Surat Az-Zumar Ayat 20

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَٰكِنِ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ رَبَّهُمْ لَهُمْ غُرَفٌ مِّن فَوْقِهَا غُرَفٌ مَّبْنِيَّةٌ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ ۖ وَعْدَ ٱللَّهِ ۖ لَا يُخْلِفُ ٱللَّهُ ٱلْمِيعَادَ

Arab-Latin: Lākinillażīnattaqau rabbahum lahum gurafum min fauqihā gurafum mabniyyatun tajrī min taḥtihal-an-hār, wa'dallāh, lā yukhlifullāhul-mī'ād

Artinya: Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya mereka mendapat tempat-tempat yang tinggi, di atasnya dibangun pula tempat-tempat yang tinggi yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Allah telah berjanji dengan sebenar-benarnya. Allah tidak akan memungkiri janji-Nya.

« Az-Zumar 19Az-Zumar 21 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Dengan Surat Az-Zumar Ayat 20

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zumar Ayat 20 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi tafsir mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi variasi penafsiran dari banyak mufassir mengenai makna surat Az-Zumar ayat 20, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada tuhan mereka (dengan menaatiNya dan mengihklasakn ibadahnya hanya kepadaNya) bagi mereka di surga memperoleh kamar-kamar, sebagain darinya dibangun di atas sebagin yang lain, yang mana sungai-sungai mengalir dari bawah tempat tinggal dan kamar-kamar mereka, semua itu Allah janjikan kepada hamba-hambaNya yang bertakwa sebagi janji yang pasti, dan Allah tidak akan menyelisihi janjiNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

20. Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Rabb mereka dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, bagi mereka derajat-derajat yang tinggi, sebagian darinya di atas sebagian yang lain, di bawah mereka mengalir sungai-sungai. Allah menjanjikan hal itu sebagai janji yang pasti dan Allah tidak menyelisihi janji.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

20. لٰكِنِ الَّذِينَ اتَّقَوْا۟ رَبَّهُمْ لَهُمْ غُرَفٌ مِّن فَوْقِهَا غُرَفٌ مَّبْنِيَّةٌ (Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya mereka mendapat tempat-tempat yang tinggi, di atasnya dibangun pula tempat-tempat yang tinggi)
Sebab surga memiliki tingkatan-tingkatan yang sebagiannya di atas sebagian lainnya. Surga ini dibangun dengan asas dan pondasi yang kuat, dan bangunan yang ada di dunia sama sekali tidak ada bandingannya.

تَجْرِى مِن تَحْتِهَا الْأَنْهٰرُ ۖ( di bawahnya mengalir sungai-sungai)
Yakni di bawah tempat-tempat yang tinggi itu. dan ini merupakan penyempurna dan penambah keindahannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

20. Tetapi mereka yang taat kepada Tuhannya, mereka mendapatkan kamar-kamar di surga, sebab surga berisikan kedudukan-kedudukan, dibawah kamar-kamar tersebut mengalir air sungai yang sejuk, mereka penuh dengan kesenangan dan keindahan, itulah janji Allah yang pasti, dan Allah tidak meningkari janjiNya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan mereka, maka bagi mereka itu kamar-kamar} tempat-tempat yang tinggi di surga {di atasnya terdapat kamar-kamar yang dibangun, dan mengalir di bawahnya sungai-sungai. (Itulah) janji Allah. Allah tidak akan mengingkari janji


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

20. Akan tetapi puncak keberuntungan dan puncak kemenangan adalah bagi orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang telah Allah sediakan karamah dan berbagai macam kenikmatan untuk mereka yang tidak bisa dinilai kadarnya.
“Mereka mendapat tempat-tempat yang tinggi,” yakni, kedudukan-kedudukan yang tinggi yang terukir indah, yang karena keindahan, kemegahan, dan kebeningannya sehingga bagian luarnya tampak dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya tampak dari bagian luarnya; dan karena ketinggiannya hingga ia terlihat sebagaimana tampaknya bintang yang jauh berada di ufuk timur atau bintang yang jauh berada di ufuk barat. Maka dari itu Allah berfirman, “Di atasnya dibangun pula tempat-tempat yang tinggi,” maksudnya, sebagiannya berada di atas sebagian yang lain, “yang dibangun” dengan emas dan perak, sedangkan pewanginya adalah minyak kasturi yang sangat istimewa, “yang di bawahnya mengalir sungai-sungai,” yang mengalir mengairi kebun-kebun nan rindang dan pohon-pohon nan bersih, sehingga menghasilkan berbagai macam buah-buahan yang lezat-lezat dan buah-buahan yang masak.
“Allah telah berjanji dengan sebenar-benarnya. Allah tidak akan mengingkari janjiNya.” Dia telah menjanjikan kepada orang-orang yang bertakwa pahala ini, maka pasti ditepatiNya. Maka hendaklah mereka memenuhi sifat-siifat takwa, agar Allah memenuhi pahala untuk mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 19-20
Allah SWT berfirman, "Apakah engkau mampu menyelamatkan orang yang telah ditakdirkan Allah celaka dari kesesatan dan kebinasaannya?" yaitu tidak ada seorangpun yang dapat memberinya petunjuk selain Allah SWT, karena sesungguhnya barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tiada seorangpun yang dapat memberinya petunjuk; dan barangsiapa yang diberi petunjuk Allah, maka tidak ada seorangpun yang dapat menyesatkannya.
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang para hambaNya yang berbahagia, bahwa bagi mereka itu ruangan-ruangan di dalam surga, yaitu berupa istana-istana (di atasnya dibangun pula tempat-tempat yang tinggi) yaitu dibangun tingkatan-tingkatan yang tinggi dan kokoh dan penuh dengan perhiasan yang tinggi.
Firman Allah SWT: (yang di bawahnya mengalir sungai-sungai) yaitu sungai-sungai itu mengalir di sela-sela itu sesuai dengan yang dikehendaki mereka dan dapat dialirkan sesuai kehendak mereka (Allah telah berjanji dengan sebenar-benarnya) yaitu, yang telah kami sebutkan di atas adalah janji Allah bagi para hambaNya yang beriman (Allah tidak akan memungkiri janjinya)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zumar ayat 20: (Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Rabbnya) yaitu bertakwa melalui jalan taat kepada-Nya (mereka mendapat tempat-tempat yang tinggi, di atasnya dibangun pula tempat-tempat yang tinggi, di bawahnya mengalir sungai-sungai) artinya sungai-sungai yang mengalir, baik di bawah tempat-tempat yang teratas maupun di tempat-tempat yang terbawah (sebagai janji Allah) lafal Wa'dallaahi dinashabkan oleh Fi'il yang diperkirakan keberadaannya pada sebelumnya (Allah tidak akan memungkiri janji-Nya) atau mengingkarinya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Saking indah, elok dan bersihnya tempat itu sampai-sampai bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalam dapat dilihat dari luar, dan saking tingginya, tempat-tempat itu dilihat sebagaimana dilihat bintang di langit.

Yang memancar dan menyirami kebun-kebun dan pepohonan, sehingga kebun-kebun itu mengeluarkan buah-buahan yang lezat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zumar Ayat 20

19-20. Tugas rasul tidak lebih dari sekadar menyampaikan dakwah kepada umatnya. Hanya Allahlah yang memberi hidayah kepada yang dia kehendaki. Maka apakah orang-orang yang telah dipastikan mendapat azab karena kekafiran mereka; apakah engkau akan mampu menye-lamatkan orang yang dipastikan berada dalam api neraka' tentu tidak mampu. Tetapi, orang-orang yang bertakwa kepada tuhannya dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya, mereka mendapat kamar-kamar di surga yang di atasnya terdapat pula kamar-kamar yang dibangun bertingkat-tingkat, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dengan aneka rasa dan warna (lihat pula: surah mu'ammad/47: 15). Itulah janji Allah yang sebenar-benarnya. Allah tidak akan pernah memungkiri janji-Nya. 21. Wahai manusia, apakah engkau tidak memperhatikan bahwa Allah menurunkan air hujan dari langit, lalu diaturnya air hujan itu menjadi sumber-sumber air yang memancar dan sungai-sungai yang mengalir di bumi, kemudian dengan air itu ditumbuhkan-Nya tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, kemudian tumbuhan itu berubah menjadi kering dan layu, lalu engkau melihatnya kekuning-kuningan setelah segar kehijauan, kemudian dijadikan-Nya tumbuhan itu mati dan hancur berderai-derai. Sungguh, pada proses penciptaan yang demikian bertahap-tahap itu terdapat pelajaran berharga dan nasihat bermanfaat bagi orang-orang yang mempunyai akal sehat dan fitrah yang lurus.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjelasan dari berbagai ulama berkaitan isi dan arti surat Az-Zumar ayat 20 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita bersama. Support kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Banyak Dicari

Ada banyak topik yang paling banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Isra 27, Yunus 40, Bersyukur, Al-Bayyinah 5, Yunus, Al-Hujurat 6. Serta Al-A’raf 26, Ali ‘Imran 14, Ad-Dhuha 3, Luqman, Ali ‘Imran 31, Al-‘Ankabut 57.

  1. Al-Isra 27
  2. Yunus 40
  3. Bersyukur
  4. Al-Bayyinah 5
  5. Yunus
  6. Al-Hujurat 6
  7. Al-A’raf 26
  8. Ali ‘Imran 14
  9. Ad-Dhuha 3
  10. Luqman
  11. Ali ‘Imran 31
  12. Al-‘Ankabut 57

Pencarian: alkahfi 28, al baqarah 165 dan artinya, surat al baqarah ayat 284 dan terjemahannya, anbiya 89, an nur ayat 32 dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: