al-Anbiya’”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apabila mereka dilemparkan} mereka dilemparkan {ke dalamnya mereka pasti mendengar suaranya yang mengerikan} suara yang keras dan tidak menyenangkan {ketika membara} yang mendidih seperti mendidihnya tembaga dengan sesuatu yang ada di dalamnya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

7. “Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya,” dengan cara dihina dan direndahkan, “mereka mendengar suara neraka yang mengerikan,” yaitu suara (jeritan) keras yang menakutkan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 7: Allah mengabarkan bahwa mereka orang-orang kafir jika bertemu dengan neraka ini (dengan wajah mereka yang tertunduk dan pasrah); Mereka akan mendengar suara yang keras, dahsyat dan mengerikan. Dan suara tersebut mengguncangkan mereka, sebagaimana ketetapan bagi mereka yang juga diberikan makanan dari api.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni dengan dihinakan dan direndahkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 7

7-8. Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, karena kerasnya kobaran api, sedang neraka itu membara, dengan sangat dahsyatnya, hampir saja neraka meledak karena marah. Setiap kali ada sekumpulan orang-orang kafir dilemparkan ke dalamnya, para malaikat penjaga-penjaga neraka itu bertanya kepada mereka, 'apakah belum pernah ada orang yang datang memberi peringatan kepadamu di dunia tentang ancaman Allah''7-8


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjabaran dari banyak ulama tafsir mengenai makna dan arti surat Al-Mulk ayat 7 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Bantu dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Banyak Dikaji

Tersedia ratusan materi yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: An-Nisa 146, An-Nur 26, Ali ‘Imran 110, Al-Baqarah 168, Al-Anfal, Al-Jumu’ah 10. Termasuk Al-Insyirah 6, Al-Baqarah 152, An-Nisa 29, Thaha, Al-Jatsiyah, Al-Ahzab 56.

  1. An-Nisa 146
  2. An-Nur 26
  3. Ali ‘Imran 110
  4. Al-Baqarah 168
  5. Al-Anfal
  6. Al-Jumu’ah 10
  7. Al-Insyirah 6
  8. Al-Baqarah 152
  9. An-Nisa 29
  10. Thaha
  11. Al-Jatsiyah
  12. Al-Ahzab 56

Pencarian: surat alam taro kaifa, watawa saubil haq watawa saubis, surah walasri, bacaan surat al jin, arti dari wasyawirhum fil amri

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: