Surat Fussilat Ayat 1

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

حمٓ

Arab-Latin: ḥā mīm

Artinya: Haa Miim.

« Al-Mu'min 85Fussilat 2 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Tentang Surat Fussilat Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat Fussilat Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam pelajaran berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan bermacam penafsiran dari beragam ulama berkaitan kandungan surat Fussilat ayat 1, misalnya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

(Ha Mim), pembicaraan tentang huruf-huruf terpisah (seperti ini) telah hadir di awal Surat al-Baqarah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1. Pada awal surat al-Baqarah telah dijelaskan tentang huruf muqattha’ah, dan hikmah dari penyebutan huruf muqattha’ah ini adalah untuk menjelaskan sisi mukjizat al-Qur’an.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Ḥā Mīm. Pembahasan tentang huruf-huruf semacam ini sudah ada di awal surah Al-Baqarah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Keutamaan: Abd bin Hamid, Abu Ya’la dan Al-Baghawi berkata: “Sesungguhnya nabi SAW membaca surah ini sampai firman Allah {Fa in A’radhu} [ayat 13] untuk Utbah bin Rabi’ah. Kaum Quraisy mengutusnya dengan keadaan meratap supaya bisa bernegosiasi dengan nabi untuk meninggalkan dakwahnya. Mereka mengirimkan harta benda, perempuan dan lain-lain. Lalu Utbah kembali dan berkata tentang Al-Qur’an: “Demi Allah, Al-Qur’an itu bukanlah syair ataupun ilmu perdukunan, namun dia (Muhammad) membacakan apa yang didengarnya”

1. Haa, Miim, berfungsi untuk memberi perhatian tentang pentingnya ayat setelahnya dan untuk menantang bangsa Arab agar mendatangkan sesuatu yang serupa dengan Al-Qur’an yang menggunakan bahasa mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ḥa Mīm


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Allah SWT berfirman: (Ha Mim (1) Diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (2) yaitu, Al-Qur'an itu diturunkan dari sisi Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. sebagaimana firmanNya: (Katakanlah, "Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan benar”) (Surah An-Nahl: 102) dan (Dan sesungguhnya Al-Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan alam semesta (192) dia dibawa turun oleh Ruhul Amin (Jibril) (193) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan (194)) (Surah Asy-Syu'ara’)
Firman Allah: (Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya) yaitu dijelaskan makna-maknanya dan dikuatkan hukum-hukumnya (yakni bacaan dalam bahasa Arab) yaitu keadaannya sebagai bacaan yang berbahasa Arab yang jelas dan terang, makna-makna dan lafaz-lafaznya juga jelas, tidak sulit. Sebagaimana firmanNya: ((inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara rinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui) (Surah Hiid: 1) yaitu mengandung mukjizat dari segi lafazh dan maknanya (Yang tidak datang kepadanya (Al-Qur'an) kebatilan, baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji (42)) (Surah Fushshilat)
Firman Allah SWT: (untuk kaum yang mengetahui) yaitu sesungguhnya orang yang mengetahui keterangan dan penjelasan ini hanya para ulama yang ilmunya sangat mendalam (yang membawa berita gembira dan yang membawa peringatan) yaitu, terkadang membawa kabar gembira bagi orang-orang mukmin dan terkadang membawa peringatan bagi orang-orang kafir (tetapi kebanyakan mereka berpaling (darinya); maka mereka tidak (mau) mendengarkan) yaitu kebanyakan orang-orang Quraisy tidak memahami sedikitpun darinya, padahal Al-Qur'an jelas dan gamblang (Mereka berkata, "Hati kami berada dalam tutupan”) yaitu dalam keadaan dilapisi oleh penutup ((yang menutupi) apa yang kamu seru kami kepadanya dan di telinga kami ada sumbatan) yaitu tuli dari apa yang kamu sampaikan kepada kami (dan di antara kami dan kamu ada dinding) maka tidak ada sesuatupun darinya yang sampai kepada kami (maka bekerjalah kamu; sesungguhnya kami bekerja (pula)) yaitu bekerjalah sesuai dengan caramu, dan kami juga akan bekerja sesuai dengan cara kami, dan kami tidak akan mengikutimu”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Fussilat ayat 1: (Haa Miim) hanya Allah saja yang mengetahui arti dan maksudnya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Lihat tafsirnya di ayat pertama surah Al Baqarah.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Fussilat Ayat 1

'' m'm. Hanya Allah saja yang maha tahu tentang apa maksudnya. 2. Al-qur'an ini diturunkan secara bertahap dari Allah, tuhan yang maha pengasih kepada semua makhluk ciptaan-Nya, lagi maha penya-yang hanya kepada orang-orang yang beriman.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjabaran dari kalangan mufassir mengenai kandungan dan arti surat Fussilat ayat 1 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita semua. Sokong usaha kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Banyak Dikaji

Ada ratusan topik yang paling banyak dikaji, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 31, Yunus 40, Al-Isra 27, Bersyukur, Ali ‘Imran 14, Yunus. Serta Ad-Dhuha 3, Luqman, Al-‘Ankabut 57, Al-Bayyinah 5, Al-Hujurat 6, Al-A’raf 26.

  1. Ali ‘Imran 31
  2. Yunus 40
  3. Al-Isra 27
  4. Bersyukur
  5. Ali ‘Imran 14
  6. Yunus
  7. Ad-Dhuha 3
  8. Luqman
  9. Al-‘Ankabut 57
  10. Al-Bayyinah 5
  11. Al-Hujurat 6
  12. Al-A’raf 26

Pencarian: surah albaqarah ayat 284, surah yasin beserta latinnya, surat anas, innallaha la yughayyiru ma, niat puasa ramadhan beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: