Surat Al-Jatsiyah Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هَٰذَا هُدًى ۖ وَٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ بِـَٔايَٰتِ رَبِّهِمْ لَهُمْ عَذَابٌ مِّن رِّجْزٍ أَلِيمٌ

Arab-Latin: Hāżā hudā, wallażīna kafarụ bi`āyāti rabbihim lahum 'ażābum mir rijzin alīm

Artinya: Ini (Al Quran) adalah petunjuk. Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Tuhannya bagi mereka azab yaitu siksaan yang sangat pedih.

« Al-Jatsiyah 10Al-Jatsiyah 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Mengenai Surat Al-Jatsiyah Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Jatsiyah Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan kumpulan penjelasan dari beragam mufassirun terhadap makna surat Al-Jatsiyah ayat 11, antara lain sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Al-Quran yang Kami turunkan kepadamu ini (wahai rasul), adalah petunjuk dari kesesatan, dalil kepada kebenaran, membimbing orang yang mengikuti dan mengamalkannya ke jalan yang lurus, sedangkan orang-orang yang mengingkari apa yang ada di dalam al-Quran berupa ayat-ayat yang menunjukan kepada kebenaran dan tidak membenarkannya, bagi mereka azab yang pedih lagi menyakitkan yang termasuk ke dalam jenis azab yang paling buruk di Hari Kiamat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

11. Al-Qur’an ini merupakan petunjuk menuju jalan yang lurus. Dan orang-orang yang mengingkari ayat-ayatnya akan mendapat azab yang paling menyakitkan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Kitab yang Kami turunkan kepada Rasul Kami Muhammad ini memberi petunjuk kepada jalan kebenaran, dan bagi orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Rabb mereka yang diturunkan kepada Rasul-Nya ada siksa yang buruk dan menyakitkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. هٰذَا هُدًى ۖ (Ini (Al Quran) adalah petunjuk)
Yakni ayat-ayat yang telah disebutkan dalam surat ini merupakan petunjuk bagi orang-orang yang berpegang pada al-Qur’an dan menerima kandungannya.

وَالَّذِينَ كَفَرُوا۟ بِـَٔايٰتِ رَبِّهِمْ(Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Tuhannya)
Yakni ayat-ayat qur’aniyah.

لَهُمْ عَذَابٌ مِّن رِّجْزٍ أَلِيمٌ(bagi mereka azab yaitu siksaan yang sangat pedih)
Makna (الجزر) yakni azab yang paling berat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11. Al-qur’an merupakan hidayah dan petunjuk bagi kebenaran dan yang haq, mereka yang kufur dan berdusta pada ayat-ayat al-Qur’an dan bagi mereka sepedih-pedihnya siksa


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Inilah petunjuk} Al-Qur’an ini adalah sesuatu yang mengantarkan lagi sempurna dalam memberi petunjuk {Orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Tuhan mereka. Bagi mereka itu azab berupa siksaan yang sangat pedih} azab paling buruk dan paling dahsyat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

11. tatkala Allah menjelaskan tanda-tanda kebesaranNya, baik yang dibaca maupun yang dilihat, dan ketika Allah membagi manusia menjadi dua golongan, Allah memberitahukan bahwa al-qur’an yang mencakup berbagai tuntutan luhur itu adalah sebagai petunjuk. Allah berfirman, “ini (al-qur’an) adalah petunjuk,” ini adalah sifat umum untuk keseluruhan al-qur’an, karena al-qur’an memberikan petunjuk untuk mengetahui Allah dengan sifat-sifatNya yang suci dan perbuatan-perbuatanNya yang terpuji. Al-qur’an juga memberikan petunjuk untuk mengenal para rasul, wali dan musuh-musuh Allah serta menjelaskan sifat-sifat mereka. Memberikan petunjuk untuk berbuat amal shalih serta menyerukan kepada amal tersebut.
Al-qur’an juga menjelaskan berbagai perbuatan tidak baik serta melarangnya, menjelaskan berbagai macam balasan atas berbagai perbuatan. Menjelaskan balasan-balasan baik di dunia maupun di akhirat. Orang-orang yang mendapatkan hidayah adalah mereka yang menjadikan al-qur’an sebagai petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang berbahagia. “dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Rabbnya,” kufur terhadap ayat-ayat yang jelas lagi tegas yang hanya diingkari oleh mereka yang benar-benar tersesat dan sangat melampaui batas,”bagi mereka azab yaitu siksaan yang sangat pedih,”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 6-11
Allah SWT berfirman: (itulah ayat-ayat Allah) yaitu Al-Qur'an yang di dalamnya mengandung hujjah-hujjah dan keterangan-keterangan yang jelas (yang kami membacakannya kepadamu dengan sebenarnya) yaitu mengandung kebenaran dari Tuhan Yang Maha Benar. Apabila mereka tidak beriman kepadanya dan tidak mau tunduk kepadanya, (maka dengan perkataan mana lagi mereka akan beriman setelah Allah dan ayat-ayat-Nya) Kemudian Allah SWT berfirman: (Kecelakaan yang besarlah bagi tiap-tiap orang yang banyak berdusta lagi banyak berdosa (7)) yaitu dusta dalam perkataannya, pendusta, suka bersumpah, suka menghina, dan pendosa dalam perbuatannya, sedangkan hatinya kafir kepada ayat-ayat Allah. Oleh karena itu Allah berfirman: (dia mendengar ayat-ayat Allah dibacakan kepadanya) yaitu dibacakan kepadanya (kemudian dia tetap) yaitu dalam kekafiran, keingkaran, dan kesombongannya (seakan-akan dia tidak mendengarnya) yaitu seakan-akan dia mendengarnya (Maka beri kabar gembiralah dia dengan azab yang pedih) yaitu, Maka beritahukanlah kepadanya bahwa di sisi Allah SWT pada hari kiamat dia akan mendapat azab yang pedih dan sangat menyakitkan.
(Dan apabila dia mengetahui barang sedikit tentang ayat-ayat Kami, maka ayat-ayat itu dijadikan olok-olok) yaitu apabila dia hafal sesuatu dari Al-Qur'an, dia mengingkarinya dan menjadikannya bahan olok-olokan dan ejekan (Merekalah yang memperoleh azab yang menghinakan) sebagai balasan dari penghinaannya terhadap Al-Qur'an, karena dia telah menjadikannya sebagai olok-olokan. Oleh karena itu Imam Muslim hadits shahihnya meriwayatkan dari Ibnu Umar, dia berkata bahwa Rasulullah SAW melarang bepergian dengan membawa Al-Qur'an ke negeri musuh, karena dikhawatirkan Al-Qur'an itu direbut oleh musuh.
Kemudian Allah menjelaskan azab yang akan dia terima pada hari dia dikembalikan, Jadi Allah berfirman: (Di hadapan mereka neraka jahanam) yaitu orang yang memiliki sifat-sifat itu, masing-masing dari mereka akan dimasukkan ke dalam neraka Jahanam pada hari kiamat (dan tidak akan berguna bagi mereka sedikit pun apa yang telah mereka kerjakan) yaitu harta dan anak-anak mereka tidak memberi manfaat sedikitpun kepada mereka (dan tidak pula berguna apa yang mereka jadikan sebagai sembahan-sembahan (mereka) dari selain Allah) yaitu, tuhan-tuhan yang telah mereka sembah selain dari Allah SWT tidak dapat memberikan manfaat sedikit pun kepada mereka (Dan bagi mereka azab yang besar) dan Allah SWT berfirman: (Ini adalah petunjuk) yaitu Al-Qur'an ini (Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Tuhannya bagi mereka azab, yaitu siksaan yang sangat pedih) yaitu, azab yang pedih dan menyakitkan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Jatsiyah ayat 11: (Ini) Alquran ini (adalah petunjuk) dari kesesatan. (Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Rabbnya bagi mereka azab) yakni bagian (yaitu siksa) atau azab (yang sangat pedih) sangat menyakitkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menerangkan ayat-ayat-Nya baik yang ada dalam Al Qur’an atau yang ada di alam semesta yang mereka saksikan, dan bahwa manusia dalam hal tersebut terbagi menjadi dua golongan, maka Dia memberitahukan bahwa Al Qur’an yang mengandung tuntutan-tuntutan yang tinggi ini adalah sebagai petunjuk.

Petunjuk merupakan sifat yang merata kepada seluruh isi Al Qur’an. Al Qur’an menunjuki ma’rifatullah (mengenalkan Allah) dengan sifat-sifat-Nya yang suci dan perbuatan-Nya yang terpuji. Demikian pula menunjuki kepada mengenal para rasul-Nya, para wali-Nya, musuh-musuh-Nya serta sifat-sifat mereka. Ia (Al Qur’an) juga menunjuki amal yang saleh dan mengajak kepadanya, demikian pula menerangkan amal yang buruk serta melarangnya, serta menunjuki dengan menerangkan balasan terhadap amal serta menerangkan balasan di dunia dan akhirat. Orang-orang yang mendapat petunjuk mengambil petunjuk darinya sehingga mereka beruntung dan berbahagia.

Yang begitu jelas, dimana tidak ada yang mengingkarinya kecuali orang yang sudah terlalu zalim dan banyak sikap melampaui batasnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Jatsiyah Ayat 11

Al-qur'an ini adalah petunjuk yang menunjukkan dan mengarahkan mereka ke jalan yang benar. Dan orang-orang yang mengingkari ayat-ayat tuhan mereka akan mendapat azab berupa siksaan yang sangat pedih. 12. Tidakkah kalian perhatikan, wahai manusia, bahwa Allah yang maha esa lagi mahakuasa lah yang telah menundukkan laut, yakni memudahkannya untuk kemaslahatan kamu agar kapal-kapal dapat berlayar di atasnya membawa kamu dan barang-barang keperluanmu hingga ke tempat tujuan dengan izin dan perintah-Nya, dan agar kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya, yang berupa hasil laut, seperti ikan dan hasil laut lainnya, dan juga agar kamu bersyukur atas nikmat-nikmat Allah yang di anugerahkan-Nya itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penjelasan dari beragam mufassirin berkaitan makna dan arti surat Al-Jatsiyah ayat 11 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita semua. Sokong dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dibaca

Terdapat ratusan halaman yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Qalam, Al-Ahzab 43, Al-Baqarah 261, Al-Baqarah 282, Ali Imran 26-27, Al-Anbiya 19. Serta An-Najm 39-42, Al-Baqarah 285, Al-‘Ashr 3, Ar-Ra’d 31, Al-Hujurat 11, Ar-Rahman 33.

  1. Al-Qalam
  2. Al-Ahzab 43
  3. Al-Baqarah 261
  4. Al-Baqarah 282
  5. Ali Imran 26-27
  6. Al-Anbiya 19
  7. An-Najm 39-42
  8. Al-Baqarah 285
  9. Al-‘Ashr 3
  10. Ar-Ra’d 31
  11. Al-Hujurat 11
  12. Ar-Rahman 33

Pencarian: ayat tentang persahabatan dalam islam, surat al imron ayat 103, surat maryam 1 sampai 11, quran surat at taubah ayat 122, surat qori

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: