Surat Al-Jatsiyah Ayat 1

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

حمٓ

Arab-Latin: ḥā mīm

Artinya: Haa Miim

« Ad-Dukhan 59Al-Jatsiyah 2 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Surat Al-Jatsiyah Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Jatsiyah Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah menarik dari ayat ini. Terdapat beraneka penafsiran dari banyak ulama tafsir mengenai kandungan surat Al-Jatsiyah ayat 1, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

(Ha Mim). Pembicaraan tentang huruf-huruf terpenggal ( di awal surat seperti ini) telah lewat di awal Surat al-Baqarah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1. Pada awal surat al-Baqarah telah dijelaskan tentang huruf muqattha’ah, dan hikmah dari penyebutan huruf muqattha’ah ini adalah untuk menjelaskan sisi mukjizat al-Qur’an.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Ḥā Mīm. Pembahasan tentang huruf-huruf semacam ini sudah ada di awal surah Al-Baqarah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Keutamaan dan turunnya surah al-Jatsiyah: dari Ibnu ‘Abbas: “Surah al-Jatsiyah diturunkan di Makkah sebelum Hijrah pada masa Umar Ibn Khattab, ketika itu, Umar dicaci oleh salah seorang laki-laki musyrik, ketika itu, Umar hendak membalasnya, lantas Allah menurunkan ayat (14):

1. Haa, miiim, sebagaimana yang tersebut dalam surah sebelumnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ḥā Mīm


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1-2. Allah mengabarkan suatu kabar yang mengandung perintah untuk mengagungkan dan memperhatikan al-qur’an. Al-qur’an “kitab (ini) diturunkan dari Allah,” yang diibadahi dan disembah karena memiliki sifat-sifat sempurna serta hanya Dia sendiri yang memilki berbagai nikmat, yang bagiNyalah keperkasaan serta hikmah (kebijaksanaan) yang sempurna.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Allah SWT membimbing makhlukNya untuk memikirkan tanda-tanda kekuasaanNya, nikmat-nikmatNya, dan kekuasaanNya yang besar yang dengan itu Dia menciptakan langit, bumi dan semua makhluk yang ada pada keduanya yang beragam macam dan jenisnya. yaitu para malaikat, jin, manusia, binatang-binatang melata, burung-burung, hewan-hewan pemangsa, hewan-hewan liar, berbagai jenis serangga, dan berbagai macam makhluk di dalam laut, serta pergantian siang dan malam hari yang tanpa henti, yang ini datang dengan membawa kegelapannya, dan yang lainnya dengan sinarnya. dan apa yang diturunkan Allah SWT dari langit melalui awan berupa hujan saat diperlukan, yang hal ini disebut rezeki karena dengan itu rezeki bisa didapatkan (lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya) yaitu sebelumnya bumi kering dan tandus, tidak ada tumbuhan padanya.
Firman Allah: (dan pada pergerakan angin) yaitu dari selatan, utara, angin dabur dan shaba, angin darat dan angin laut, angin malam dan siang, yang antara lainnya ada yang membawa air hujan, dan ada yang menyemaikan benih, dan ada yang menjadi penyegar bagi jiwa, ada juga yang mandul tidak menghasilkan apapun, pada mulanya Allah berfirman: (benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman) Kemudian Allah berfirman, (untuk kaum yang meyakini) kemudian (bagi kaum yang berakal) Hal ini merupakan ungkapan yang bertingkat-tingkat dari suatu keadaan yang mulia kepada keadaan yang lebih mulia dan lebih tinggi, ayat ini mirip dengan apa yang disebutkan di dalam surah Al-Baqarah melalui firmanNya SWT (Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan (164)) (Surah Al-Baqarah)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Jatsiyah ayat 1: (Ha Mim) hanya Allah sajalah yang mengetahui arti dan maksudnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Jatsiyah Ayat 1

H' m'm2. Kitab, yaitu Al-Qur'an ini diturunkan secara berangsur-angsur dari Allah yang mahaperkasa terhadap ketentuan-Nya, lagi mahabijaksana terhadap semua keputusan dan ketentuan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penafsiran dari banyak ulama tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Jatsiyah ayat 1 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi ummat. Bantulah kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Sering Dibaca

Ada ratusan konten yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Qalam, Ar-Ra’d 31, Al-Anbiya 19, Al-Hujurat 11, Ar-Rahman 33, Al-Baqarah 261. Serta Al-Ahzab 43, Al-Baqarah 282, Al-‘Ashr 3, Al-Baqarah 285, Ali Imran 26-27, An-Najm 39-42.

  1. Al-Qalam
  2. Ar-Ra’d 31
  3. Al-Anbiya 19
  4. Al-Hujurat 11
  5. Ar-Rahman 33
  6. Al-Baqarah 261
  7. Al-Ahzab 43
  8. Al-Baqarah 282
  9. Al-‘Ashr 3
  10. Al-Baqarah 285
  11. Ali Imran 26-27
  12. An-Najm 39-42

Pencarian: surah yunus 40, quran surat almaidah ayat 8, al baqarah 284 285, quran surat al fath, surah al kahfi ayat 11

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: