Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Waqi’ah Ayat 61

عَلَىٰ أَنْ نُبَدِّلَ أَمْثَالَكُمْ وَنُنْشِئَكُمْ فِي مَا لَا تَعْلَمُونَ

Arab-Latin: 'alā an nubaddila amṡālakum wa nunsyi`akum fī mā lā ta'lamụn

Terjemah Arti: Untuk menggantikan kamu dengan orang-orang yang seperti kamu (dalam dunia) dan menciptakan kamu kelak (di akhirat) dalam keadaan yang tidak kamu ketahui.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

60-61. Kami menetapkan kematian di antara kalian. Kami tidak lemah untuk merubah penciptaan kalian di Hari Kiamat dan menghidupkan kalian dalam keadaan dan sifat yang kalian tidak ketahui.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

61. Kami tidak lemah untuk menciptakan makhluk pengganti kalian atau yang serupa dengan kalian atau bahkan Kami mampu mencpitakan makhluk yang lebih baik dari kalian. Kami juga kuasa untuk menjadikan kalian dengan rupa yang buruk, yang bahkan kalian tidak bisa menggambarkan keburukannya.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

60-61. Ketahuilah wahai manusia bahwa Allah sajalah yang kuasa mematikan kalian dengan berbagai macam bentuk kematian yang Dia kehendaki, dan bahwasanya Allah tidak ada yang mampu melemahkan-Nya untuk dapat mencelakakan kalian dan menggantikan dengan ciptaan yang lain semisal dengan kalian (manusia). Allah juga tidak dapat dilemahkan akan ciptan-Nya pada hari kiamat, dan Allah menjadikan kalian tidak mengetahui bagaimana rupa (bentuk) kalian di hari kiamat yang berhubungan dengan kehidupan kalian yang abadi dan baru. Maka penghuni surga memiliki sifat dan kondisi sesuai keadaan mereka, begitu juga penghuni nereka.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

60-61. Wahai orang yang ingkar, ketahuilah bahwa kami telah menentukan kematian masing-masing di antara kamu sesuai kehendak kami, dan kami sekali-kali tidak pernah merasa lemah untuk menggantikan kamu yang ingkar dengan orang-orang yang seperti kamu di dunia ini, dan kami berkuasa pula untuk membangkitkan kamu kelak di akhirat dalam keadaan yang tidak kamu ketahui. 62. Allah pencipta seluruh makhluk, termasuk manusia. Dan sungguh, wahai orang yang mengingkari kebangkitan, kamu telah mengetahui bahwa Allah yang mahakuasa telah melakukan penciptaan manusia yang pertama, maka tentu dia kuasa pula untuk menghidupkan kembali mereka yang sudah mati pada penciptaan kedua. Maka, mengapakah kamu tidak mengambil pelajaran dari kekuasaan-Nya itu untuk meyakini adanya kebangkitan'

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Waqi’ah Ayat 62 Arab-Latin, Surat Al-Waqi’ah Ayat 63 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Waqi’ah Ayat 64, Terjemahan Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat 65, Isi Kandungan Surat Al-Waqi’ah Ayat 66, Makna Surat Al-Waqi’ah Ayat 67

Category: Surat Al-Waqi'ah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Tafsir Al Waqiah Ayat 61