Surat Muhammad Ayat 27

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ููŽูƒูŽูŠู’ููŽ ุฅูุฐูŽุง ุชูŽูˆูŽูู‘ูŽุชู’ู‡ูู…ู ูฑู„ู’ู…ูŽู„ูŽูฐู“ุฆููƒูŽุฉู ูŠูŽุถู’ุฑูุจููˆู†ูŽ ูˆูุฌููˆู‡ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุฏู’ุจูŽูฐุฑูŽู‡ูู…ู’

Arab-Latin: Fa kaifa iลผฤ tawaffat-humul-malฤ`ikatu yaแธribแปฅna wujแปฅhahum wa adbฤrahum

Artinya: Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mencabut nyawa mereka seraya memukul-mukul muka mereka dan punggung mereka?

ยซ Muhammad 26 โœต Muhammad 28 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Dengan Surat Muhammad Ayat 27

Paragraf di atas merupakan Surat Muhammad Ayat 27 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan penting dari ayat ini. Ditemukan aneka ragam penafsiran dari berbagai mufassirun terhadap isi surat Muhammad ayat 27, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bagaimana keadaan mereka saat para malaikat mencabut ruh mereka dan para malaikat itu memukuli wajah-wajah dan punggung-punggung mereka?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

27. Bagaimana engkau lihat siksa yang mereka rasakan dan kondisi mengenaskan yang menimpa mereka jika nyawa mereka dicabut oleh malaikat yang ditugaskan untuk mencabut nyawa mereka sambil memukul wajah mereka punggung mereka dengan cambuk-cambuk besi.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

27. ููŽูƒูŽูŠู’ููŽ ุฅูุฐูŽุง ุชูŽูˆูŽููŽู‘ุชู’ู‡ูู…ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูฐู“ุฆููƒูŽุฉู (Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mencabut nyawa mereka)
Yakni bagaimana pengetahuan-Nya tentang rahasia mereka jika malaikat telah mencabut nyawa mereka.
Pendapat lain mengatakan maknanya adalah apa yang dapat mereka perbuat ketika malaikat telah mencabut nyawa mereka.

ูŠูŽุถู’ุฑูุจููˆู†ูŽ ูˆูุฌููˆู‡ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุฏู’ุจูฐุฑูŽู‡ูู…ู’ (seraya memukul-mukul muka mereka dan punggung mereka?)
Yakni jika azab ditangguhkan bagi mereka maka keadaan mereka kelak akan seperti itu.
Pendapat lain mengatakan bahwa hal ini ketika peperangan terjadi, dan para malaikat memberi pertolongan bagi Rasulullah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

27. Bagaimana jadinya keadaan mereka ketika malaikat mencabut nyawa mereka. Malaikat memukul-mukul muka dan punggung mereka dengan penjepit dari besi. Sehingga ruh mereka keluar dengan pedih dan keras.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka bagaimana} keadaan mereka {apabila malaikat mewafatkan mereka serta memukul wajah dan punggung mereka


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

27. โ€œBagaimanakah ,โ€ engkau melihat kondisi mereka yang buruk serta pemandangan mereka yang mengerikan, โ€œApabila malaikat (maut) mencabut nyawa mereka,โ€ yakni para malaikat yang ditugaskan untuk mencabut nyawa mereka, โ€œseraya memukul muka dan punggung mereka,โ€ dengan alat pemukul secara keras.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 24-28
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada manusia untuk merenungkan dan memahami Al-Qur'an. Serta melarang mereka berpaling dari Al-Qur'an. Jadi Allah berfirman: (Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qurโ€™an ataukah hati mereka terkunci? (24)) yaitu, bahkan pada hati mereka terdapat kunci yang menutupnya. Oleh karena itu hati mereka terkunci mati. Tidak ada sesuatupun yang dapat menghidupkannya dapat masuk ke dalamnya.
Kemudian Allah SWT berfirman (Sesungguhnya orang-orang yang kembali ke belakang (kepada kekafiran) sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka) yaitu mereka meninggalkan keimanan dan kembali kepada kekafiran (sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka, setan telah menjadikan mereka mudah (berbuat dosa)) yaitu, setan menjadikan mereka memandang baik perbuatan mereka (dan memanjangkan angan-angan mereka) yaitu menipu dan memperdaya mereka (Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka (orang-orang munafik) itu berkata kepada orang-orang yang benci kepada apa yang diturunkan Allah (orang-orang Yahudi), "Kami akan mematuhi kamu dalam beberapa urusanโ€) yaitu mendukung dan menasehati mereka untuk berbuat bathil dalam hati mereka. Demikianlah perkara orang-orang munafik, mereka menampakkan apa yang bertentangan dengan yang mereka sembunyikan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (sedangkan Allah mengetahui rahasia mereka) yaitu mengetahui semua rahasia dan apa yang mereka sembunyikan, Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahuinya. sebagaimana firmanNya: (Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu) (Surah An-Nisa: 81)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat (maut) mencabut nyawa mereka seraya memukuli muka dan punggung mereka? (27)) yaitu bagaimanakah keadaan mereka apabila malaikat maut datang mencabut nyawa mereka, sedangkan ruh mereka membangkang untuk meninggalkan jasadnya, lalu malaikat maut mencabutnya dengan paksa seraya memukulinya. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka) (Surah Al-Anfal: 50). Allah SWT berfirman: (Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedangkan para malaikat memukul dengan tangannya,) (Surah Al-Anโ€™am: 93) yaitu dengan pukulan ((sambil berkata), "Keluarkanlah nyawamu.โ€ Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya) (Surah Al-An'am: 93) Oleh karena itu Allah berfirman di sini (Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka mengikuti apa yang menimbulkan kemurkaan Allah dan (karena) mereka membenci (apa yang menimbulkan) keridaan-Nya; sebab itu Allah menghapus (pahala) amal-amal mereka (28))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Muhammad ayat 27: Allah mengabarkan keadaan orang-orang kafir yang buruk ketika mereka meninggal dan malaikat datang di sisi mereka, para malaikat memukul wajah-wajah mereka dan punggung mereka alat pemukul yang terbuat dari besi ?!!


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu dengan cambuk-cambuk dari besi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Muhammad Ayat 27

Ayat ini masih berbicara tentang kaum munafik. Mereka hanya dapat melakukan kemunafikan dan tipu daya selagi mereka masih hidup. Ayat ini menjelaskan bagaimana keadaan mereka pada waktu kematian mendekati mereka. Maka bagaimana nasib dan keadaan mereka apabila malaikat maut datang untuk mencabut nyawa mereka dengan cara yang buruk dan mengerikan' pada saat nyawa dicabut para malaikat itu mengeluarkan ruh mereka dengan kasar dan terus menerus memukul wajah dan punggung mereka sebagai penghinaan' keadaan orang munafik itu sangat terhina dan sengsara dalam menghadapi kematian. 28. Mereka yang mengalami keadaan yang demikian itu, yakni kematian yang mengerikan, karena sesungguhnya mereka mengikuti apa yang me-nimbulkan kemurkaan Allah, seperti kemunafikan dan berbuat maksiat dan membenci apa yang menimbul'kan keridaan-Nya seperti ketulusan dalam beriman dan bersungguh-sungguh melaksanakan perintahnya, sebab itu Allah menghapus segala amal mereka. Ayat ini menyatakan bahwa kematian yang mengerikan akan menimpa kita, apabila kita sering mengerjakan maksiat, dan tidak mau mengerjakan perbuatan yang diridai-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari berbagai ulama berkaitan isi dan arti surat Muhammad ayat 27 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita bersama. Dukunglah dakwah kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Banyak Dikunjungi

Telaah banyak halaman yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 285, Al-Baqarah 282, Al-Anbiya 19, Al-‘Ashr 3, Ar-Ra’d 31, Ali Imran 26-27. Serta Al-Baqarah 261, Ar-Rahman 33, Al-Hujurat 11, Al-Qalam, An-Najm 39-42, Al-Ahzab 43.

  1. Al-Baqarah 285
  2. Al-Baqarah 282
  3. Al-Anbiya 19
  4. Al-‘Ashr 3
  5. Ar-Ra’d 31
  6. Ali Imran 26-27
  7. Al-Baqarah 261
  8. Ar-Rahman 33
  9. Al-Hujurat 11
  10. Al-Qalam
  11. An-Najm 39-42
  12. Al-Ahzab 43

Pencarian: su yasin, al baqoroh 26, surah alwaqiah latin, surat hud ayat 18, surat al mujadalah ayat 1

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: