Surat Az-Zumar Ayat 26

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَأَذَاقَهُمُ ٱللَّهُ ٱلْخِزْىَ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَلَعَذَابُ ٱلْءَاخِرَةِ أَكْبَرُ ۚ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Fa ażāqahumullāhul-khizya fil-ḥayātid-dun-yā, wa la'ażābul-ākhirati akbar, lau kānụ ya'lamụn

Artinya: Maka Allah merasakan kepada mereka kehinaan pada kehidupan dunia. Dan sesungguhnya azab pada hari akhirat lebih besar kalau mereka mengetahui.

« Az-Zumar 25Az-Zumar 27 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Berkaitan Dengan Surat Az-Zumar Ayat 26

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zumar Ayat 26 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan bermacam penjelasan dari kalangan ahli tafsir terhadap kandungan surat Az-Zumar ayat 26, sebagiannya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25-26 Orang-orang sebelum kaummu (wahai rasul) juga telah mendustakan rasul-rasul mereka, lalu azab datang kepada mereka dari arah dimana mereka tidak menyangka bahwa ia akan datang, kemudian Allah membuat umat-umat yang mendustakan itu mencicipi azab dan kehinaan di dunia, dan di akhirat Allah menyediakan siksa yang lebih pedih dan lebih keras. Sekiranya orang-orang musyrik itu mengetahui bahwa apa yang menimpa mereka disebabkan kekafiran dan pendustaan mereka, niscaya mereka akan mengambil pelajaran.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

26. Maka Allah menimpakan kepada mereka azab yang menghinakan dan memalukan di kehidupan dunia ini, dan azab Akhirat yang menanti mereka lebih besar dan lebih berat seandainya mereka mengetahui.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

26. فَأَذَاقَهُمُ اللهُ الْخِزْىَ (Maka Allah merasakan kepada mereka kehinaan)
Yakni kerendahan dan kehinaan.

فِى الْحَيَوٰةِ الدُّنْيَا ۖ( pada kehidupan dunia)
Dengan kutukan, penenggelaman ke dalam bumi, terbunuh dalam perang, tertawan, dan lain sebagainya.

وَلَعَذَابُ الْاٰخِرَةِ أَكْبَرُ ۚ (Dan sesungguhnya azab pada hari akhirat lebih besar)
Sebab azab itu sangat berat dan kekal.

لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ (kalau mereka mengetahui)
Yakni seandainya mereka termasuk orang yang mau berfikir dan beramal sesuai dengan ilmunya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

26. Maka Allah menimpakan kehinaan kepada mereka di dunia, seperti pembunuhan, pengucilan, kerugian, kerusakan dan lain sebagainya, sdang adzab akhirat benar-benar pedih dan kekal, dan adzab akhirat lebih besar bagi mereka atas apa yang mereka dustakan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Lalu Allah menimpakan kepada mereka kehinaan} kehinaan dan kerendahan {di kehidupan dunia. Sungguh azab akhirat lebih besar jika mereka mengetahui


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

26. “Maka Allah merasakan kepada mereka” dengan azab tersebut “kehinaan pada kehidupan dunia,” dimana mereka benar-benar dipermalukan di hadapan Allah dan di hadapan makhlukNya. “Dan sungguh azab pada hari akhirat lebih besar kalau mereka mengetahui,” maka hendaklah mereka waspada dari sikap terus mendustakan, karena mereka akan ditimpa azab seperti yang telah menimpa umat-umat terdahulu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 24-26
Allah SWT berfirman: (Maka apakah orang-orang yang menoleh dengan mukanya menghindari azab yang buruk pada hari kiamat) ditakuti dan dikatakan kepadanya dan perumpamaannya dari kalangan orang-orang yang zalim: (Rasakanlah olehmu balasan apa yang lelah kamu kerjakan) sebagaimana orang yang datang pada hari kiamat dalam keadaan aman, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka apakah orang yang berjalan terjungkal dengan muka di bawah itu lebih banyak mendapat petunjuk ataukah orang yang berjalan tegak di atas jalan yang lurus? (22)) (Surah Al-Mulk) dan ((Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka dengan muka di bawah. (Dikatakan kepada mereka), "Rasakanlah sentuhan api neraka” (48)) (Surah Al-Qamar) serta (Maka apakah orang yang dilemparkan ke dalam neraka lebih baik ataukah orang-orang yang datang dengan aman sentosa pada hari kiamat?) (Surah Fushshilat: 40) Sudah cukup dalam hal ini dengan menyebut salah satunya, sebagaimana perkataan seorang penyair:
“Aku tidak mengetahui jika menuju ke suatu negeri, apakah ditakdirkan mendapatkan kebaikan, yang manakah dari keduanya yang akan menyertaiku?”
Yaitu kebaikan atau keburukan
Firman Allah: (Orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul-rasul), maka datanglah kepada mereka azab dari arah yang tidak mereka sangka (25)) yaitu umat-umat terdahulu yang mendustakan para rasul telah dibinasakan Allah karena dosa-dosa mereka, dan tidaklah mereka dapat perlindungan dari azab Allah. Firman Allah: (Maka Allah merasakan kepada mereka kehinaan pada kehidupan dunia) yaitu dengan azab dan pembalasan yang diturunkan Allah kepada mereka, sehingga orang-orang mukmin merasa puas terhadap mereka. Maka waspadalah orang-orang yang diancam dengan peringatan ini, karena sesungguhnya mereka mendustakan rasul yang paling mulia penutup para nabi, maka azab yang disediakan Allah SWT bagi mereka di akhirat akan jauh lebih keras daripada azab yang menimpa mereka di dunia ini. Oleh karena itu Allah berfirman: (Dan sesungguhnya azab pada hari akhirat lebih besar kalau mereka mengetahui)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zumar ayat 26: (Maka Allah merasakan kepada mereka kehinaan) artinya, mereka dihina dan direndahkan dengan berupa kutukan, pembunuhan dan lain sebagainya (pada kehidupan dunia. Dan sesungguhnya azab pada hari akhirat lebih besar kalau mereka) yakni orang-orang yang mendustakannya (mengetahui) azab akhirat, dan niscaya kalau mereka mengetahuinya maka mereka tidak akan mendustakannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dengan azab itu. Mereka menjadi hina di hadapan Allah dan di hadapan makhluk-Nya.

Oleh karena itu, hendaknya mereka yang mendustakan itu berhati-hati jika tetap mendustakan, sehingga mereka ditimpa azab sebagaimana yang menimpa umat-umat sebelum mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zumar Ayat 26

Maka Allah menimpakan kepada mereka azab dan kehinaan pada kehidupan dunia serta menyiapkan bagi mereka azab yang pedih di akhirat. Dan sungguh, azab akhirat lebih besar daripada azab dunia. Kalau saja mereka mengetahui hal itu niscaya mereka akan beriman dan berbuat baik. Hanya kebodohan dan ketundukan pada hawa nafsu yang membuat mereka tersesat. 27-28. Al-qur'an adalah kitab yang berisi tuntunan hidup bagi umat manusia, salah satunya dengan jalan menyajikan perumpamaan. Dan sungguh, telah kami buatkan dalam Al-Qur'an ini segala macam perum-pamaan tentang umat-umat terdahulu yang Allah binasakan. Perumpamaan itu kami tujukan bagi umat manusia agar mereka dapat memperoleh pelajaran lalu menyadari kesalahannya. Kitab tersebut yaitu Al-Qur'an yang redaksinya tersusun dalam bahasa arab; tidak ada kebengkokan atau ajaran yang salah di dalamnya. Kami turunkan Al-Qur'an itu agar mereka bertakwa kepada Allah dan meninggalkan kekafiran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjelasan dari berbagai ahli ilmu mengenai isi dan arti surat Az-Zumar ayat 26 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita semua. Support kemajuan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dikaji

Kaji banyak konten yang paling banyak dikaji, seperti surat/ayat: Bersyukur, Al-Hujurat 6, Al-Bayyinah 5, Al-A’raf 26, Yunus, Ali ‘Imran 14. Ada pula Ad-Dhuha 3, Al-Isra 27, Luqman, Ali ‘Imran 31, Al-‘Ankabut 57, Yunus 40.

  1. Bersyukur
  2. Al-Hujurat 6
  3. Al-Bayyinah 5
  4. Al-A’raf 26
  5. Yunus
  6. Ali ‘Imran 14
  7. Ad-Dhuha 3
  8. Al-Isra 27
  9. Luqman
  10. Ali ‘Imran 31
  11. Al-‘Ankabut 57
  12. Yunus 40

Pencarian: surah al kausar latin, az zalzalah dan artinya, ayat2 alquran, surah al imran ayat 10, surat al hijr ayat 94-95 dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: