Surat As-Saffat Ayat 137

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽูƒูู…ู’ ู„ูŽุชูŽู…ูุฑู‘ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู… ู…ู‘ูุตู’ุจูุญููŠู†ูŽ

Arab-Latin: Wa innakum latamurrแปฅna 'alaihim muแนฃbiแธฅฤซn

Artinya: Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Mekah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi,

ยซ As-Saffat 136 โœต As-Saffat 138 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Surat As-Saffat Ayat 137

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 137 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan variasi penjabaran dari para mufassirun berkaitan isi surat As-Saffat ayat 137, antara lain sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

137-138 Sesungguhnya kalian orang makkah benar-benar melewati kampung-kampung kaum luth dan sisa-sisanya dalam perjalanan safar kalian di waktu pagi dan kalian juga melewatinya di waktu malam, maka mengapa kalian tidak merenungkannya, sehingga kalian merasa takut ditimpa seperti apa yang telah menipa mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

137-138. Hai para penduduk Makkah, sungguh kalian telah melewati tempat tinggal mereka saat kalian bepergian, sehingga kalian dapat menyaksikan bekas-bekas kebinasaan dan azab mereka, baik itu pada siang, malam, pagi, maupun sore hari. Tidakkah kalian memikirkannya dan mengambil ibrah darinya? Dan tidakkah kalian takut tertimpa azab yang menimpa mereka sehingga kalian binasa seperti kebinasaan mereka?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

137. Kalian -wahai penduduk Makkah- pasti akan melewati negeri mereka dalam perjalanan kalian ke Syam di waktu pagi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

137. ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ูƒูู…ู’ ู„ูŽุชูŽู…ูุฑูู‘ูˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู… ู…ูู‘ุตู’ุจูุญููŠู†ูŽ (Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Mekah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi)
Kalimat ini ditujukan bagi penduduk Makkah.
Yakni kalian melewati di pagi dan malam hari rumah-rumah mereka yang di sana terdapat bekas-bekas azab ketika kalian pergi ke negeri Syam.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

137. Wahai orang-orang musyrik Mekah, sesungguhnya kalian sungguh akan melewati tempat-tempat dan jejak-jejak mereka dalam perjalanan dan perdagangan kalian menuju Syam di waktu pagi dan siang.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya kalian benar-benar akan melintasi (bekas-bekas) mereka} jejak dan tempat tinggal mereka {pada waktu pagi} waktu pagi


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

133-138. Ini adalah pujian dari Allah kepada hamba dan RasulNya, Nabi LUth, yaitu pujian dengan kenabian, kerasulan, menyeru kaumnya kepada Allah dan melarang mereka melakukan syirik dan mengerjakan perbuatan keji. Oleh karena mereka tidak berhenti, maka Allah hanya menyelamatkan Nabi Luth dan keluarganya semuanya. Mereka berangkat di malam hari hingga mereka selamat, โ€œkecuali seorang perempuan tua bersama-sama orang yang tinggal,โ€ yang diam lagi disiksa. Dia adalah adalah istri Nabi Luth yang tidak mau menganut agama suaminya. โ€œKemudian Kami binasakan orang-orang yang lain,โ€ yaitu Kami balik negeri mereka sehingga bagian atas menjadi bagian bawahnya dan Kami hujani mereka dengan bebatuan sijjil yang sangat lebat hingga mereka binasa dan musnah. โ€œDan sesungguhnya kamu benar-benar akan melalui mereka,โ€ maksudnya, melalui perkampungan kaum Nabi Luth, โ€œdi waktu pagi dan di waktu malam.โ€ Maksudnya, pada waktu-waktu tersebut di mana kalian sering pulang pergi melintasi dan melaluinya, sehingga tidak bisa diragukan lagi. โ€œMaka apakah kamu tidak memikirkan,โ€ ayat-ayat dan berbagai pelajaran, dan kalian tidak menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan kebinasaan?!


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 133-138
Allah SWT membertahukan tentang hamba dan rasulNya, yaitu nabi Luth bahwa Dia telah mengutusnya kepada kaumnya, dan mereka mendustakannya. Maka Allah menyelamatkan dia dan keluarganya dari mereka kecuali istrinya, karena sesungguhnya istrinya dibinasakan bersama dengan orang yang binasa dari kaumnya. Allah SWT membinasakan mereka dengan berbagai macam siksaan, dan menjadikan tempat mereka sebagai laut yang busuk dan buruk air, pemandangan, rasa dan aromanya. Dia menjadikan tempat mereka sebagai tempat yang biasa dilalui oleh para musafir malam dan siang hari. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Makkah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi (137) dan di waktu malam. Maka apakah kamu tidak memikirkan? (ยญ138)) yaitu mengapa kalian tidak mengambil pelajaran dari mereka, bagaimana Allah membinasakan mereka, dan kalian mengetahui bahwa bagi orang-orang kafir itu siksaan yang serupa


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 137: 137-138. Allah menegur penduduk Mekkah dan selain dari mereka agar mereka safar ke daerah Luth di waktu pagi dan sore, dan agar supaya melihat bagaimana Allah menjadikan terbalik (posisi atas mereka menjadi dibawah), dan Allah hujani mereka dengan batu-batuan sebagai adzab bagi mereka. Maka apakah kalian wahai manusia tidak mengambil pelajaran atas keadaan umat ini, dan keadaaan mereka yang celaka dan teradzab; Maka takutlah kalian akan hal itu menimpa diri kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu dalam safar.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 137

137-138. Dan sesungguhnya kamu, wahai penduduk mekah, benar-benar akan melalui sisa-sisa reruntuhan rumah-rumah mereka dalam perjalan-an dagangmu ke syam pada waktu pagi dan pada waktu malam. Maka, mengapa kamu tidak mengerti dan memikirkan azab yang telah mereka terima akibat kekafiran mereka' Allah memberimu kesempatan menyaksikan peninggalan kaum yang durhaka itu agar kamu beriman dan takut akan azab-Nya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjabaran dari beragam ulama tafsir mengenai kandungan dan arti surat As-Saffat ayat 137 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita semua. Bantulah usaha kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dikaji

Kami memiliki banyak topik yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Isra 27, Ali ‘Imran 14, Yunus 40, Ali ‘Imran 31, Al-Bayyinah 5, Yunus. Juga Al-A’raf 26, Al-‘Ankabut 57, Al-Hujurat 6, Bersyukur, Ad-Dhuha 3, Luqman.

  1. Al-Isra 27
  2. Ali ‘Imran 14
  3. Yunus 40
  4. Ali ‘Imran 31
  5. Al-Bayyinah 5
  6. Yunus
  7. Al-A’raf 26
  8. Al-‘Ankabut 57
  9. Al-Hujurat 6
  10. Bersyukur
  11. Ad-Dhuha 3
  12. Luqman

Pencarian: surah almursalat, surat al ahzab tentang maulid, penjelasan surah yunus ayat 40 41, surat syu'ara, surat al a-la

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: